Friday, June 7, 2019

author photo

Sebenarnya pameran yang bertajuk Ruang Waktu Begong Kussudiardja ini merupakan kegiatan yang mendapat dukungan keluarga besar Bagong kussudiardja dan Bakti Budaya Djarum Foundation. Kegiatan tersebut ditujukan secara khusus untuk menjadi pertanda dari berbagai macam pencapaian salah seorang maestro kesenian juga kebudayaan Indonesia.

Ruang Waktu Begong Kussudiardja ini merupakan kegiatan yang mendapat dukungan keluarga besar Bagong kussudiardja dan Bakti Budaya Djarum Foundation

Adapun beberapa kegiatan dalam pameran tersebut diantaranya perayaan ulang tahun Bagong Kussudiarja, Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja, dan juga Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Inti dari pameran tersebut tidak lain untuk memperingati dan memahami berbagai pencapaian, kiprah, dan juga konstribusi alam.

Mengetahui Latar Belakang Ruang Waktu Bagong Kussudiardja


Pada dasarnya ruang, waktu juga peristiwa dalam pameran Ruang Waktu Bagong kussudiardja menjelaskan satu adagium yang cukup sederhana sekali. Dimana tiap – tiap orang ada zamannya, dan tiap zaman juga ada orangnya. Ini merupakan salah satu sedikit orang yang bisa memerankan diri mereka dengan sangat baik di tengah zaman bergerak cukup cepat seperti sekarang ini.

Semenjak belajar menari, belajar melukis, mengkoreografi beberapa pertunjukan tari, berkelana di Amerika, Asia, juga Eropa, dan masih ada banyak lainnya. Hal tersebut merupakan suatu perjalanan yang akan mengisi tiap titik ruang dan waktu dalam pameran ini. Dimana ruang waktu bagi Bagong Kussudiardja sendiri merupakan sederetan peristiwa yang telah menguatkan sosoknya, juga meneguhkan eksistensinya, serta menebarkan virus kreatifivitas pada banyak orang.


Menariknya, Bagong Kussudiardja ternyata menyimpan sejumlah dokumen dalam berbagai macam bentuk. Seperti surat kerjasama, surat undangan, surat keputusan, foto perjalanan, peristiwa kesenian, catatan seminar, surat keputusan, dan lain – lain. Kesadarannya untuk menyimpan semua dokumentasi tersebut pada kenyataannya cukup berpotensial sekali untuk digunakan sebagai data awal penelitian.

Baca Juga : Melihat Warna – Warni Terumbu Karang di Perairan Raja Ampat

Penting sekali untuk Anda tahu juga bahwa Padepokan Seni Bagong Kussudiardja memiliki misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia. Misalnya saja lewat pendampingan praktek seni sebagai salah satu bagian dari pentingnya proses pembelajaran. Dan sepertinya tahun 2018 kemarin menandakan berbagai pencapaian salah seorang maestro kesenian juga kebudayaan Indonesia. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja sendiri menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk memperingati dan juga memahami berbagai kiprah, pencapaian, serta kontribusi alam.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang latar belakang Ruang Waktu Bagong Kussudiardja. Semoga bisa bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post