Wednesday, May 22, 2019

author photo

Pembuatan laporan merupakan bagian penting dalam kegiatan akademik. Dalam tingkat pendidikan tertentu banyak peserta didik yang akan melakukan praktek lapangan maupun praktek penelitian untuk lebih memperdalam pemahaman tentang suatu kelimuan. Laporan praktek dibutuhkan dalam berbagai bidang ilmu fisika, kimia, biologi, dan lain sebagainya.

Pembuatan laporan praktek tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat suatu format terstruktur yang disusun agar laporan lebih tertata dan memuat informasi yang dibutuhkan. Anda yang sedang membutuhkan penjelasan terkait dengan cara pembuatan laporan praktek serta informasi lain terkait laporan praktek. Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Tahapan Pembuatan Laporan Praktek Secara Umum

Bagian Sampul Serta Judul dari Laporan
Pada laporan praktek harus terdapat sampul serta judul untuk menjadi informasi awal tentang laporan praktek yang dibuat. Biasanya pada bagian sampul akan disertakan lambang dari lembaga yang menaungi. Di dalam sampul juga disertakan judul yang menerangkan tentang laporan praktek. Selain itu, terdapat informasi terkait pembuat laporan praktek, bisa berupa nama, nomor akademik, jurusan, dan lainnya.

Pembuatan Kata Pengantar serta Daftar Isi dari Laporan
Pada beberapa laporan praktek ada yang menyertakan kata pengantar sebagai bagian pembuka dari laporan praktek. Akan tetapi, ada pula yang tidak membutuhkan bagian ini. Semuanya bergantung dari format yang ditetapkan dari pengampu atau standar penulisan dari pihak akademik.

Pembuatan daftar isi juga merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewat. Terlebih jika laporan praktek yang dibuat termasuk laporan dengan banyak bagian serta penjelasan. Daftar isi akan memudahkan pembaca atau pembimbing untuk membaca dan mencari bagian penting dari laporan praktek yang Anda tulis.

Pendahuluan Laporan Praktek
Bagian ini merupakan bagian penting untuk memperjelas dan memperkenalkan laporan praktek yang Anda tulis. Pada bagian ini pastikan Anda menulis dengan kalimat serta isi yang beralur. Pahami betul tata penulisan pendahuluan sesuai dengan ketentuan yang diajarkan atau ditetapkan pembimbing praktek atau lembaga akademik Anda.

Pada pendahuluan umumnya memuat beberapa sub judul berupa latar belakang dari pembuatan laporan, rumusan masalah yang dibahas, serta tujuan dari pembuatan laporan praktek. Ada beberapa jenis laporan yang menyertakan manfaat dari penulisan laporan praktek. Bagian ini berguna untuk menjelaskan manfaat yang bisa didapat pembaca dari laporan yang tersusun.

Pencarian Sumber Literatur
Sebagai laporan yang bersifat ilmiah maka penggunaan sumber literatur tidak boleh diabaikan. Pada bagian ini akan disertakan beberapa literatur untuk sebagai teori yang berhubungan dengan bahasan pada laporan praktek. Sumber literatur yang digunakan haruslah terpercaya dan relevan dengan bahasan dalam laporan praktek.

Pemilihan literatur harus berhubungan dan bisa menjelaskan temuan atau hal yang akan dibahas dalam laporan praktek. Sumber literatur bisa berasal dari berbagai penelitian, buku, ataupun sumber internet yang terpercaya. Penjelasan konsep yang digunakan dalam literatur ini harus beralur dan landasannya jelas.

Referensi dalam laporan kerja praktik penting
Referensi dalam laporan kerja praktik penting

Pembahasan tentang Praktek yang Dilakukan
Pada bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan dengan rinci praktek yang telah dilakukan. Isi dari bagian ini dapat berupa aktivitas selama praktek dilakukan. Serta hal rinci terkait dengan praktek. Serta informasi tentang tempat maupun waktu praktek dilakukan. Dalam bahasan juga terdapat hasil praktek serta analisis yang masih berupa hipotesa.

Pada bagian pembahasan bisa terdapat berbagai sub bab. Pembuatan sub bab haruslah berhubungan dengan pembahasan serta dibuat dengan tertata. Bagian ini dapat menjelaskan juga tentang pemecahan masalah yang berkaitan dengan praktek yang dilakukan. Hal yang wajib Anda sertakan dalam bagian ini adalah ulasan mengenai jalannya praktek serta hasil yang didapat. Bahasan haruslah konkret dan jelas.

