Wednesday, May 22, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Perkembangan bisnis tidak dapat terjadi tanpa adanya perencanaan yang matang. Dalam bisnis perencanaan memegang peranan untuk memajukan usaha yang dijalankan. Perencanaan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, harus ada suatu cara yang terstruktur dan matang.

Cara dalam melakukan perencanaan ada banyak bentuknya. Salah satu yang dapat Anda Andalkan dan banyak dilakukan adalah perencanaan dengan analisis SWOT. Analisis ini mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Bagi Anda yang masih awam dengan analisis ini, Anda bisa membaca pembahasan lengkapnya berikut ini.

Memahami Analisis SWOT Secara Singkat

Pengertian dari SWOT
Sebelum membahas tentang cara membuat SWOT ada baiknya Anda pahami beberapa informasi penting tentang analisis ini. Pemahaman dasar tentang analisis ini akan sangat membantu Anda dalam merancang SWOT. Sebagai awalan akan dibahas tentang pengertian dari analisis SWOT.

SWOT merupakan suatu singkatan dari istilah asing yaitu, Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Analisis ini seringkali dipergunakan dalam melakukan analisis terhadap suatu proyek baru yang sedang direncanakan maupun menganalisis suatu proyek yang sedang berjalan.

SWOT merupakan suatu cara yang dalam menganalisis perencanaan terhadap berbagai keperluan yang berkaitan dengan suatu sistem. Berbagai faktor yang merupakan singkatan dalam SWOT menjadi modal utama dalam melihat suatu perencanaan. SWOT dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan pertimbangan maupun pengambilan keputusan.

Manfaat yang Didapat dengan Analisis SWOT

  • Dapat digunakan dalam banyak bidang
Analisis SWOT sebenarnya pemanfaatannya cukup luas. Analisis ini dapat diterapkan dalam bidang bisnis, karir, peluncuran produk, dan lain sebagainya. Analisis ini akan sangat membantu dalam melihat berbagai sisi dari suatu proyek atau perencanaan yang akan diambil.

  • Dapat Dipakai Sebagai Perwujudan Tujuan
Setiap perusahaan atau bisnis maupun berbagai hal pasti memiliki suatu tujuan dalam pelaksanaannya. Tujuan tersebut tentu tidak dapat dicapai tanpa adanya pemahaman serta rencana yang baik. Penggunaan analisis SWOT akan sangat bermanfaat dalam membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Sebab, analisis SWOT bisa memberi arah dalam pengambilan langkah dan pemahaman yang rinci dari suatu keputusan.

Analisis SWOT untuk meraih tujuan tertentu
Analisis SWOT untuk meraih tujuan tertentu


Cara Sederhana dalam Membuat Analisis SWOT

Anda perlu untuk memahami sedikit hal mengenai analisis SWOT sebelum mulai membuatnya. Analisis SWOT dalam pembuatannya akan mempertimbangkan dua hal penting yakni, faktor yang bersifat eksternal serta faktor internal. Pertimbangan terhadap hal-hal tersebutlah yang akan membantu dalam pendalaman analisis SWOT. Berikut ini cara untuk membuat analisis SWOT.

  • Mencari Kekuatan atau Kelebihan
Saat Anda ingin melaksanakan suatu proyek. Anda harus memahami betul kekuatan serta kelebihan dari rencana yang akan dijalankan. Perhatikan hal apa yang menjadikan proyek tersebut bisa memberi dampak yang positif bagi bisnis Anda.

Dalam hal ini Anda bisa memandang kekuatan sebagai sumber suatu kekhususan atau sumber daya yang menjadikan proyek tersebut sejalan dengan tujuan. Anda juga dapat menemukan kekuatan rencana Anda dengan mempelajari keunggulan dari pesaing bisnis Anda. Kekuatan menjadi suatu keunggulan yang sifatnya kompetitif dan berefek baik bagi perusahaan atau bisnis Anda.

Kekuatan juga dapat ditemukan dari pengamatan terhadap kinerja perusahan yang berhubungan dengan rencana yang akan dilakukan. Anda juga dapat mengamati kebutuhan dari target pasar Anda. Lakukan riset sederhana untuk menemukan kebutuhan target pasar dan menemukan keunikan dari rencana Anda.

  • Memahami Kelemahan dari Suatu Strategi
Secara luas, kelemahan dapat dipandang sebagai suatu hal yang menyebabkan atau dapat berdampak buruk bagi kinerja perusahaan atau bisnis Anda. Kelemahan ini juga dapat berupa celah kekurangan dari rencana yang dibuat. Ada banyak hal yang dapat menjadi sumber analisis dari kelemahan proyek atau rencana.

