Sebagian
besar pasti sudah sering mendengar istilah bauran promosi. Jika berbicara
tentang penjualan, promosi menjadi salah satu hal yang penting dan wajib untuk
dilakukan. Promosi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mana bertujuan untu memperkenalkan dan memberitahukan sebuah produk agar
mendorong konsumen tertarik untuk membeli produk yang di promosikan tersebut.
 |
Pengertian bauran promosi |
Sedangkan
untuk bauran promosi atau biasa disebut dengan istilah promotion mix merupakan
salah satu bagian dari bauran pemasaran yang mana masuk dalam sebuah ilmu
manajemen pemasaran. Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa sebuah
promosi tidak akan bisa dipisahkan pada pemasaran itu sendiri, sehingga tanpa
adanya promosi pemasaran sama sekali tidak akan berjalan.
Mengenal Tentang Bauran Promosi Beserta Jenisnya
Tentang Bauran Promosi
Seperti
yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pengertian dari bauran promosi adalah
sebuah kombinasi strategi yang paling baik dari berbagai variabel periklanan,
personal selling dan beberapa alat promosi lainnya. Semua promosi yang
dilakukan tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dari program penjualan yang
dibuat oleh perusahaan.
Lalu
seberapa besar manfaat promosi dalam sebuah pemasaran atau penjualan?
Sebenarnya ada banyak sekali manfaat promosi baik yang dirasakan langsung
maupun tidak langsung. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui
tentang kegiatan promosi, yaitu:
Manfaat
yang bisa dirasakan dalam sebuah kegiatan promosi yaitu dapat meningkatkan
loyalitas konsumen. Dengan adanya loyalitas ini para konsumen setia Anda
nantinya tidak beralih menggunakan produk dari kompetitor.
Manfaat
selanjutnya yang bisa dirasakan, promosi dapat membantu sebuah perusahaan untuk
menyampaikan informasi-informasi penting. Informasi yang disampaikan tersebut
berkaitan dengan jenis produk dan manfaat dari produk itu sendiri.
Tahukah
Anda promosi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempertahankan
image atau citra dari perusahaan atau bisnis Anda. Dengan adanya promosi ini
kompetitor tidak akan berani melakukan serangan terhadap perusahaan atau bisnis
Anda.
Manfaat
dari promosi selanjutnya adalah sebagai trial and repeat buying. Dengan
melakukan kegiatan promosi dapat meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan
untuk terus mendapatkan konsumen baru dan juga pembelian yang berulang-ulang.
Satu
lagi manfaat dari kegiatan promosi yang dilakukan yaitu untuk meningkatkan
“Brand Awareness” dan juga “Brand Airing” sehingga akan membuat produk dari
bisnis Anda menjadi “Top of Mind” di Masyarakat. Dengan Branding yang terbentuk
akan memperkokoh sebuah perusahaan di mata masyarakat.
Jenis-Jenis Bauran Promosi
Seperti
yang diketahui bahwa ada beberapa jenis bauran promosi yang bisa Anda jumpai.
Umumnya perusahaan memilih untuk melakukan salah satu jenis promosi atau
semuanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun perlu diketahui bahwa hal
tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana jika dijalankan dengan benar.
Untuk
jenis yang pertama ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Periklanan sendiri merupakan
sebuah bentuk komunikasi non individual yang mana dilakukan dengan menggunakan
media tertentu. Kegiatan tersebut umumnya dilakukan oleh perusahaan, organisasi
non laba dan para individu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Adapun
tujuan utama periklanan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan permintaan
atas produk yang ditawarkan atau diproduksi oleh perusahaan. Secara umum
periklanan ini bersifat masal atau tidak di tunjukan untuk individu secara khusus. Beberapa contoh
periklanan yang sering digunakan untuk promosi seperti poster, brosur, iklan
televisi, spanduk, dan lain-lain.
Personal
Selling adalah sebuah usaha yang ditujukan untuk memperkenalkan suatu produk
melalui tatap muka atau komunikasi secara langsung. Komunikasi secara langsung
ini memiliki tujuan agar customer mudah tertarik pada produk yang ditawarkan.
