Friday, May 24, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Biasanya saat wawancara kerja Anda akan ditanya apakah Anda mengenal perusahaan yang dilamar tersebut. Atau bisa juga pertanyaannya seberapa banyak Anda mengenal perusahaan tersebut. Nah, yang ditanyakan itu sebenarnya adalah apa yang disebut dengan profil perusahaan atau company profile. Setiap perusahaan biasanya memiliki sebuah profil yang merupakan identitas dan pembeda dari perusahaan yang lainnya.

Company profile juga bisa Anda jumpai kala pertama kali Anda masuk kerja pada sebuah perusahaan. Biasanya mereka akan memberikan sedikit gambaran dan penjelasan mengenai profil perusahaan kepada staf atau karyawan baru. Tujuannya adalah agar karyawan yang baru bergabung tersebut mengenal dan mengetahui apa dan bagaimana perusahaan tempatnya bekerja. Termasuk di dalamnya terdapat sejarah pendirian perusahaan.

Company profile bisnis kuliner ukm
Company profile bisnis kuliner ukm

Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan profil perusahaan? Lebih jelasnya kami akan jabarkan lewat penjelasan di bawah ini.

Tentang Profil Perusahaan atau Company Profile

Definisi Profil Perusahaan
Yang dimaksud dengan profil perusahaan atau company profile adalah sebuah deskripsi atau penggambaran secara singkat mengenai sebuah perusahaan yang berisi mengenai sejarah pendirian, status dan juga tujuan jangka panjang yang hendak dicapai. Intinya company profile akan berisi tentang semua informasi penting yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Fungsi Profil Perusahaan
Apa sebenarnya kegunaan atau fungsi dari dibuatnya company profile oleh perusahaan? Bagaimana profil perusahaan bisa mempengaruhi kondisi bisnis yang dijalankan? Profil perusahaan berfungsi untuk membuat calon klien atau pihak yang akan bekerjasama semakin tertarik.

Untuk itulah biasanya company profile diperlukan saat perusahaan akan mencari investor, calon konsumen atau pembeli dan saat akan menjalin kerjasama dengan rekanan bisnis. Tentunya profil perusahaan yang dibuat dengan sebagus mungkin akan lebih membuat orang tertarik.

Isi Profil Perusahaan
Sebagai bentuk deskripsi atau penggambaran mengenai sebuah perusahaan sudah pasti isi dari profil perusahaan harus memenuhi kriteria tersebut. Company profile pada umumnya berisi mengenai gambaran perusahaan secara umum, tentang apa dan bagaimana bisnis yang dijalankan dan informasi penting lainnya yang bermanfaat bagi calon investor, rekanan maupun konsumen.

Tujuan Pembuatan Profil Perusahaan
Bukan tanpa alasan dan tujuan sebuah perusahaan membuat company profile. Sudah sedikit diulas di bagian sebelumnya bahwa profil perusahaan akan sangat dibutuhkan saat kita sedang mencari investor, konsumen atau pembeli dan saat akan melakukan kerjasama dengan rekanan bisnis.

Jadi dengan begitu bisa dikatakan bahwa tujuan dari dibuatnya company profile adalah sebagai sarana pemasaran atau marketing untuk menarik calon klien. Atau bisa juga dikatakan bahwa pembuatan profil perusahaan adalah untuk menjajaki segmen baru atau pasar baru bagi bisnis yang akan menambah kemajuan bagi perusahaan itu sendiri.

Melihat sebegitu pentingnya company profile untuk sebuah perusahaan memang perlu cara atau strategi dalam membuatnya. Agar profil yang dibuat bisa mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi perusahaan buatlah yang menarik orang lain.

Ada beberapa tips dan trik agar profil perusahaan atau company profile yang dibuat bisa bagus dan menarik orang lain dalam hal ini adalah calon investor, pembeli/ konsumen dan juga rekanan. Bagaimanakah cara membuat profil perusahaan yang bagus? Jawabannya bisa ditemukan dibawah ini.

Tips Untuk Membuat Company Profile yang Menarik

Jangan Lupakan Sejarah
Anda pastinya sudah sangat sering mendengar kata jasmerah yang artinya jangan melupakan sejarah. Ternyata dalam pembuatan profil perusahaan kita juga tidak boleh lupa pada sejarah.

