Friday, June 14, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Meskipun saat ini untuk melakukan pengecekan NIP, pangkat, atau pun kenaikan pangkat PNS (Pegawai Negeri Sipil) sudah bisa dilakukan dengan mudah, praktis, dan efisien, akan tetapi pada kenyataannya sampai sekarang masih banyak guru pendidik yang merasa kesulitan atau kerepotan pada saat melakukan hal tersebut. Makanya melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda langkah paling mudah dan terbarunya. Jadi, simak ulasannya sampai selesai ya!

Emonitoring BKN
Emonitoring BKN

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya BKN sendiri memiliki sarana untuk lakukan cara cek NIP dengan menggunakan nama lahir, pangkat, dan unit kerja pemiliknya. Lalu untuk melakukan pengecekan pada NIP, pangkat, atau kenaikan pangkat PNS sendiri bisa dilakukan dengan cara mengakses laman, https://apps.bkn.go.id/profilpns/. Namun untuk informasi lebih lanjut mari simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Cara Mengecek NIP, Pangkat, atau Kenaikan Pangkat PNS di BKN


Perlu untuk Anda ketahui terlebih dulu bahwasannya cara cek NIP, pangkat, atau kenaikan pangkat PNS di portal BKN ini sekali – kali tentu saja perlu sekali untuk dilakukan, khususnya oleh mereka yang berstatus sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) baru. Tujuannya tidak lain agar Anda bisa memastikan bahwasannya No NIP yang Anda miliki tersebut sudah sesuai dengan identitas pemiliknya, seperti mengenai Nama, Tanggal Lahir, Pangkat, dan juga Unit Kerja.

Pada dasarnya sejak tahun 2011 silam, cara mengecek No NIP atau cara cek Profil PNS ini bisa digunakan pula untuk melakukan pengecekan SK kenaikan pangkat yang diajukan ke portal BKN. 
Makanya dikenal juga dengan istilah cara cek kenaikan pangkat PNS pada portal BKN. Tetapi demikian tentu saja ada hal yang penting sekali untuk diingat di sini, yakni SK kenaikan pangkat bukan hasil penetapan PAK. Umumnya jika SK kenaikan pangkat tersebut sudah diterbitkan sekalipun SK masih belum diterima oleh pemiliknya, pangkat dan golongan sudah menyesuaikan dengan pangkat dan golongan baru.


Oleh sebab itulah apabila hasil ada ketidaksesuaian, seperti Nama Tanggal Lahir, Unit Kerja, atau pun Pangkat Golongan, maka Anda nanti akan dimintai untuk segera memperbaikinya. Misalnya saja dengan cara menghubungi kantor BKD di kabupaten atau kota maupun provinsi Anda masing – masing.

Untuk cara cek NIP dan cek pangkat atau pun cek kenaikan pangkat PNS pada portal BKN ini sebetulnya mudah sekali, sebab Anda hanya perlu mengakses laman, https://apps.bkn.go.id/profilpns/. Jika sudah silakan masukkan sana No NIP yang masih berlaku lalu pilih Cari.

Baca Juga: Daftar Gaji PNS 2019 Golongan I – IV Sesuai PP No 15 Tahun 2019

Tapi jika Anda mendapat kendala bahwasannya cek pangkat golongan PNS ternyata tidak bisa dilakukan secara online lewat portal Profile PNS BKN, maka Anda bisa melakukannya melalui aplikasi My SPAK BKN. Silakan download aplikasi My SPAK BKN di sini.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengecek NIP, pangkat, atau kenaikan pangkat PNS di BKN. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post