Friday, May 24, 2019

author photo

Anda pastinya sudah sering mendengar istilah visi dan misi. Biasanya setiap perusahaan, sekolah dan instansi lainnya pasti memiliki apa yang disebut dengan visi dan misi tersebut. Intinya setiap organisasi akan memiliki apa yang disebut dengan visi atau vision dan juga misi alias mission.

Setiap organisasi akan memiliki visi dan misi yang berbeda tergantung apa yang menjadi tujuan awal dari pendiriannya. Visi dan misi umumnya akan dituangkan secara tertulis agar semua anggota serta pihak-pihak yang terkait mengetahui dan memahami tujuan didirikannya sebuah organisasi tersebut.

Tetapi meskipun kerap disebutkan dalam sebuah kesatuan namun sebenarnya visi dan misi adalah dua hal yang berbeda. Kedua istilah tersebut memiliki definisi yang berbeda meskipun sering disebut secara bersamaan. Untuk lebih memahami dimana perbedaan kedua istilah tersebut akan kita bahas di bawah ini.

Cara mudah merumuskan visi dan misi jangka panjang
Cara mudah merumuskan visi dan misi jangka panjang

Perbedaan Visi dan Misi

Pengertian Visi dan Misi
Untuk bisa mengetahui dimana letak perbedaan kedua kata tersebut kita harus mengetahui definisi dari masing-masing istilah tersebut. Lebih jelasnya seperti berikut ini.

Visi : Merupakan tujuan, arah, cita-cita jangka panjang yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi termasuk di dalamnya tercantum bagaimana cara untuk bisa mencapai terwujudnya apa yang menjadi visi tersebut. Visi pada umumnya dituangkan secara tertulis oleh pendiri perusahaan atau organisasi. Di dalam visi akan tercantum juga ke mana arah kebijakan manajemen dari sebuah organisasi.

Misi : Semua langkah, taktik atau strategi yang dilakukan oleh sebuah organisasi, perusahaan atau instansi tertentu untuk bisa mewujudkan visi yang telah dibuat. Atau bisa juga dikatakan bahwa misi adalah bentuk penjabaran lengkap dari visi sebuah organisasi. Sehingga misi biasanya dituangkan ke dalam kalimat yang lebih panjang dan detail.

Syarat Visi dan Misi

Agar bisa memenuhi syarat sebagai sebuah visi dan misi ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Penjelasannya sebagai berikut.

Syarat Visi : Visi haruslah memiliki pandangan yang berorientasi terhadap masa yang akan datang atau masa depan yang merupakan bentuk dari ekspresi dan kreativitas. Visi dibuat tidak berdasarkan kondisi yang ada sekarang dan disusun didasarkan pada nilai dan prinsip penghargaan pada masyarakat.

Syarat Misi : Misi seharusnya berisi beberapa pernyataan yang sifatnya lebih detail dan terperinci. Misi tersebut bersifat khusus dan dapat dilakukan perubahan yang menyesuaikan dengan kondisi serta situasi tapi tetap berpegangan pada visi yang telah ditetapkan.

Manfaat Visi dan Misi

Sebagai sebuah tujuan, arah dan cita-cita yang ingin dicapai dalam jangka panjang sudah barang tentu sebuah visi yang kemudian dijabarkan ke dalam misi mempunyai manfaat bagi organisasi. Apakah manfaat dari visi dan misi tersebut? Secara singkat akan dijelaskan sebagai berikut.

Manfaat dari Visi : Bagi sebuah organisasi atau perusahaan visi merupakan jembatan penghubung masa sekarang dengan masa yang akan datang. Selain itu visi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja, menumbuhkan sense of belonging atau rasa memiliki anggota terhadap organisasi serta meningkatkan tanggungjawab anggota/ karyawan.

Manfaat dari Misi : Sebagai pedoman dalam membuat pedoman atau strategi dalam organisasi/ perusahaan, membuat organisasi menjadi lebih sehat, untuk memberikan pedoman bagi individu untuk memahami tujuan organisasi serta sebagai dasar untuk membuat tujuan organisasi merupakan manfaat dari misi. Di samping itu misi juga berguna untuk merangsang organisasi agar mampu bersaing dengan lainnya.

