Wednesday, May 22, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan khususnya kegiatan yang besar dibutuhkan sebuah proposal agar acara dapat berjalan sesuai dengan harapan. Proposal yang sering digunakan untuk merencanakan sebuah kegiatan disebut dengan proposal kegiatan. Secara umum pembuatan proposal ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh pihak penyelenggara kegiatan atau acara.

Adapun tujuan utama pembuatan proposal kegiatan tersebut berisi tentang agenda tujuan dan juga keperluan apa saja yang dibutuhkan demi menyukseskan acara yang diselenggarakan. Seperti yang diketahui, tidak semua acara bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan. Sehingga membutuhkan proposal kegiatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan selama kegiatan.

Proposal Kegiatan Beserta Cara Pembuatannya

Apa Itu Proposal?
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, proposal merupakan sebuah rencana kegiatan yang dibuat dalam bentuk tulisan yang sistematis dan terperinci. Proposal umumnya dibuat untuk mendapatkan persetujuan dari pihak-pihak terkait yang diajak untuk bekerja sama. Selain itu proposal juga sering dipakai untuk pengajuan dana pada lembaga atau perusahaan yang memberikan bantuan

Jika dilihat lebih jauh pengertian dari proposal kegiatan sendiri bisa diartikan sebagai sebuah perencanaan kegiatan yang disusun sesuai dengan kegiatan yang sudah dijadwalkan. Perlu diketahui bahwa isi dari proposal ini haruslah jelas dengan tujuan yang ingin dicapai. Sehingga pihak-pihak yang berkepentingan dapat memahami maksud dan tujuan dari isi proposal kegiatan tersebut.

Pembuatan proposal kegiatan siswa SMA
Pembuatan proposal kegiatan


Pihak berkepentingan yang dimaksud bisa individu atau kelompok yang memberikan izin atau bantuan dana kepada pihak yang mengajukan proposal. Agar proposal tersebut bisa disetujui maka perlu sekali untuk memahami tahapan-tahapan dan cara pembuatan proposal kegiatan yang baik dan juga benar. Apa saja tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat proposal yang baik?

Tahap Pembuatan Proposal Kegiatan

Secara umum tahap pembuatan proposal kegiatan bisa dikatakan lebih sederhana dibandingkan dengan pembuatan proposal penelitian. Bagi yang sudah pernah membuat proposal penelitian sebelumnya, maka akan sangat mudah untuk membuat proposal kegiatan asalkan tahu cara-cara pembuatan yang benar. Jangan sampai proposal kita ditolak karena kaidah yang ditulis pada proposal salah.

Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal kegiatan. Langsung saja berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan, antara lain yaitu:

  • Membuat Judul Proposal Kegiatan
Hal yang paling utama dalam pembuatan sebuah proposal adalah menentukan judul dari proposal kegiatan tersebut. Anda biasa menuliskan judul proposal tersebut sesuai dengan kegiatan yang akan diselenggarakan. Pastikan untuk memikirkan judulnya dengan matang agar benar-benar proposal kegiatan sesuai dengan rencana.

  • Membuat Pendahuluan Proposal Kegiatan
Selanjutnya yaitu membuat pendahuluan dari proposal kegiatan tersebut. Perlu diketahui bahwa pada bagian pendahuluan proposal ini terdapat dua bagian yang berisi latar belakang kegiatan dan juga tujuan dari kegiatan. Jadi jangan sampai ke balik dengan bagian lainnya karena biasanya pihak berkepentingan akan mengutamakan melihat bagian yang satu ini.

  • Merancang Isi Proposal Kegiatan
Berbeda dengan bagian pendahuluan yang terdiri dari 2 sub judul saja. Pada bagian isi proposal ini Anda harus memasukkan 8 sub judul yang mana berisikan beberapa poin dibawah ini
  • Tema kegiatan
  • Macam-macam kegiatan
  • Peserta
  • Peralatan yang dibutuhkan selama kegiatan
  • Waktu dan tempat kegiatan atau acara
  • Susunan acara kegiatan
  • Susunan kepanitiaan nya
  • Dan Anggaran yang dibutuhkan dalam kegiatan atau acara tersebut.
  • Membuat Penutup
Tahap terakhir adalah membuat bagian penutup dari proposal tersebut. Seperti biasanya pembuatan bagian ujung proposal ini berisikan harapan untuk diberikan dukungan kepada pihak terkait agar kegiatan yang dilakukan tersebut dapat diselenggarakan dengan baik dan lancar.

