Wednesday, May 29, 2019

author photo

Lagi cari informasi cara mengecek SKTP 2019/2020 yang mudah? Melalui artikel ini akan kami bagikan kepada Anda informasi yang Anda butuhkan tersebut. Jika dulu cara cek SKTP atau info Guru bisa dibilang cukup sulit sekali, tetapi sekarang tidak demikian. Sebab, kini Anda sudah bisa mengecek SKTP tersebut dengan cara yang tidak hanya mudah tetapi juga sangat praktis sekali, yakni lewat laman Info GTK dan SIMPKB.

Cek SKTP 2019

Tapi sebelumnya, sudahkah Anda tahu apa itu SKTP? Berprofesi sebagai guru pendidik, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan SKTP. Tetapi bagi mereka yang berprofesi lain juga tidak ada salahnya untuk mengetahui apa SKTP itu sendiri. SKTP merupakan Surat Keputusan Tunjangan Profesi. SKTP ini nanti akan jadi penentu apa guru yang telah bersertifikat pendidik tersebut tunjangan profesinya akan cair atau pun tidak.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah cara mengecek SKTP 2019/2020 dengan mudah yang harus Anda tahu.

Cara Mengecek SKTP 2019/2020 dengan Mudah Lewat Laman Info GTK dan SIMPKB


Pada dasarnya untuk cara cek info Guru, atau SKTP 2019/2020 lewat laman Info GTK dan SIMPKB mudah sekali, Anda bisa menggunakan dua cara, yakni…

  • Menggunakan metode NUPTK/NIK dan tanggal lahir. Untuk cara yang pertama ini jelas ditujukan untuk guru atau tenaga pendidik yang sudah memiliki NUPTK. Tetapi demikian, guru yang masih belum memiliki NUPTIK juga bisa menggunakan cara tersebut, asal punya NIK.
  • Account PTK. Cara lain yang bisa dicoba adalah menggunakan metode Account PTK. Namun untuk melakukannya Anda harus Log-In Info GTK pakai User ID dan password PTK yang ada di Dapodik.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya cara cek SKTP 2019/2020 ini hanya berfungsi untuk membantu para guru untuk bisa menampilkan data dari sekolah. Apabila memang ada kesalahan data, maka proses perbaikannya bisa dilakukan dengan mudah, yakni lewat aplikasi Dapodik di sekolah masing – masing. Lalu untuk cara cek SKTP 2019/2020 sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Log-In GTK Tahun Pelajaran 2019

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses laman Info GTK dan SIMPKB. Untuk lebih gampangnya Anda bisa langsung klik pada Link berikut, http://info.gtk.kemdikbud.go.id.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih metode untuk melakukan pengecekan tersebut. Bisa menggunakan metode NUPTIK/NIK dan tanggal lahir, atau pun Account PTK.
  • Apabila Anda memilih metode NUPTK/NIK dan tangga lahir, maka Anda perlu menginput NUPTK/NIK. Jika sudah masukkan saja Password dengan Tanggal Lahir sesuai format yang ada.
  • Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan mengisi Chapta, lalu klik pada opsi Log-In.
  • Tetapi demikian, apabila Anda memilih metode Account PTK maka Anda hanya perlu memasukkan akun PTK pada Dapodik. Jika sudah, isi Password yang sama dengan Password yang ada di Dapodik. Kemudian, jangan lupa juga untuk mengisi Captcha dan klik Log-In.
  • Selesai, Anda sudah berhasil melakukan pengecekan SKTP 2019/2020 lewat lama Info GTK dan SIMPKB.

Penting untuk Anda ketahui juga bahwa SIMPKB (SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) ini merupakan sistem informasi manajemen terpadu, juga menjadi proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan serta kompetensi guru yang ada di sekolah – sekolah dalam melaksanakan tugas profesionya dengan baik.

Sebab bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, sehingga tidak heran jika cara ini sangat dinanti – nantikan oleh guru. Selain itu, sebenarnya guru juga berharap agar proses pencarian TPG tidak hanya bergantung pada terbitnya SKTP saja. Sebab, penerbitan SKTP ini berbasis Dapodik sehingga kesalahan – kesalahan dalam pengisian aplikasi Dapotik kadang kalanya berpengaruh terhadap nasib para guru pendidik.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengecek SKTP 2019/2020 dengan mudah lewat laman Info GTK dan SIMPKB. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post