Saturday, September 14, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Hidroponik sendiri merupakan cara bercocok dengan menggunakan media air. Meskipun demikian, penanaman dengan metode hidroponik tersebut tidak membutuhkan air yang banyak, seperti saat menanam menggunakan media tanah. Itu berarti tanaman hidroponik cocok buat Anda yang juga ingin menghemat penggunaan air, atau tinggal di daerah dengan pasokan air pas – pas.

Apa Itu Kangkung Hidroponik dan Cara Menanamnya
Apa Itu Kangkung Hidroponik dan Cara Menanamnya

Lalu apa yang dimaksud dengan kangkung hidroponik? Menjadi salah satu jenis sayuran yang begitu populer di Indonesia, kangkung yang ditanam menggunakan metode hidroponik ini dikenal sebagai jenis sayuran kangkung yang paling menyehatkan. Bagaimana tidak, cara budidaya tanaman kangkung hidroponik tersebut lebih mengutamakan penggunaan media air yang sudah diberi campuran nutrisi.

Kabar baiknya, sekarang penanaman dengan metode hidroponik tak terkecuali untuk menanam kangkung sudah menjadi yang paling difavoritkan, khususnya bagi petani modern karena dianggap lebih hemat lahan dan penggunaan air. Tak perlu khawatir pula, sebab penanaman kangkung dengan metode tersebut juga akan membuat tanaman kangkung tumbuh dengan baik dan cepat.

Jenis Tanaman Kangkung yang Perlu Diketahui

Jenis Tanaman Kangkung yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya ada dua jenis tanaman kangkung yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia, yakni kangkung darat dan air. Kedua jenis kangkung tersebut memang memiliki rasa dan kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda. Meskipun ada jenis kangkung darat, tapi dengan menerapkan metode hidroponik ini tentu saja Anda bisa menanamnya dengan menggunakan media air.

Berbeda dengan jenis tanaman sayur yang lainnya, kangkung ternyata memiliki kecepatan tumbuh yang cukup baik, yakni hanya 4 – 6 minggu setelah masa tanam. Khususnya untuk jenis kangkung hidroponik sendiri, kualitas yang dihasilkan tentu tidak main – main. Bisa dibilang, tanaman kangkung hidroponik tersebut menjadi jenis tanaman sayuran yang paling unggul dibandingkan semua jenis sayuran yang ditanam menggunakan media tanah.

Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan

Langkah pertama cara menanam kangkung hidroponik yang harus Anda tahu adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk proses tanam. Beberapa alat yang harus disiapkan terlebih dulu diantaranya besek dan baskom. Sementara itu untuk jenis bahan – bahannya sendiri, yakni benih atau bibit kangkung yang bagus, pupuk hidroponik berkualitas tinggi, dan zat pengatur tumbuh atau ZPT untuk merendam benih kangkung agar cepat berkecambah.

Pemilihan benih atau bibit kangkung yang berkualitas baik

Tahapan selanjutnya dalam penanaman kangkung dengan metode hidroponik adalah pemilihan bibit atau benih kangkung. Ini nanti akan mempengaruhi tingkat keberhasilan budidaya kangkung hidroponik yang Anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang bagus pastikan Anda sudah memilih benih yang bagus dan unggulan. Apabila Anda sembarangan dalam memilih benih, maka bukan tidak mungkin benih yang ditanam lama berbunga, tidak merambat, dan dipanen dalam waktu yang tidak serentak.

Proses penyemaian benih atau bibit kangkung

Untuk menyemai benih atau bibit kangkung ini sebenarnya mudah sekali, namun demikian sebelum memulai proses semainya Anda harus seleksi terlebih dulu benih kangkung yang benar – benar layak ditanam. Untuk mengetahuinya Anda bisa menyediakan baskom yang berisikan air bersih. Jika sudah, tuangkan benih ke dalam baskom tersebut dan biarkan semalaman. Diesok harinya Anda akan melihat ada benih kangkung yang tenggelam dan ada pula yang mengapung. Benih kangkung yang bagus adalah benih yang tenggelam.

Langkah selanjutnya adalah memulai proses semai, ambil kain tebal lalu bungkus benih kangkung yang sudah Anda pilih tadi. Siram kain menggunakan air hangat sedikit saja, tujuannya agar benih lebih lebih cepat berkecambah.

Proses pemindahan benih atau bibit kangkung ke media tanam

Pada dasarnya proses pemindahan benih kangkung ke media tanam ini tidak jauh berbeda seperti cara tanam sayuran hidroponik pada umumnya. Di sini Anda juga memerlukan wadah yang dibuat khusus untuk menanam kangkung. Tanaman kangkung nanti akan alami pertumbuhan yang baik dan optimal jika benihnya ditanam dalam jumlah banyak disatu wadah. Adapun cara tanam kangkung hidroponik adalah sebagai berikut.

•    Ambil baskom atau besek, lalu pindahkan benih kangkung.
•    Tuang larutan nutrisi hidroponik yang sudah Anda siapkan tadi ke dalam baskom sampai mengenai permukaan baskom atau besek dan benih.
•    Terakhir, letakkan benih kangkung yang baru tumbuh di tempat yang terkena sinar matahari.

Proses perawatan tanaman kangkung hidroponik

Merawat tanaman kangkung hidroponik memang tidak sama seperti merawat tanaman kangkung di darat, tetapi prosesnya mudah sekali. Anda di sini hanya perlu mengawasi dan memperhatikan dengan seksama nutrisi kangkung akan unsur hara dalam bentuk cair. Pastikan tanaman kangkung Anda tersebut tidak kekurangan nutrisi, apalagi saat kangkung memasuki usia 2 minggu. Disaat seperti itu Anda bisa menambahkan pupuk organik cair hingga 7 – 9 mill per 11 air. Anda juga perlu mengganti larutan nutrisinya jika sudah berbau tak sedap.

Proses panen kangkung hidroponik

Seperti yang sudah kami sunggung di awal, bahwa tanaman kangkung hidroponik ini memiliki masa panen yang lebih cepat. Tanaman kangkung hidroponik bisa dipanen saat memasuki usia 4 – 6 minggu setelah masa tanam. Anda bisa memanen kangkung saat daun – daunnya masih hijau segar dan belum terlihat tua atau pun berbunga. Kangkung yang sudah dipanen dipetik harus segera diolah menjadi makanan.

Jenis tanaman hidroponik pada dasarnya tidak kalah sehat dan bergizinya, apalagi metode tersebut mengutamakan terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada tanaman. Namun demikian, apabila Anda memang tertarik untuk menanam tanaman hidroponik selain kangkung, maka pastikan terlebih dulu Anda sudah tahu jenis tanaman mana saja yang bisa menerapkan metode hidroponik ini. Sebab, tidak semua tanaman bisa ditanam menggunakan metode tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang apa itu kangkung hidroponik dan cara menanamnya. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post