Friday, May 31, 2019

author photo

Tercatat mulai dari bulan Januari – April 2019, retail sales Daihatsu mencapai angka 60.706 unit, sementara itu untuk whole sales sendiri sebesar 66.825 unit. Terjadinya penurunan tersebut masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan pencapaiannya di bulan yang sama, tepatnya di bulan April tahun 2018 lalu. Tercatat retail sales mendapat angka penjualan mobil turun hingga 11.8%, lalu untuk whole sales sendiri turun sekitar 14.4%.

Masih tingginya minat masyarakat terhadap Daihatsu Sigra
Masih tingginya minat masyarakat terhadap Daihatsu Sigra

Masih ada kaitannya dengan pasar otomotif, angka penjualan retail sales hingga bulan April 2018 mencapai 340.11 unit. Dimana angka tersebut alami penurunan hingga 11.8% dari periode yang sama di tahun lalu. Yang demikian ini ternyata tidak jauh berbeda untuk whole sales yang ada di angka 337.321 unit, turun sekitar 14.4%. Namun demikian, meskipun alami penurunan market ternyata Daihatsu Sigra masih diminati di pasaran. Alasannya tidak lain karena mobil tersebut mengusung beragam kelebihan. Apa saja?

Kelebihan Daihatsu Sigra yang Membuatnya Masih Diminati di Market


Daihatsu Sigra adalah sebuah mobil keluarga yang bisa menampung hingga 7 orang penumpang, punya mesin yang irit, dan ground clearance tinggi. Ini tentu menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Daihatsu Sigra sehingga sampai saat ini masih diminati meskipun ditengah menurunnya market. Apalagi mesin yang dibawanya ternyata selangkah lebih maju dengan kompetitornya.

Ada tambahan teknologi dual VVT-I dan rasio kompresi cukup besar, diterapkan oleh mesin dengan kapasitas 1.2 liter ini bertujuan untuk menekan penggunaan bensin. Tetapi demikian, performa Sigra ternyata cukup terkorbankan dan sepertinya hal tersebut bukan menjadi faktor penting. Sebetulnya wajar untuk ukuran mesin yang kecil seperti ini. Cukup lemah di putaran rendah tetapi penyebaran torsinya cenderung lebih merata.


Fitur adalah salah satu bagian terbaik dari Daihatsu Sigra, khususnya di tipe R Deluxe sebagai salah satu varian tertinggi. Namun demikian tentu ada syaratnya, pilihlah varian bertipe transmisi otomatis. Sebab hanya Daihatsu Sigra matic saja yang sudah dilengkapi dengan Anti Lock Braking System atau ABS, sementara itu untuk tipe manualnya sendiri tidak ada meskipun di varian tertinggi sekalipun. Tapi hal tersebut ternyata masih jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan Xenia. Sebab ternyata tidak ada ABS sama sekali, baik itu di transmisi otomatis atau pun manual tipe apapun.

Selain itu juga ada fitur kecil lainnya yang mahal sangat diperhatikan Daihatsu Sigra. Seperti adanya Auto Rear Wiper yang hapus kaca bagian belakang secara otomatis ketika akan mundur di kala hujan. Tidak hanya itu saja, juga ada triple blink untuk aktifkan sein pada saat berpindah jalur. Sensor parkir di bagian depan maupun belakangnya sudah terkoneksi dengan MID dan Bluetooth di head unit, khusus di Sigra R Deluxe.

Baca Juga : Kupas Tuntas Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V (2019)

Akomodasi penumpang merupakan salah satu yang paling dijagokan Sigra. Ruang penyimpanan serta bottle holder bertebaran. Ruang kaki juga kepala masih manusiawi untuk orang dewasa sampai ke baris ketiga. Bahkan aksesnya pun semakin dimudahkan melalui sistem One Touch Tumble di bangku baris yang kedua. Semua fitur yang dimilikinya bisa membuat malu mobil yang harganya lebih mahal darinya. Namun demikian, ternyata plat body Daihatsu Sigra ini cukup tipis sekali. Tetapi inilah Sigra yang lebih menekankan fungsionalitas tinggi untuk penuhi segala kebutuhan masyarakat.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa kami bagikan tentang kelebihan Daihatsu Sigra. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post