Sunday, June 2, 2019

author photo

Sudah sangat sering berkunjung ke Semarang? Kira – kira destinasi wisata Semarang mana saja sih yang sudah pernah Anda kunjungi? Ya, Semarang memang cukup dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi, tidak hanya wisata alamnya saja tetapi di Semarang juga ada beberapa tempat wisata bersejarah, wisata alam, dan wisata kuliner Semarang yang pastinya harus banget dicicipi maupun di bawa pulang sebagai oleh – oleh khas Semarang.

Lumpia Semarang, Oleh – Oleh Khas Semarang yang Harus Dibawa Pulang
Lumpia Semarang, Oleh – Oleh Khas Semarang yang Harus Dibawa Pulang

Jika selama ini Anda lebih kenal dengan wingko babad, maka ada satu lagi nih makanan khas Semarang yang tidak kalah enak, juga terkenalnya di kalangan para pecinta kuliner khususnya, yakni lumpia Semarang. Lumpia khas Semarang ini kadang kalanya juga disebut sebagai lunpia atau pun loenpia. Panganan khas Semarang tersebut pada dasarnya dibuat dari bahan rebung, telur, dan udang. Dimana semua bahan ini nanti akan dibungkus dengan menggunakan kulit lumpia. Mau tahu informasi lebih lengkapnya mengenai lumpia Semarang? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Lumpia Semarang, Oleh – Oleh Khas Semarang yang Harus Dibawa Pulang


Pada dasarnya keberadaan lumpia ini tidak pernah bisa lepas dari sepasang suami istri, yakni Tjoa Thay Yoe dan juga Wasih. Sebab merekalah yang kali pertamanya membuat makanan tersebut. Hingga suatu ketika menjadi salah satu makanan yang cukup populer di semarang. Sepasang suami istri tersebut membuat makanan ini disalah satu sudut daerah Pecinan di kota Semarang, tepatnya di Gang Lombok.

Luar biasanya, bahkan sampai saat ini bisnis lumpia sepsang suami istri tersebut menjadi warisan dari generasi ke generasi di keluarga mereka. Ya, meskipun jika dilihat dari luar, toko yang menjual makanan khas Semarang tersebut memang tampak begitu sederhana sekali, tetapi tentu Anda tidak pernah menyangka sebelumnya jika omset penjualan lumpia khas Semarang tersebut tergolong sangat besar sekali.


Setidaknya ada dua jenis lumpia yang bisa Anda bawa oleh – oleh untuk keluarga tercinta di rumah, yakni lumpia basah dan lumpia goreng. Keduanya dihidangkan bersama bawang segar, selada, dan juga saus khas Semarang yang sangat kental. Lumpia baru dibuat setelah dipesan oleh pembeli atau konsumen, sehingga kesegarannya tetap terjaga dan terjamin dengan baik.

Toko yang menjual makanan khas Semarang, yakni lumpia ini beroperasi di setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Tetapi kadang kalanya sudah tutup sekitar pukul 2 siang sebab dagangannya yang sudah habis terjual. Selain enak di santap secara langsung di tempat, lumpia khas Semarang yang populer tersebut pastinya juga bisa Anda bawa pulang sebagai oleh – oleh dengan cara dimasukkan ke dalam besek. Ini merupakan sejenis wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Baca Juga : Planet Ban: Cara Aman dan Nyaman Mudik Lebaran 2019

Sementara itu untuk sausnya sendiri biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Hal tersebut memang terlihat sangat unik sekali, tetapi ternyata yang demikian ini dilakukan untuk menjaga kesegaran dan rasa dari saus itu sendiri. Jadi, buat Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Semarang, baik itu untuk urusan bisnis atau pun traveling maka Anda harus banget cicipi kuliner khas Semarang satu ini.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang lumpia Semarang, oleh – oleh khas Semarang yang harus dibawa pulang. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post