Tuesday, June 4, 2019

author photo

Bisa dikatakan bahwa festival Sriwijaya ini menjadi salah satu kegiatan penting, yang secara rutin digelar untuk mengenang kejayaan kerajaan Sriwijaya. Dimana dalam acara tersebut biasanya mengingat kembali nilai – nilai tradisional setelah sebelumnya sering sekali diadakan di lokasi berdasarkan pertimbangan ekonomi. Festival Seriwijaya tersebut kali pertamanya diadakan di lokasi kerajaan Sriwijaya, yakni di situs Karang Anyar. Ini merupakan salah satu situs yang paling bersejarah dan kini sudah dialihfungsikan sebagai Taman Purbakala kerajaan Sriwijaya.

festival Sriwijaya ini menjadi salah satu kegiatan penting, yang secara rutin digelar untuk mengenang kejayaan kerajaan Sriwijaya

Tetapi demikian, untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai festival Sriwijaya tersebut, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Festival Sriwijaya Kembali Digelar untuk Mengenang Kejayaan Kerajaan Sriwijaya


Ya, di tahun 2019 ini dikabarkan bahwa festival Sriwijaya ini akan kembali digelar untuk mengenang kejayaan kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Dimana pembukaan dari acara tersebut nanti akan berlangsung di kanal kuno, tepatnya ada di sebelah barat Taman Purbakala kerajaan Sriwijaya. Pembukaan dari acara ini ditandai dengan adanya pertunjukkan teatrikal. Ini merupakan sebuah pertunjukan yang cukup menarik sekali, dan biasanya menggambarkan pelayaran kerajaan Sriwijaya.

Sebenarnya kerajaan Sriwijaya tersebut lebih dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar yang ada di nusantara. Pertunjukkan teaterikal dalam acara festival ini bahkan menjelaskan tentang proses pertama kalinya kedatangan Dapunta Hyang bersama pasukannya menuju ke Palembang. Hal tersebut pada akhirnya menjadi cikal bakal berdirinya kerajaan Sriwijaya di kota yang dikenal sebagai sebutan Jembatan Ampera.


Festival Sriwijaya dalam pembukaannya juga dibacakan prasasti yang ditemukan di Sumatera Selatan, yang dijadikan sebagai tonggak dari berdirinya kerajaan Sriwijaya di Palembang. Tidak hanya itu saja, pada festival ini juga akan dimeriahkan dengan tarian adiluhung gending Sriwijaya. Ini adalah jenis tarian sakral yang dulu hanya ditarikan oleh kalangan internal kerajaan saja, tetapi sekarang sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Alex Noordin, selaku Gurbernur Sumatera Utara turut andil dalam teatrikal pembukaan festinval tersebut. Beliau menaiki sebuah perahu hingga menunju Danau Situs Karang Anyar. Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa festival Sriwijaya tersebut akan digelar di situs Karang Anyar Taman Purbakala kerajaan Sriwijaya. Yang demikian tersebut tentu saja bukan tanpa sebab, pemilihan lokasi digelarnya festival Sriwijaya ini atas dasar pertimbangan ekonomi.


Hal tersebut dimaksudkan untuk melestarikan situs dan juga memperkenalkan kembali sejarah serta keberadaan kerajaan Sriwijaya kepada masyarakat luas. Setidaknya selama 7 hari festival Sriwijaya akan digelar. Jika Anda memang ingin menyaksikan kemeriahan festival tersebut, tentu saja Anda harus banget datang ke Sumatera Selatan.

Baca Juga : Pulau Padar, Surga Terindah di Taman Nasional Komodo

Pada festival tersebut Anda pastinya akan terhibur oleh berbagai macam kesenian dan pesta kuliner yang digelar. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengunjungi Museum Sriwijaya untuk melihat – lihat berbagai macam koleksi yang menjelaskan tentang sejarah panjang kerjaan Sriwijaya.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang festival Sriwijaya yang kembali digelar untuk mengenang kejayaan kerajaan Sriwijaya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar kerajaan Sriwijaya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post