Tahap Cara Membuat Proposal Kegiatan

Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa cara penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal kegiatan yang menarik dan benar. Sehingga perusahaan atau pihak terkait menyukai dengan proposal kegiatan yang kita buat. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal kegiatan, antara lain:

  • Latar Belakang
Dalam membuat proposal kegiatan yang menarik maha Anda perlu memperhatikan bagian yang satu ini. Pada bagian Latar belakang Anda bisa menuliskan berbagai alasan mengapa Anda mengadakan kegiatan tersebut. Dalam hal ini Anda perlu menuliskan alasan yang jelas dan tepat. Pastikan Anda juga menyebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Semakin bagus alasan yang Anda sampaikan maka kemungkinan proposal kegiatan Anda diterima juga Anda semakin besar. Jadi pastikan untuk lebih detail dalam membuat bagian latar belakang.

  • Tujuan Kegiatan
Setiap kegiatan yang dilakukan tentu saja memiliki tujuan tertentu. Biasanya terdapat empat jenis kategori besar dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan atau acara. Beberapa kategori tersebut seperti hiburan, kebudayaan, acara pribadi dan juga acara yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan.

Perlu diketahui bahwa empat kategori tersebut memiliki tujuan masing-masing. Pastikan untuk menuliskan tujuan sesuai dengan kegiatan yang akan diselenggarakan.

  • Konsep Acara Kegiatan
Apa itu konsep? Konsep merupakan sebuah ulasan jelas dari ide utama dalam sebuah kegiatan atau acara. Dalam sebuah konsep tersebut Anda akan menjelaskan bagaimana desain, aktivitas dari sebuah kegiatan yang akan diselenggarakan. Pastikan untuk membuat konsep secara jelas dan se menarik mungkin  agar pihak sponsor menyukai proposal tersebut.

Selain itu dengan pembuatan konsep yang jelas, pihak pemberi dana atau layanan juga mengetahui seberapa besar porsi layanan yang kita butuhkan dan diberikan nantinya.

  • Tema Acara Kegiatan
Tema dan konsep memang terkadang memiliki pemikiran yang hampir sama. Namun sebenarnya jika ditelusuri lebih jauh antara tema dan konsep merupakan dua kata yang memiliki maksud yang berbeda. Perlu diketahui bahwa konsep pada sebuah proposal lebih ditujukan kepada pengalaman yang akan dilakukan.

Sedangkan untuk tema sendiri merujuk pada hal-hal yang terlihat secara nyata. Dalam sebuah kegiatan atau acara, tema bisa diartikan sebagai pemilihan dekorasi, warna, tata lokasi, dan lain sebagainya. Jadi pastikan jangan sampai salah memasukan tema dan konsep dalam proposal kegiatan yang Anda buat.

  • Menyusun Jadwal Kegiatan
Cara selanjutnya adalah menyusun jadwal kegiatan. Perlu diketahui bahwa bukan hanya panitia saja yang membutuhkan jadwal kegiatan acara. Dalam hal ini sponsor  atau pihak-pihak terkait juga harus mengetahui tahap acara kegiatan yang akan dilakukan. Adapun susunan dari jadwal kegiatan tersebut terdiri dari waktu yakni jam berapa acara tersebut dimulai.

Selain itu juga ada bagian yang berisi sub-sub pendukung lainnya mulai dari acara mulai hingga acara penutupan. Dalam menentukan jadwal ini Anda harus benar-benar melakukan koordinasi dengan panitia lainnya agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan jadwal kegiatan.

  • Desain Proposal
Meski terkadang diremehkan, pembuatan proposal menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Di dalam pembuatan sebuah proposal Anda harus melampirkan desain-desain yang berkaitan dengan acara. Mulai dari desain tata lokasi, banner, layar, tata ruang dan lain sebagainya.

Dalam desain tersebut Anda juga perlu memperlihatkan penempatan posisi merek sponsor yang turut berpartisipasi dalam kegiatan. Jangan sampai penempatan logo tersebut tidak sesuai dengan keinginan dari sponsor tersebut.

Membuat sebuah proposal apalagi proposal kegiatan memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun Jika Anda sudah mengetahui cara dan tahap-tahapnya, maka hal tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Semoga beberapa informasi diatas tentang proposal dan cara pembuatannya dapat membantu Anda ke depannya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post