Wednesday, May 22, 2019

author photo

Sebagian besar pasti sudah sering mendengar istilah bauran promosi. Jika berbicara tentang penjualan, promosi menjadi salah satu hal yang penting dan wajib untuk dilakukan. Promosi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mana bertujuan untu memperkenalkan dan memberitahukan sebuah produk agar mendorong konsumen tertarik untuk membeli produk yang di promosikan tersebut.

pengertian bauran promosi
Pengertian bauran promosi

Sedangkan untuk bauran promosi atau biasa disebut dengan istilah promotion mix merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran yang mana masuk dalam sebuah ilmu manajemen pemasaran. Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa sebuah promosi tidak akan bisa dipisahkan pada pemasaran itu sendiri, sehingga tanpa adanya promosi pemasaran sama sekali tidak akan berjalan.

Mengenal Tentang Bauran Promosi Beserta Jenisnya

Tentang Bauran Promosi
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pengertian dari bauran promosi adalah sebuah kombinasi strategi yang paling baik dari berbagai variabel periklanan, personal selling dan beberapa alat promosi lainnya. Semua promosi yang dilakukan tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dari program penjualan yang dibuat oleh perusahaan.

Lalu seberapa besar manfaat promosi dalam sebuah pemasaran atau penjualan? Sebenarnya ada banyak sekali manfaat promosi baik yang dirasakan langsung maupun tidak langsung. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui tentang kegiatan promosi, yaitu:

  • Customer Loyalty
Manfaat yang bisa dirasakan dalam sebuah kegiatan promosi yaitu dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan adanya loyalitas ini para konsumen setia Anda nantinya tidak beralih menggunakan produk dari kompetitor.

  • Media Komunikasi
Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan, promosi dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi penting. Informasi yang disampaikan tersebut berkaitan dengan jenis produk dan manfaat dari produk itu sendiri.

  • Pertahanan
Tahukah Anda promosi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempertahankan image atau citra dari perusahaan atau bisnis Anda. Dengan adanya promosi ini kompetitor tidak akan berani melakukan serangan terhadap perusahaan atau bisnis Anda.

  • Trial And Repeat Buying
Manfaat dari promosi selanjutnya adalah sebagai trial and repeat buying. Dengan melakukan kegiatan promosi dapat meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan konsumen baru dan juga pembelian yang berulang-ulang.

  • Membangun Merek
Satu lagi manfaat dari kegiatan promosi yang dilakukan yaitu untuk meningkatkan “Brand Awareness” dan juga “Brand Airing” sehingga akan membuat produk dari bisnis Anda menjadi “Top of Mind” di Masyarakat. Dengan Branding yang terbentuk akan memperkokoh sebuah perusahaan di mata masyarakat.

Jenis-Jenis Bauran Promosi

Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa jenis bauran promosi yang bisa Anda jumpai. Umumnya perusahaan memilih untuk melakukan salah satu jenis promosi atau semuanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana jika dijalankan dengan benar.

  • Periklanan
Untuk jenis yang pertama ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Periklanan sendiri merupakan sebuah bentuk komunikasi non individual yang mana dilakukan dengan menggunakan media tertentu. Kegiatan tersebut umumnya dilakukan oleh perusahaan, organisasi non laba dan para individu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Adapun tujuan utama periklanan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan atau diproduksi oleh perusahaan. Secara umum periklanan ini bersifat masal atau tidak di tunjukan untuk individu secara khusus. Beberapa contoh periklanan yang sering digunakan untuk promosi seperti poster, brosur, iklan televisi, spanduk, dan lain-lain.

  • Personal Selling
Personal Selling adalah sebuah usaha yang ditujukan untuk memperkenalkan suatu produk melalui tatap muka atau komunikasi secara langsung. Komunikasi secara langsung ini memiliki tujuan agar customer mudah tertarik pada produk yang ditawarkan.

Dengan Personal Selling, beberapa kemungkinan akan terjadi kepada penjual. Pertama, penjual mungkin akan mengetahui bagaimana karakter pembeli ketika bertatapan langsung. Kedua, penjual mungkin akan lebih cepat mendapatkan respons dari pembeli. Ketiga, penjual dapat menjalin hubungan baik dengan pembeli.

Cara Membuat Program Promosi Penjualan

  • Tentukan Besar Insentif
Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan besarnya intensif atau the size of the incentive. Mengetahui besar intensive sangat diperlukan karena hal ini merupakan salah satu pokok penting dalam promosi. Jika besarnya intensive semakin tinggi, semakin meningkat pula minat customer untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Perlu diketahui, semakin tinggi besaran intensif, maka perusahaan pun juga harus menyiapkan budget yang banyak. Sebagai gambarannya, calon konsumen akan lebih tertarik dengan diskon 75% yang ditawarkan oleh perusahaan dibandingkan dengan diskon 10%.

  • Tentukan Syarat-syarat  Partisipasi
Cara selanjutnya adalah menentukan syarat-syarat partisipasi atau disebut dengan conditions of participation. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah calon konsumen atau partisipan yang bisa menikmati intensif promosi penjualan. Dengan begitu, hanya partisipan yang memenuhi syarat lah yang dapat menikmati intensif promosi tersebut.

Contoh dari penentuan syarat untuk partisipasi yaitu “Buy 2 Disc20% Buy 3 Disc35%, Diskon 40% khusus untuk pelajar dengan syarat menyertakan kartu pelajar yang sedang berlaku, Gratis pulsa 20 ribu untuk pembelian minimal 100 ribu, dan lain sebagainya.

  • Tentukan Lamanya Waktu Promosi
Ketika Anda melakukan intensive promosi, Anda harus merencanakan berapa lama Anda akan melakukan promosi. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan batasan waktu kapan konsumen bisa menikmati promosi tersebut. Dengan mengetahui deadline atau batas waktu promosi, konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli produk yang dijual sejak dibukanya promo.

  • Tentukan Sarana Penyaluran untuk promosi
Berbicara tentang sarana penyaluran atau distribusi, sebenarnya ada banyak sarana yang dapat Anda gunakan untuk promosi Anda. Beberapa sarana tersebut bisa berupa kupon yang disematkan pada kemasan produk atau diletakkan di dalam barang. Dengan adanya sarana tersebut, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Nah, promosi dengan sarana distribusi ini hanya berlaku untuk konsumen yang datang langsung ke toko, atau bisa juga dikirim melalui POS jika memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

  • Tentukan waktu yang tepat
Satu hal yang juga sama pentingnya dibandingkan yang lainnya adalah menetapkan waktu yang tepat. Jangan sampai Anda salah memilih waktu untuk promosi. Anda perlu mengetahui momentum yang sangat menguntungkan untuk Anda. Seperti contohnya adalah momentum lebaran. Pada momen ini, kebutuhan barang selama puasa dan lebaran akan meningkat. Tentu ini akan sangat menguntungkan.

Momen lain yang juga dapat Anda pergunakan untuk melakukan promosi adalah ketika hari natal datang. Pada momen tersebut, Anda dapat mempromosikan barang-barang yang sedang dibutuhkan masyarakat sehingga Anda dapat meraup keuntungan besar.


Demikian sedikit ulasan tentang pengertian bauran promosi, jenis dan cara membuatnya. Membuat promosi dalam sebuah bauran pemasaran tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perlu pemikiran yang matang agar promosi yang dibuat tersebut sesuai dengan tujuan dari perusahaan yang diinginkan. Pastikan bahwa promosi yang Anda buat menarik dan mudah diingat. Semoga bermanfaat!

Next article Next Post
This Is The Oldest Page