Dalam hal ini yang dimaksud adalah cantumkan bagaimana sejarah pendirian perusahaan dalam profil yang dibuat. Termasuk dalam sejarah ini adalah apa yang menjadi alasan dan landasan didirikannya perusahaan tersebut.

Jadi jangan lupa untuk menuliskan informasi tersebut dalam profil perusahaan. Tujuannya adalah agar nantinya pihak-pihak yang akan terlibat dalam bisnis akan memahami bagaimana sejarah dan pengalaman perusahaan serta kondisi personal atau individu dan tim yang ada di dalamnya.

Sertakan Visi dan Misi Perusahaan
Karena profil perusahaan akan berfungsi sebagai alat untuk pemasaran yang akan menarik calon klien maka sangat penting untuk mencantumkan apa yang menjadi visi dan misi. Apakah itu visi dan misi? Visi adalah tujuan atau cita-cita yang ingin diwujudkan (what to be) oleh sebuah perusahaan sedangkan misi adalah strategi untuk mewujudkan visi (how to be).

Dengan visi dan misi yang jelas akan semakin mudah untuk membuat orang tertarik untuk bekerjasama. Tanpa visi dan misi bisa dikatakan investor atau pihak lainnya yang akan bekerjasama ibarat akan membeli kucing dalam karung ini tentu sangat tidak menguntungkan bagi perusahaan.

Struktur Organisasi Dibuat Dengan Jelas
Mengapa harus dituliskan juga struktur organisasi yang ada pada perusahaan saat membuat company profile? Tentunya sebagai orang yang akan menginvestasikan uangnya kepada pihak lain para investor berhak mengetahui kompetensi dari operator di perusahaan dalam hal ini adalah manajemennya. Dengan mencatumkan struktur organisasi akan membuat orang lain dengan mudah mengetahui siapa saja yang memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis tersebut.

Sertakan Prestasi dan Kinerja Perusahaan
Siapa yang tidak akan senang menjalani bisnis dengan perusahaan yang memiliki kinerja serta prestasi yang bagus? Pastinya semua investor atau rekanan bisnis akan menyukainya.
Nah, untuk itulah dalam profil perusahaan sangat penting untuk mencantumkan juga apa saja prestasi yang pernah diraih dan bagaimana gambaran umum kinerja dari perusahaan. Semua prestasi dan hasil kerja bisa Anda tampilkan dalam bentuk tulisan, gambar atau juga grafik.

Itulah beberapa tips dan trik agar Anda bisa menyusun dan membuat profil perusahaan yang menarik calon klien. Semakin banyak klien baik investor, pembeli atau rekanan yang tertarik dengan company profile semakin besar juga kemungkinan untuk melakukan kerjasama. Itu artinya keuntungan semakin terlihat di depan mata.

Untuk menyempurnakan profil perusahaan yang dibuat Anda bisa mengikuti beberapa panduan di bawah ini.

Panduan Membuat Company Profile

Buatlah Logo dari Perusahaan
Mengapa logo menjadi hal yang penting? Karena logo bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah organisasi atau perusahaan yang akan membedakannya dengan lainnya. Sehingga mencantumkan logo di dalam profil perusahaan sudah seperti menjadi sebuah hal yang wajib.

Sampaikan Informasi yang Menarik
Karena fungsi dari profil perusahaan adalah sebagai alat marketing sebaiknya Anda memberikan informasi yang baik tentang perusahaan itu sendiri. Track record yang bagus dari perusahaan tentu akan lebih menarik calon klien.

Sebutkan Jenis Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Bagaimana orang lain akan bekerjasama dengan perusahaan kita jika mereka tidak mengetahui secara jelas dan detail produk atau jasa yang ditawarkan. Dari jenis produk atau jasa yang ditawarkan tersebut investor akan bisa memprediksikan bagaimana prospeknya pada beberapa tahun ke depan. Apakah akan bisa bertahan dalam jangka panjang dan menguntungkan atau hanya musiman saja.

Siapa yang Menjadi Target Marketnya

Berkaitan dengan jenis barang dan jasa yang ditawarkan adalah siapa yang akan menjadi target marketnya. Apakah semua gender, semua usia ataukah hanya gender dan kalangan usia tertentu saja. Bisa ditambahkan juga apakah kalangan menengah ke bawah atau kalangan menengah ke atas.

Next article Next Post
Previous article Previous Post