Penyusunan Bagian Penutup Serta Pembuatan Kesimpulan Laporan
Pada bagian penutup akan disertakan kesimpulan dari laporan serta saran kritik terkait dengan laporan yang Anda buat. Kesimpulan dibuat berlandaskan dari temuan yang tercatat pada laporan praktek. Kesimpulan juga bisa mengaitkan hasil temuan dari praktek dengan teori yang dituliskan pada laporan.

Kesimpulan harus merangkum dengan singkat isi dari laporan yang Anda buat. Kesimpulan dibuat dengan jelas agar mudah untuk dipahami. Penjelasan dibuat dengan baik agar pembaca tidak salah menangkap maksud dari kesimpulan yang dibuat.

Saran yang disertakan pada bagian penutup ini haruslah saran yang bermanfaat untuk pengembangan selanjutnya. Saran dan kritik juga dapat membahas tentang kekurangan dari praktek yang dilakukan. Serta berisi berbagai saran bagi pembaca untuk mengembangkan praktek yang lebih baik.

Daftar Pustaka
Sumber serta referensi yang digunakan dalam laporan harus dituliskan dengan standar ilmiah yang dijadikan acuan. Penulisan harus sesuai dengan urutan abjad. Tuliskan sumber dengan lengkap sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Dengan begitu, pembaca dapat memahami atau mencari daftar pustaka yang Anda gunakan.

Lampiran
Bagian lampiran merupakan bagian akhir dari laporan praktek. Bagian ini berguna untuk mendukung penjelasan dalam laporan praktek Anda. Bagian lampiran juga menjadi bukti dilakukannya praktek sesuai dengan yang Anda tulis pada laporan.

Contoh Format Sederhana Laporan Praktek

Pada dasarnya format dari laporan praktek cukup beragam. Setiap bidang praktek biasanya menggunakan format yang sudah standar. Akan tetapi, sebagai tambahan informasi akan dijelaskan dengan singkat satu dari banyak contoh format laporan praktek. Isi dari format tersebut hanya informasi fiktif dan bukan praktek yang dilakukan dengan sebenarnya. Berikut ini contoh dari laporan praktek.

BAB I
Pendahuluan
Praktek lapangan dilakukan untuk melatih kemampuan dasar yang telah diajarkan dalam PMR di SMP Taruna. Dalam praktek ini peserta akan melakukan pelatihan dan penyebaran informasi sesuai tugas praktek yang ditetapkan.

Praktek PMR ini akan memberikan pengalaman nyata bagi para peserta. Supaya pendidikan yang didapat menjadi lebih mendalam. Serta dapat diterapkan dalam kondisi yang dibutuhkan.

Landasan Pembuatan Laporan
Laporan dibuat sebagai pertanggungjawaban serta pemenuhan tugas praktek PMR (Palang Merah Remaja).

Tujuan Laporan
Peserta mendapat pemahaman tentang pertolongan medis pertama pada korban. Menumbuhkan kepedulian dan menerapkan keilmuan yang didapat. Pemenuhan tugas praktek yang telah ditetapkan.

Lokasi Praktek: Di SMP Taruna Malang
Waktu praktek: Praktek dilaksanakan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada jam 13.00-15.00 WIB

BAB II
Persiapan
Pemberian materi untuk praktek serta metode untuk pelaksanaannya.

Pelaksanaan
Kegiatan dimulai dari tanggal 12 Juni 2016 sampai 13 Agustus 2016

Kendala
  1. Kurangnya minat serta ketertarikan untuk kegiatan yang dilakukan.
  2. Kejenuhan pada awal kegiatan dilaksanakan.
  3. Kesiapan yang dianggap masih kurang.
  4. Ada yang kurang menguasai materi sehingga menghambat praktek yang dilakukan.

Pendukung
  1. Dukungan fasilitas yang cukup memadai dari sekolah.
  2. Ada sebagian siswa yang terlihat aktif dan tertarik dengan praktek yang dilaksanakan.
  3. Materi dibuat dengan rinci dan lengkap.

Solusi
  1. Praktek dirancang dengan lebih menarik dan interaktif.
  2. Pendampingan saat ada yang kesulitan dengan materi praktek.
  3. Peningkatan komunikasi dan koordinasi.

BAB III
Penutup
Praktek PMR sudah dijalankan dengan standar yang telah ditentukan. Kendala yang dihadapi sudah bisa diatasi dengan cara yang efektif. Praktek PMR ini menjadi cara ang cukup efektif untuk memperdalam keilmuan dalam bidang PMR.

Saran
Pada kegiatan praktek selanjutnya, perencanaan dan cara pengajaran harus lebih ditingkatkan. Materi perlu disertai dengan pendampingan. Serta meningkatkan keterlibatan dari peserta.

Next article Next Post
Previous article Previous Post