Saturday, August 24, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Selain membawa STNK, benda wajib lainnya dalam berkendara adalah SIM. SIM atau Surat Izin Mengemudi merupakan suatu tanda pengenal yang paling penting dimiliki oleh seorang pengemudi atau pengendara. Pengemudi yang tidak membawa surat ini, akan kewalahan apalagi bila tiba-tiba terkena tilang.

Seperti jenis-jenis surat lainnya, SIM juga harus diperpanjang agar dapat terus menerus dipergunakan. Cara perpanjangan SIM pun kini sudah cukup mudah dilakukan dibandingkan jaman dulu yang ribet.

Syarat dan Cara untuk Memperpanjang SIM di Luar Kota

Kecanggihan teknologi sekarang mempermudah manusia dalam segala hal. Salah satunya adalah untuk memperpanjang SIM. SIM yang akan dan baru saja kadaluarsa harus segera diperpanjang jika Anda tidak ingin ditilang oleh pihak kepolisian di tengah jalan.

Bagi yang baru saja merantau dan menggunakan kendaraan di luar kota, hal ini akan membuat Anda bingung karena pasti berpikir bahwa harus dilakukan di kota asal.

Ilustrasi cara perpanjangan SIM di luar kota
Ilustrasi cara perpanjangan SIM di luar kota

Ya, jika kondisinya seperti dulu sebelum teknologi semakin maju, Anda mungkin harus memperpanjang ke daerah asal dimana Anda membuatnya.

Kini, Anda tidak perlu repot lagi untuk kembali dulu ke kota asal demi memperpanjang SIM. Teknologi membuat data yang ada di pihak kepolisian bisa diakses di kota lain. Apalagi jika Anda telah memiliki e-KTP yang berlaku di seluruh Indonesia.

Sebelum melakukan perpanjangan SIM lengkapi dulu persyaratannya agar tidak ada hal yang tertinggal. Baik SIM A (untuk kendaraan roda empat) dan SIM C (untuk kendaraan roda dua), syarat yang dipenuhi kurang lebih sama.

Syaratnya adalah dengan membawa SIM yang lama dan Kartu identitas (e-KTP) beserta fotokopi sebanyak 2 lembar, surat keterangan kesehatan, serta biaya perpanjangan.

Untuk perpanjangan SIM A dikenakan biaya sekitar 80 ribu rupiah. Sedangkan untuk CIM C dikenakan 75 ribu rupiah.

Cara memperpanjangnya adalah dengan sistem online. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kota asal telah terintegrasi dengan sistem online pula. Jika sudah yakin, berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti.

1. Melakukan Pendaftaran

Untuk bisa memperpanjang SIM, maka Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran. Cara mendaftarnya dapat dilakukan melalui sistem online dengan mengunjungi situs resmi yaitu sim.korlantas.polri.go.id.

2. Melakukan Pengisian Formulir

Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir. Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan diarahkan ke laman yang berisi kolom-kolom pengisian data pemohon untuk melakukan perpanjangan SIM. Anda juga akan diminta untuk  memilih lokasi perpanjangan yang terdekat dengan lokasi saat itu.

Setelah melengkapi seluruh data yang diminta pada formulir, Anda akan mendapatkan bukti telah melakukan pendaftaran secara online.

3. Melakukan Pembayaran

Setelah itu adalah melakukan proses pembayaran. Proses ini dapat dilakukan melalui ATM ataupun langsung ke bagian Teller bank BRI.

4. Mendatangi Lokasi Perpanjangan SIM dan Proses Verifikasi

Ketika telah mendapatkan bukti pendaftaran dan pembayaran, saatnya Anda mengunjungi lokasi yang telah dipilih sebelumnya. Anda akan menunggu antrian untuk lanjut ke proses verifikasi data.

Dalam proses ini, seluruh data yang telah digabung dan dimasukkan ke dalam satu map akan diperiksa ulang, apakah telah sesuai atau belum. Jangan lupa untuk mengikutkan bukti pendaftaran online dan pembayarannya juga. Petugas akan mencocokkan data asli yang Anda bawa dalam berkas dengan yang ada di internet.

Proses verifikasi juga akan meliputi pengambilan foto, tanda tangan, juga sidik jari yang akan dicantumkan pada SIM baru.

5. Menunggu Proses Pencetakan

Saatnya menunggu pencetakan SIM baru Anda. Proses ini berlangsung sebentar dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika tidak banyak antrian.

Memperpanjang SIM yang dilakukan secara online membuat Anda semakin mudah. Anda tak perlu pulang ke kota asal sesuai pembuatan SIM awal untuk perpanjangan ini. Selain praktis, waktu Anda juga tidak akan terbuang percuma.

Next article Next Post
Previous article Previous Post