Wednesday, May 22, 2019

author photo

Istilah CRM dalam manajemen marketing saat ini bukan hal asing lagi untuk di dengar. CRM atau Customer Relationship Management termasuk sebuah strategi yang dijalankan perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan dengan hasil akhir yang loyalitas. Selain itu sudah ada banyak perusahaan yang menjalankan strategi CRM. Salah satunya pada perusahan besar.

Mengenal Customer Relationship Management

Apa itu CRM?
CRM ini termasuk sebuah usaha dalam menyediakan jembatan yang strategis. Dari strategi pemasaran sampai teknologi informasi. Sedangkan tujuan utamanya untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang.

Kemudian mampu meningkatkan profitabilitas dari sebuah usaha tersebut. Selain itu melaui CRM, sebuah perusahaan akan memiliki cara yang lebih baik dalam memahami para pelanggan.

Jadi perusahaan dapat lebih tanggap untuk merespon kebutuhan pelanggan itu sendiri. CRM juga digunakan sebagai cara untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Menelusuri informasi pelanggan dan sampai saat ini pengguna CRM sudah memanfaatkan teknologi.

Fungsi CRM sudah bisa dijalankan lewat telepon genggam
Fungsi CRM sudah bisa dijalankan lewat telepon genggam


Cara Kerja CRM

Untuk cara kerjanya sendiri CRM akan menciptakan lingkaran komunikasi. Antar perusahaan dengan pelanggannya dan hal ini termasuk sebuah kunci dalam membangun hubungan yang sehat.
Cara kerja lainnya dengan mengenal profil pelanggan. Karena sebagian besar, Anda harus paham dengan status dan kondisi dari pelanggan yang dimiliki. Dengan begitu akan memudahkan dalam membuat strategi.

Sedangkan menggunakan data sebagai informasi pelanggan ini tentunya akan tersimpan dengan baik. Begitu pula kebutuhan dan keinginan dari pelanggan yang menjadi kunci untuk memberikan servis terbaik kepada para pelanggan setia.

Tahapan Menjalankan CMR
Untuk tahapannya sendiri mulai dari memperoleh pelanggan baru dengan beberapa cara. Menambah nilai pelanggan untuk menciptakan hubungan erat bersama pelanggan.

Mempertahankan pelanggan dengan memberikan pelayanan dan aplikasi pendukung tertentu yang akan memberikan manfaat kepada mereka. Contohnya dengan adanya sebuah promosi, maka hubungan dengan para pelanggan juga dapat terjaga dengan baik.
Anda juga dapat menyediakan waktu untuk mendengarkan setiap kebutuhan pelanggan. Baik ketidakpuasan pelanggan dengan produk yang ditawarkan sampai masukkan dari mereka sendiri.

Manfaat CRM untuk Bisnis

Mampu Membentuk Loyalitas
Bagi setiap pemilik usaha, loyalitas seorang pelanggan termasuk salah satu hal yang tentunya ingin dicapai. Jadi dengan memanfaatkan CRM ini, maka Anda dapat belajar tentang caranya mengelola pelanggan dengan efektif. Dengan begitu akan tercipta sebuah loyalitas, antara bisnis yang Anda jalankan dengan para pelanggan.

Meningkatkan Profit
Saat penerapan CRM dimanfaatkan dengan baik, mak Anda akan mendapatkan insight yang berguna. Terutama mengenai apa yang dibutuhkan pelanggan sampai tren yang sedang berkembang. Anda dapat segera memikirkan keputusan yang harus diambil selanjutnya. Jadi bukan tidak mungkin jika keputusan tersebut dapat meningkatkan penjualan.

Mendapatkan Informasi Pelanggan                                       
Dalam zaman seperti sekarang ini, data merupakan segalanya. Banyak perusahaan yang rela membayar mahal kepada perusahaan lain. Terutama untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan atau bisnis baru.

Dengan adanya CRM ini, maka Anda akan mendapatkan informasi atau data penting dari pelanggan. Mulai dari nama, alamat email, nomor telepon sampai beberapa hal yang lebih kompleks dan produk yang sering dibeli pelanggan tersebut.

Proses Operasional Lebih Terstruktur
Dikatakan lebih terstruktur, karena memungkinkan Anda untuk memiliki sistem yang lebih terorganisir. Dengan sistem yang lebih rapi, maka akan meningkatkan efisiensi perusahan. Dapat mengurangi anggaran yang tidak diperlukan dalam menjalankan bisnis.

Next article Next Post
Previous article Previous Post