Dengan
Personal Selling, beberapa kemungkinan akan terjadi kepada penjual. Pertama,
penjual mungkin akan mengetahui bagaimana karakter pembeli ketika bertatapan
langsung. Kedua, penjual mungkin akan lebih cepat mendapatkan respons dari
pembeli. Ketiga, penjual dapat menjalin hubungan baik dengan pembeli.
Cara Membuat Program Promosi Penjualan
Cara
pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan besarnya intensif atau
the size of the incentive. Mengetahui
besar intensive sangat diperlukan karena hal ini merupakan salah satu pokok
penting dalam promosi. Jika besarnya intensive semakin tinggi, semakin
meningkat pula minat customer untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Perlu
diketahui, semakin tinggi besaran intensif, maka perusahaan pun juga harus
menyiapkan budget yang banyak. Sebagai gambarannya, calon konsumen akan lebih
tertarik dengan diskon 75% yang ditawarkan oleh perusahaan dibandingkan dengan
diskon 10%.
- Tentukan
Syarat-syarat Partisipasi
Cara
selanjutnya adalah menentukan syarat-syarat partisipasi atau disebut dengan
conditions of participation. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah calon
konsumen atau partisipan yang bisa menikmati intensif promosi penjualan. Dengan
begitu, hanya partisipan yang memenuhi syarat lah yang dapat menikmati intensif promosi tersebut.
Contoh dari penentuan syarat
untuk partisipasi yaitu “Buy 2 Disc20% Buy 3 Disc35%, Diskon 40% khusus untuk
pelajar dengan syarat menyertakan kartu pelajar yang sedang berlaku, Gratis
pulsa 20 ribu untuk pembelian minimal 100 ribu, dan lain sebagainya.
- Tentukan Lamanya Waktu
Promosi
Ketika
Anda melakukan intensive promosi, Anda harus merencanakan berapa lama Anda akan melakukan promosi. Hal ini juga bertujuan untuk
memberikan batasan waktu kapan konsumen bisa menikmati promosi tersebut. Dengan
mengetahui deadline atau batas waktu promosi, konsumen akan mempertimbangkan
untuk membeli produk yang dijual sejak dibukanya promo.
- Tentukan Sarana
Penyaluran untuk promosi
Berbicara
tentang sarana penyaluran atau distribusi, sebenarnya ada banyak sarana yang
dapat Anda
gunakan untuk promosi Anda. Beberapa sarana tersebut bisa berupa kupon yang
disematkan pada kemasan produk atau diletakkan di dalam barang. Dengan adanya
sarana tersebut, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.
Nah, promosi dengan sarana
distribusi ini hanya berlaku untuk konsumen yang datang langsung ke toko, atau
bisa juga dikirim melalui POS jika memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.
- Tentukan waktu yang
tepat
Satu
hal yang juga sama pentingnya dibandingkan yang lainnya adalah menetapkan waktu
yang tepat. Jangan sampai Anda salah memilih waktu untuk promosi. Anda perlu
mengetahui momentum yang sangat menguntungkan untuk Anda. Seperti contohnya adalah momentum lebaran. Pada
momen ini, kebutuhan barang selama puasa dan lebaran akan meningkat. Tentu ini
akan sangat menguntungkan.
Momen
lain yang juga dapat Anda pergunakan untuk melakukan promosi adalah ketika hari
natal datang. Pada momen tersebut, Anda dapat mempromosikan barang-barang yang sedang
dibutuhkan masyarakat sehingga Anda dapat meraup keuntungan besar.
Demikian
sedikit ulasan tentang pengertian bauran promosi, jenis dan cara membuatnya.
Membuat promosi dalam sebuah bauran pemasaran tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perlu pemikiran yang matang
agar promosi yang dibuat
tersebut sesuai dengan tujuan dari perusahaan yang diinginkan. Pastikan bahwa
promosi yang Anda buat menarik dan mudah diingat. Semoga bermanfaat!