Setelah sedikit memahami tentang definisi visi dan misi dilengkapi dengan apa saja manfaat dari keduanya akan semakin memudahkan kita dalam membuat dan menentukan hal tersebut. Membuat visi dan misi memang bukanlah hal yang sepele dan mudah dilakukan tetapi bukan berarti juga hal tersebut sangat sulit dibuat. Dengan beberapa panduan maka membuat visi dan misi bukanlah sebuah masalah yang terlalu berat lagi.

Sebagai contoh akan dijabarkan dibawah ini beberapa panduan dalam cara untuk membuat visi dan misi.

Contoh Panduan Dalam Membuat Visi

Apa yang Menjadi Visi Organisasi di Masa Mendatang
Sesuai dengan definisi visi yaitu merupakan tujuan, cita-cita atau arah tujuan yang ingin dicapai sebuah organisasi atau perusahaan di masa depan maka itulah hal pertama yang harus dibuat.

Apa sebenarnya yang ingin diraih atau dicapai oleh organisasi atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Misalnya apa yang ingin diraih perusahaan dalam waktu 10 tahun ke depan dalam pasar global? Dari pertanyaan inilah Anda bisa mulai menyusun visi dan misi.

Apa yang Menjadi Fokus di Masa yang Akan Datang
Pertanyaan berikutnya yang harus dijawab saat membuat visi dan misi adalah hal apa yang akan dijadikan fokus oleh organisasi/ perusahaan di masa mendatang. Ini akan berkaitan dengan strategi apa nantinya yang akan dilakukan untuk mewujudkannya.

Sebagai contoh apakah perusahaan atau organisasi dalam kurun waktu 10 tahun ke depan hanya akan berkecimpung di pasar lokal atau melakukan ekspansi dengan melakukan eksport ke luar negeri.

Target Organisasi Untuk Jangka Waktu Tertentu
Sejak awal akan membuat sebuah visi perusahaan atau organisasi sudah harus mengetahui dengan jelas apa yang ingin diwujudkan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya dalam waktu 5 tahun atau 10 tahun seperti apakah kemajuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Apakah jumlah konsumen mencapai 50% dari pasar lokal, pengadaan mesin terbaru dan lain sebagainya.

Nah, setelah Anda memiliki gambaran tentang bagaimana menyusun visi bagi organisasi atau perusahaan kini saatnya untuk membuat misinya. Sebagai penjabaran detail dari visi maka misi sebaiknya memenuhi beberapa kondisi dibawah ini.

Kriteria dari Misi yang Bagus

Sederhana dan Jelas
Misi yang bagus justru tidak perlu terlalu panjang dan berbelit-belit tetapi sebaliknya cukup yang sederhana namun jelas. Membuat misi cukup dijabarkan dalam 2-3 kalimat pernyataan yang rinci saja tidak perlu panjang tapi tidak jelas maksudnya. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah dalam membuat misi jangan memakai jargon-jargon organisasi atau perusahaan.

Valid dan Sesuai Untuk Digunakan Jangka Panjang
Sebuah misi haruslah mencakup sesuatu yang sesuai dengan perkembangan di masa yang akan datang. Misi yang bagus akan mampu menyesuaikan perkembangan hingga setidaknya 20 tahun ke depan. Tentunya misi tersebut haruslah tetap valid hingga jangka waktu yang akan datang.

Fokus Pada Masa Sekarang
Meskipun misi adalah penjabaran tujuan organisasi di masa depan namun sebaiknya jangan hanya terpaku sepenuhnya dengan masa yang akan datang. Karena untuk mencapai tujuan di masa depan akan dimulai dengan langkah sekarang sebaiknya misi tetap fokus pada strategi di masa kini.

Mudah Dipahami

Seperti poin yang pertama bahwa membuat misi yang bagus haruslah mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan. Tujuannya agar misi tersebut mudah untuk sosialisasikan dan didiskusikan oleh pihak internal maupun pihak yang berasal dari luar perusahaan seperti para stakeholder.

Next article Next Post
Previous article Previous Post