Kelemahan dapat berupa keterbatasan dalam hal kemampuan finansial dari perusahaan dalam melaksanakan proyek. Kelemahan juga bisa diperoleh dengan mempelajari berbagai hal yang tidak dimiliki perusahaan untuk melakukan proyek yang akan dikembangkan. Kelemahan dalam analisis ini harus dipandang sebagai suatu hal yang harus diatasi dan dicegah agar proyek dapat berjalan dengan baik.

  • Melihat Peluang dari Rencana yang akan Dilakukan
Peluang dalam hal ini lebih bersifat situasional. Peluang dapat berupa berbagai kondisi dalam perusahaan yang potensial untuk dikembangkan. Peluang dapat ditemukan dalam berbagai sisi usaha bisnis yang dimiliki.

Peluang dapat Anda peroleh analisisnya dari perubahan serta perkembangan sistem maupun teknologi yang mendukung efektivitas kerja perusahaan. Peluang ini juga bisa dikaitkan dengan kemajuan dalam hubungan kerja dengan beberapa rekanan perusahaan. Selain itu, analisis peluang juga bisa didapat dengan mempelajari pola produksi dari perusahaan.

Peluang dalam hal ini lebih dipandang sebagai sebuah kesempatan untuk melakukan berbagai pengembangan dalam perusahaan. Mempelajari peningkatan serta perkembangan tren juga bisa menjadi bagian penting dalam analisis peluang. Pastikan Anda melakukan pendalaman dalam hal ini sebagai bekal untuk memperlancar proyek yang akan dijalankan dan perencanaan ke depannya.

  • Mengenali Ancaman Jika Rencana Dijalankan
Ancaman dipandang sebagai situasi yang berpotensi memberikan kerugian bagi perusahaan apabila rencana atau proyek akan dijalankan. Ancaman merupakan hal yang dapat mengganggu perkembangan atau kelancaran proyek yang akan dikerjakan. Hal ini bisa berasal dari dalam perusahaan atau hal-hal di luar bisnis akan tetapi berpengaruh pada jalannya usaha.

Ancaman ini bisa berasal dari perubahan atau perkembangan yang dilakukan pesaing bisnis. Perubahan kecanggihan dalam hal teknologi dan akses informasi. Serta hal-hal yang terkait dengan perubahan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah yang secara langsung maupun tidak langsung bisa berefek pada perusahaan atau kelancaran rencana.

Contoh Analisis SWOT pada Usaha F&B

Gambaran Bisnis

Sebuah bisnis kuliner yang berhubungan dengan minuman kesehatan. Bisnis ini dibangun berdasarkan kebutuhan akan gaya hidup sehat. Produk dibuat dalam bentuk kemasan maupun peracikan siap jual.

Strength
  • Produk memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Produk dibuat dengan keunikan rasa.
  • Harga dari produk tetap terjangkau bagi semua kalangan.
  • Bahan yang berkualitas.

Weakness
  • Bahan baku bergantung pada ketersediaan dari para rekanan bisnis.
  • Produk masih belum banyak dikenal masyarakat.

Opportunity
  • Minat akan gaya hidup sehat di banyak kalangan.
  • Banyak .orang mulai mencari produk yang unik dan bermanfaat.
  • Produk berpotensi untuk terus dikembangkan.
  • Formula dari minuman kesehatan dapat terus divariasikan.

Threat
  • Adanya persaingan yang ketat terhadap produk minuman kesehatan.
  • Kesulitan dalam menemukan para ahli yang dapat membantu dalam penelitian dan pengembangan pasar.
  • Tren gaya hidup sehat yang terus mengalami perubahan.
  • Kesulitan dalam memproduksi sendiri bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat produk minuman kesehatan.

Analisis SWOT sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis. Analisis ini termasuk salah satu jenis analisis yang kerap digunakan dalam suatu organisasi. Analisis ini tidak terlalu rumit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya analisis ini dapat memberi manfaat dan bisa diterapkan untuk banyak kebutuhan organisasi.

Contoh tentang analisis SWOT bidang minuman kesehatan diatas merupakan gambaran yang paling sederhana. Pada kenyataan penerapannya, analisis SWOT bisa lebih diperdalam. Serta dikemas dalam bentuk yang lebih menarik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post