Wednesday, May 22, 2019

author photo

Daftar riwayat hidup merupakan bagian yang penting saat Anda menjalani proses awal melamar kerja. Daftar hidup yang tersusun dengan baik akan membuat pencari kerja tertarik dan meloloskan Anda pada tahap rekrutmen selanjutnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat daftar riwayat hidup sebaik mungkin.

Walaupun daftar riwayat hidup sangatlah penting dalam melamar pekerjaan. Seringkali orang kurang paham cara membuat daftar riwayat hidup yang bagus. Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih mengenai pembuatan daftar riwayat hidup. Anda bisa simak beberapa ulasan berikut ini.

Kesalahan yang Perlu Dihindari

Isi yang Jelas dan Memadai
Banyak orang yang tidak menuliskan daftar riwayat hidup dalam rincian yang terlalu panjang dan terlalu singkat. Hal ini cukup berpengaruh pada kualitas dari daftar riwayat hidup yang dibuat. Isi dari daftar riwayat hidup haruslah jelas tetapi dalam jumlah yang pas. Penulisan perlu ditata sehingga bagian dalam format terisi dengan informasi yang penting.

Pemakaian Foto
Ada beberapa orang yang menyertakan foto dalam daftar riwayat hidup. Hal ini sebenarnya kurang tepat, sebab daftar riwayat hidup lebih dikhususkan untuk memberikan penjelasan tentang diri Anda. Beberapa lowongan mungkin ada yang meminta foto, tetapi kebanyakan foto tidak dipasang atau dimasukkan dalam daftar riwayat hidup. Akan tetapi, disertakan secara terpisah.

Terlalu Banyak Logo atau Gambar
Ada sebagian orang yang menggunakan logo atau gambar tertentu dengan maksud membuat daftar riwayat hidup lebih menarik. Sayangnya, hal ini sangatlah keliru. Anda tidak perlu menyertakan logo atau gambar pada daftar riwayat hidup, karena kesannya akan melenceng dari tujuan pembuatan daftar riwayat hidup. Hal ini bisa saja membuat Anda tidak lolos dalam pengecekan berkas.

Penjelasan Panjang Lebar Tentang Pekerjaan Lama
Ada kalanya orang mencoba menjelaskan secara rinci pekerjaan yang dilakukan sebelumnya, bahkan yang sudah lama sekali. Penjelasan pengalaman kerja memang dibutuhkan dan menjadi bagian dalam daftar riwayat hidup. Akan tetapi, Anda hanya perlu menuliskan hal yang perlu saja. Misalnya, menuliskan dengan ringkas nama perusahaan, jabatan, dan lama kerja.

Mencantumkan Nilai Gaji
Ada beberapa orang yang melakukan kesalahan fatal dengan menuliskan besaran gaji dalam daftar riwayat hidup. Hal ini merupakan cara yang sangat salah dalam usaha Anda memberi kesan yang baik pada perusahaan yang Anda lamar. Penulisan gaji bisa saja menjadi hal yang dipandang tidak sopan. Oleh karena itu, Anda harus menghindari hal satu ini.

Alamat Email yang Terlihat Kurang Profesional
Perusahaan tentu mencari orang yang memiliki profesionalitas. Hal ini dapat dilihat dari penulisan daftar riwayat hidup. Salah satu yang dianggap sepele akan tetapi berdampak besar bagi kesan daftar riwayat hidup Anda adalah alamat email. Gunakan alamat email yang meyakinkan dan bukan nama alamat email yang aneh. Usahakan untuk menggunakan alamat email yang mengandung nama Anda.

Pengulangan Kata
Saat proses seleksi daftar riwayat hidup. Perusahaan akan membaca daftar riwayat hidup. Oleh karena itu, penulisan dan penggunaan kata dalam daftar riwayat hidup harus Anda perhatikan dengan baik. Hindari menggunakan kata yang sama berulang kali dalam penulisan daftar riwayat hidup Anda. Cobalah mencari padanan kata yang sesuai tanpa merubah makna yang ingin Anda tuliskan.

