Tuesday, June 4, 2019

author photo

Menjadi salah satu taman nasional sejak tahun 1991, Taman Nasional Bunaken ini memiliki luasan sekitar 89 hektar lebih. Berada di kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara tempat tersebut kini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk travelling bagi banyak wisatawan. Bahkan Taman Nasional Bunaken kini tidak hanya sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, tetapi sudah ada banyak sekali wisatawan mancanegara yang mengunjunginya.

Taman nasional Bunaken
Taman nasional Bunaken

Menariknya, di bagian utara Taman Nasional Bunaken ini ada beberapa pulau kecil cantik yang juga bisa Anda kunjungi. Seperti Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Montehage, Pulau Nain Kecil, dan masih ada banyak lagi. Bahkan Taman Nasional Bunaken yang ada di Sulawesi Utara tersebut juga disebut – sebut sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang seru dan menyenangkan wajib dikunjungi. Namun sebelum berkunjung ke tempat wisata di Sulawesi Utara tersebut, sebaiknya simak terlebih dulu beberapa ulasan selengkapnya mengenai Taman Nasional Bunaken berikut ini.

Taman Nasional Bunaken Menawarkan Wisata Bahari yang Seru dan Menyenangkan


Penting sekali untuk diketahui bahwa pada dasarnya Taman Nasional Bunaken ini merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis di Indonesia. Yang mana terdiri atas ekosistem hutan bakau, terumbu karang, padang lamun, dan ekosistem daratan atau pun pesisir. Sehingga tidak heran jika Taman Nasional Bunaken juga dijadikan sebagai lokasi favorit olahraga air. Menariknya, perairan di tempat ini ternyata memiliki sekitar 13 genera atau genus karang hidup. Tetapi demikian, karang hidup yang ada di tempat tersebut lebih didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa, juga ila gasi.


Melihat hal tersebut tentu saja di tempat wisata Sulawesi Utara ini Anda akan menemukan banyak sekali wisata bahari yang tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja, seperti snorkeling, diving, berjemur, dan berenang. Khususnya di Pantai Kalase yang masih ada di wilayah Taman Nasional Bunaken tersebut ada sebuah diving center yang bernama Dragonet, yang dulu sempat menjadi sekretariat acara Sail Bunaken yang berhasil memecahkan rekor MURI dnegan lebih dari 2 ribu penyelam yang ikut upacara bendara di dasar laut.

Baca Juga : Festival Sriwijaya Kembali Digelar untuk Mengenang Kejayaan Kerajaan Sriwijaya


Jika Anda termasuk salah satu yang suka dengan wisata bawah laut, maka sudah pasti Taman Nasional Bunaken ini tidak boleh sampai lupa untuk dimasukkan ke dalam daftar liburanmu nanti. Tak perlu khawatir atau pun takut akan tenggelam pada saat melakukan beberapa kegiatan air di tempat tersebut, sebab sudah tersedia instruktur selam yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang Taman Nasional Bunaken yang menawarkan wisata bahari seru dan menyenangkan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi liburanmu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post