Friday, May 24, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Email marketing sendiri sangat penting sebagai salah satu marketing channel dalam semua bisnis. Karena memiliki efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan beberapa media sosial yang ada. Dengan email marketing ini Anda juga tidak membutuhkan biaya besar. Apalagi saat ini sudah tersedia layanan email blast yang gratis.

Email marketing efektif untuk pengguna smartphone
Email marketing efektif untuk pengguna smartphone


Berikut Pengertian Email Blast dan Caranya

Pengertian Email Blast
Email blast ini termasuk istilah yang sering digunakan untuk aktivitas mengirim email kepada banyak penerima dan dalam waktu bersamaan. Selain itu kebanyakan email blast ini digunakan sebagai tujuan marketing. Jadi mayoritas penyedia layanan email massal menyebut perusahaan sebagai platform email marketing.

Anda juga tidak dapat menggunakan platform penyedia email biasa untuk mengirim email marketing. Karena jumlah email yang dikirim biasanya akan cukup besar. Akan ada juga banyak fitur email marketing yang tidak tersedia dalam email biasa. Baik email otomatis, laporan, segmentasi audiens dan analisis performa email itu sendiri. Berikut contoh tampilan email marketing di mobile device, untuk versi browsernya dapat kamu akses melalui tautan: mailchi.mp krv

Contoh email marketing dari Karinov
Contoh email marketing dari Karinov

Cara Email Blast

Untuk cara email blast ini dengan mencari software dan mengetikkan kata kunci. Kebanyakan software email marketing sendiri mampu membantu Anda secara efisien dalam mengelola database dari pelanggan.

Biasanya berisi sebuah platform dan Anda dapat melakukan email blast serta melakukan pengiriman secara massal. Saat mencari software pastikan pilih yang mudah digunakan dan sesuai dengan Anda.

Definisi Email Marketing

Definisi email marketing ini termasuk sebuah tindakan untuk mengirimkan pesan komersil. Mulai dari penawaran, promo, diskon, produk, penawaran membership dan yang lainnya.

Hal tersebut ditujukan kepada sekelompok orang yang menggunakan media email. Selain itu bisa dikatakan juga sebagai rangkaian kegiatan pemasaran secara digital. Mulai dari mengumpulkan email sampai melakukan pengiriman email secara massal.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Platform

Tujuan Perusahaan
Sebelum Anda memilih layanan platform email blast. Anda harus memahami tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan yang Anda miliki. Memahami tujuan kampanye perusahaan melalui email supaya dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak menghambur-hamburkan uang untuk fitur yang tidak dibutuhkan.

Template Email
Ketersediaan template email ini perlu dipertimbangkan. Apalagi saat memilih platform email blast. Jadi dengan adanya berbagai pilihan template, maka Anda dapat membuat email menjadi tidak membosankan dan lebih menarik.

Layanan Gratis dan Berbayar
Meskipun beberapa perusahaan menyediakan layanan email blast gratis. Tapi masih dengan fitur yang terbatas dan salah satunya Mailchimp. Memungkinkan pengguna layanan email untuk mengirimkan email marketing maksimal sampai 12.000 email setiap bulan dan kepada subscriber sebanyak 2.000.

Sedangkan untuk platform berbayar, setiap perusahaan akan menyediakan pilihan pembayaran. Baik setiap bulan atau setiap tahun dengan variasi fitur sampai harganya.

Segmentasi Audiens
Untuk segmentasi audiens ini dapat dilakukan berdasarkan beberapa aspek. Mulai dari konsumen, minat konsumen, lokasi sampai engagement. Jadi Anda harus mempertimbangkan fitur segmentasi audiens supaya dapat mengirimkan email yang sesuai audiens yang telah ditargetkan.

Hal-hal yang Perlu Dihindari
Sedangkan untuk hal-hal yang perlu dihindari, dengan jangan pernah menyertakan attachments atau file lampiran pada email Anda. Karena akan ada banyak pembaca yang mau tidak mau akan mendownload lampiran tersebut. Takutnya akan mengandung aktivitas berbahaya atau virus.


Hindari juga membeli email list dari pihak ketiga. Karena hal pembaca pada mail list yang dibeli akan menganggap kita sebagai pihak promosi ilegal. Mereka tidak pernah mengunjungi situs kita dan tidak pernah berlangganan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post