Warna yang Terlalu Mencolok
Salah satu yang sering digunakan dan cukup menjadi tren dalam pembuatan daftar riwayat hidup adalah penggunaan warna. Hal tersebut sebenarnya sah saja, asalkan Anda menggunakannya dalam batasan yang normal. Penggunaan warna yang berlebihan akan mengurangi kesan serius dari daftar riwayat hidup yang Anda buat. Pastikan warna hitam lebih mendominasi daftar riwayat hidup yang Anda buat.

cara membuat riwayat hidup
Cara membuat riwayat hidup

Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Benar

Membuat Bagian Judul
Penulisan judul menjadi keharusan saat Anda membuat daftar riwayat hidup. Pastikan Anda membuatnya dengan singkat. Perhatikan juga penggunaan gaya dalam penulisan judul serta ukuran dari huruf. Gunakan yang paling mudah untuk dibaca dan tidak memberikan kesan yang berlebihan. Hal ini bisa mencerminkan profesionalitas dari daftar riwayat hidup yang Anda buat.

Penulisan Data Pribadi
Penulisan bagian data pribadi sangatlah penting. Tuliskan data pribadi Anda secara rapi dan berurutan. Perhatikan tata letak serta penulisan data diri. Pastikan Anda menuliskannya dengan benar dan hindari salah pengetikan. Sertakan juga kontak baik email maupun nomor telepon yang aktif supaya perusahaan mudah untuk menghubungi Anda.

Bagian data pribadi biasanya akan dibaca dengan cermat oleh perusahaan tempat Anda melamar. Tuliskan hanya data diri yang penting dan relevan. Gunakan juga bahasa formal dalam penulisan data diri Anda. Biasanya data diri memuat informasi mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, dan informasi dasar lainnya.

Riwayat Pendidikan yang Ditempuh
Penulisan riwayat pendidikan tentu jadi bagian yang harus Anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup Anda. Data yang bisa Anda isikan dalam daftar riwayat hidup pada bagian pendidikan, bisa meliputi pendidikan yang bersifat formal hingga pendidikan nonformal. Untuk pendidikan formal Anda perlu menuliskan dari jenjang pendidikan yang paling awal sampai pendidikan terakhir Anda.

Apabila Anda pernah menempuh pendidikan non formal Anda bisa mencantumkannya juga pada daftar riwayat hidup Anda. Buatlah informasi pendidikan non formal tersebut dalam bentuk daftar tabel untuk memberi kesan rapi dan memudahkan perusahaan untuk membacanya. Bentuk pendidikan non formal yang dapat Anda tuliskan bisa berupa sertifikat, kursus, pelatihan, dan lain sebagainya.

Kemampuan yang Dimiliki
Dalam penulisan daftar riwayat hidup, sebisa mungkin Anda mencantumkan berbagai kelebihan yang Anda miliki. Penulisan kemampuan dalam daftar riwayat hidup haruslah relevan dengan bidang kerja yang Anda lamar. Umumnya bidang kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan bisa berupa kemampuan berbahasa atau penggunaan komputer. Kemampuan tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi diri Anda.

Bagian Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja jadi hal yang sangat penting untuk Anda tuliskan. Terutama jika perusahaan memang mensyaratkan pelamar yang sudah berpengalaman. Apabila Anda memiliki pengalaman kerja yang sangat banyak dan cukup beragam, Anda bisa memilih untuk menuliskan yang terbaru serta yang sesuai dengan bidang kerja yang Anda lamar. Bagi Anda lulusan baru, bagian ini bisa tidak Anda sertakan.

Kata Penutup
Penggunaan penutup akan membuat daftar riwayat hidup Anda lebih terstruktur dan formal. Anda tidak perlu membuat kata penutup yang panjang lebar dan kesannya berlebihan. Anda cukup membuat kalimat yang menyatakan bahwa daftar riwayat hidup yang Anda buat dituliskan dengan sebenar-benarnya. Setelah itu, lengkapi bagian ini dengan tanda tangan serta nama lengkap Anda.

Penulisan daftar riwayat hidup dapat menjadi penentu utama bagi diterima tidaknya Anda dalam suatu pekerjaan. Pembuatan daftar riwayat hidup yang tidak tepat dapat memberi kesan yang tidak baik pada diri Anda. Usahakan untuk menghindari beberapa kesalahan umum dalam penulisan daftar riwayat hidup. Serta buatlah daftar riwayat hidup dengan cara yang benar.

Next article Next Post
Previous article Previous Post