Friday, May 24, 2019

author photo

Dalam dunia yang semakin kompleks ini segala sesuatunya sering dikerjakan lewat digital. Berbagai usaha yang bersifat digital atau yang disebut digital marketing dapat Anda temukan mudah. Banyak orang melakukan digital marketing karena memberikan banyak keuntungan dibandingkan sistem usaha konvensional.

Digital marketing adalah pemasaran suatu produk atau jasa yang menggunakan media digital. Tujuan dari digital marketing yaitu melakukan pemasaran seluas-luasnya dan menjangkau sebanyak-banyaknya target customer. Digital pemasaran melakukan teknik dan pengetahuan bersifat teknologi dan psikologi pasar. Ingin belajar digital marketing? Simak selengkapnya berikut ini!

Cara Belajar Dan Macam-macam Digital Marketing Saat Ini  

SEO
Digital marketing paling terkenal dan sering digunakan oleh orang-orang yaitu SEO. Search Engine Optimization merupakan usaha untuk mengoptimalkan peringkat suatu website berdasarkan sistem pencarian dan traffic pengunjung. Anda bisa belajar SEO dengan memulai istilah SEO On-Page dan SEO off-page.

SEO On-page artinya Anda diminta untuk belajar mengoptimalkan penggunaan kata kunci atau keyword yang digunakan oleh orang-orang untuk mencari konten di internet. Anda bisa menggunakan di berbagai artikel atau konten situs web Anda. SEO off-page artinya Anda perlu belajar mengoptimalkan kerja backlink agar seseorang mengunjungi kembali website Anda.

Content Marketing
Dalam hal ini, Anda akan belajar bagaimana membuat teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, konsisten, penting, dan menarik bagi pengunjung.

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai topik-topik yang sering dibicarakan atau menjadi trending topic di masyarakat. Contoh digital marketing adalah kecantikan. Dalam hal ini, Anda harus membuat konten-konten yang berhubungan dengan kecantikan. Ingat ya, konten harus relevan, konsisten, dan up to date.

Social Media Marketing 
Salah satu digital marketing ini juga membawa banyak keuntungan. Dalam hal ini akan perlu belajar bagaimana mempromosikan suatu layanan atau produk di platform media sosial dengan menggunakan strategi tertentu.

Anda perlu membuat tujuan dan metrik yang jelas terhadap strategi bisnis Anda. Anda juga perlu melakukan pengukuran keberhasilan usaha Anda dan melakukan evaluasi untuk memperbaikinya.

Pay Per Click
Istilah Pay Per Click atau PPC adalah salah satu digital marketing yang mana pemasang iklan di internet akan mendapatkan bayaran setiap kali ada orang yang mengeklik atau membuka link promosi tersebut. PPC ini seringkali berasal dari perusahan-perusahaan besar seperti Facebook, Google, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, beberapa hal yang perlu Anda pelajari yaitu bagaimana cara membuat suatu model iklan yang efektif dan efisien. Anda bisa menggunakan Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Affiliate Marketing
Sama halnya dengan SEO, istilah affiliate marketing tentu telah banyak dikenal oleh sebagian besar orang. Sudah banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang menyediakan jasa affiliate marketing seperti Bukalapak, Tokopedia, Amazon, dan Ebay.

Ecommerce mendorong tumbuhnya para affiliate marketer
Ecommerce turut mendorong tumbuhnya para affiliate marketer

Dalam Affiliate Marketing, Anda diharuskan untuk mempromosikan jasa atau produk dalam website Anda. Sekali ada orang yang membuka iklan Anda maka Anda akan mendapatkan komisi dari beberapa perusahaan yang menaruh iklannya pada website Anda.

Email Marketing
Sebuah pengiriman email atau pesan komersial seperti promosi atau newsletter melalui email. Bisnis email ini mungkin dianggap sebagian besar orang sebagai spam atau pengganggu.

Namun, penggunaan jenis digital marketing ini faktanya semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa email marketing mendorong seseorang untuk berbelanja atau menggunakan jasa lewat online atau langsung pergi ke tokonya. Tunggu apa lagi? Segera mulai kesuksesan Anda dengan melakukan digital marketing.

Next article Next Post
Previous article Previous Post