Wednesday, May 22, 2019

author photo

Bagaimana cara membuat logo dengan mudah dan cepat? Pasti sebagian besar dari Anda penasaran dengan hal yang satu ini. Seperti yang diketahui membuat logo atau brand sangatlah penting khususnya bagi perusahaan yang sudah berskala besar. Membuat logo pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan, perlu memperhatikan hal hal tertentu agar logo terlihat menarik dan juga bagus.

Lalu mengapa perusahaan membutuhkan sebuah logo? Alasan utamanya yaitu karena melalui sebuah logo perusahaan akan lebih mudah memperkenalkan usaha nya pada pihak lain. Selain itu penggunaan logo ini juga memudahkan masyarakat mengingat tentang perusahaan yang kita jalankan. Nah bagi yang sekarang ini ingin membuat logo, simak beberapa caranya di bawah ini.

Aturan Membuat Logo Bisnis Terlihat Menarik

Mengapa Logo Perusahaan Penting?
Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya tentang hal ini. Seperti yang diketahui di zaman yang semakin canggih dan berkembang ini, logo merupakan salah satu sarana yang digunakan unruk mempromosikan perusahaan lebih mudah dan luas. perlu diketahui bahwa logo mencerminkan bisnis da merupakan sebuah tampilan yang disajikan secara visual.

Desain logo perusahaan berbasis font tipografi
Desain logo perusahaan berbasis font tipografi

Membuat sebuah logo untuk brand atau bisnis sangatlah penting karena akan membuat perusahaan atau bisnis yang Anda miliki terlihat lebih stand out jika sudah masuk dalam sebuah kompetisi. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat logo. Pertimbangan tersebut diperoleh dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli.
  • 95% top brand di dunia menggunakan 1 atau 2 warna saja
  • 41% dari Brand menggunakan tipe stylized sebagai salah satu logo mereka
  • 93% dibuat simpel. Maksudnya ketika digunakan dalam ukuran kecil, orang masih melihat logo perusahaan dengan jelas.
Perlu diperhatikan bahwa dalam pemilihan warna logo nya pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda perlu mencari warna-warna yang sesuai atau mencerminkan tentang bisnis atau usaha Anda. Jangan sampai warna yang Anda pilih tersebut tidak sesuai dengan profil perusahaan Anda sekarang ini

Aturan-aturan Dalam Pembuatan Logo Perusahaan
Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa aturan yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat logo. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum membuat sebuah logo baik untuk bisnis atau kegiatan tertentu.
  • Simple
Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu pastikan untuk membuat desain logo yang simpel. Mengapa? Dengan logo yang simpel orang akan cenderung tertarik untuk melihat karena mudah untuk dipahami. Selain itu logo yang simpel juga sangat fleksibel dan juga efektif.
  • Memorable
Aturan selanjutnya yaitu memastikan bahwa logo yang Anda buat sekarang ini terlihat memorable. Maksudnya yaitu ketika sebuah logo itu mudah dipahami maka akan membantu orang untuk lebih mengingatnya lagi.
  • Abadi
Sebuah logo haruslah abadi. Perlu diketahui bahwa logo yang baik dan efektif biasanya akan bertahan ketika diuji oleh lamanya waktu. Baik selama 10 atau 20 tahun ke depannya logo masih bisa diingat oleh masyarakat.
  • Fleksibel
Sebuah logo yang bagus dan baik harus bisa digunakan dan bekerja dalam berbagai media dan aplikasi. Dengan begitu perusahaan tidak perlu menggonta-ganti logo karena hal tersebut sangat tidak efisien.
  • Sesuai
Terakhir aturan pembuatan logo yang perlu diperhatikan yaitu pastikan logo yang Anda buat tersebut dapat memposisikan sesuai dengan tujuan dari perusahaan atau bisnis yang dicapai. Jangan sampai logo yang dibuat justru tidak sesuai dengan tujuan utama perusahaan Anda.

Dengan logo yang sesuai dengan tujuan dari perusahaan, tentu masyarakat akan lebih mudah untuk mengenal tentang bisnis atau perusahaan Anda dengan cepat tanpa harus menjelaskannya dengan panjang lebar.

Cara Membuat Logo Dengan Logomakr.com
Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat logo secara online. Selain mudah Anda tidak perlu mendownload aplikasi sehingga akan mengambil ruang penyimpanan pada komputer atau laptop Anda. Salah satu aplikasi pembuatan logo yang sudah sangat terkenal adalah aplikasi Logomakr.com. Bagi yang ingin mencobanya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs Logomakr.com.
  2. Jika sudah, maka Anda akan diarahkan pada halaman website yang mana nantinya akan muncul tampilan video tutorial cara menggunakan aplikasi yang satu ini. Jika Anda baru pertama kali menggunakannya maka silahkan untuk menonton video nya dulu agar mengetahui berbagai fitur yang tersedia.
  3. Setelah Anda benar-benar memahami langkah-langkah yang sudah dijelaskan di video, maka Anda bisa menutupnya. Selanjutnya Anda kana diarahkan ke halaman kerja dari Logomakr.com.
  4. Selanjutnya jika Anda ingin membuat logo berbentuk Teks, maka Anda bisa memiliki tombol “T” pada bagian toolbar Logomakr.com. Anda bisa mengetikkan nama logo bisnis Anda dan pilih jenis huruf yang ingin Anda gunakan.
  5. Jika sudah, langkah selanjutnya Anda bisa menambahkan beberapa ikon yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Misalnya Anda memiliki usaha atau bisnis yang berhubungan dengan tanaman makan Anda bisa mengetikkan kata kunci “Plant” pada bagian kolom pencarian. Setelah itu akan muncul banyak ikon yang tentunya bisa Anda gunakan secara gratis.
  6. Perlu diketahui, jika Anda ingin menghapus atau sekadar menduplikasi sebuah objek di halaman kerja Logomakr.com maka Ana bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada objek dan pilih menu (Duplicate, Delete, Cut, dan lainnya)
  7. Agar tampilan logo semakin bagus dan menarik maka Anda bisa menambahkan shapes sebagai backgroud logo atau mengubah warna teks ikon yang dibuat sebelumnya dengan warna yang diinginkan. Namun perlu diperhatikan, pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.
  8. Untuk mengubah warna teks pada Logomakr.com ini sangatlah muda yaitu Anda hanya perlu menggunakan fitur diagram warna yang tersedia pada sisi bagian kanan halaman kerja Anda.
  9. Setelah selesai membuat logo maka Anda harus menyimpannya agar bisa digunakan. Untuk menyimpan logo yang sudah dibuat sebelumnya, Anda hanya perlu memilih ikon save pada bagian atas kanan halaman kerja yang Anda gunakan.
  10. Jika sudah, selanjutnya akan muncul halaman download yang terdiri dari dua pilihan yaitu opsi berbayar dan opsi logo gratis. Bagi Anda yang ingin mendownload nya secara gratis, maka tinggal memilih “Download And Agree To Credit” dengan syarat ketentuan berlaku.
Sebenarnya selain Logomakr.com masih ada banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat logo bisnis secara online dengan mudah dan gratis. Dalam membuat logo memang dibutuhkan imajinasi dan juga kreativitas agar hasil logo bisa menarik dan sesuai dengan harapan Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan seperti Logater, Logojoy, Hatcful, GraphicSrings dan masih banyak lagi.


Nah, Demikianlah penjelasan singkat tentang cara membuat logo perusahaan atau bisnis dengan mudah. Selain menggunakan aplikasi diatas, Anda juga masih bisa menggunakan aplikasi lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sekarang ini.. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda!

Next article Next Post
Previous article Previous Post