Friday, September 20, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagi Anda yang sedang mencari kerja dan merasa tidak ingin tertipu dengan PT abal – abal yang mengatasnamakan dirinya PT akan tetapi nyatanya memungut sejumlah uang untuk pelamar yang mencari kerja,  baiknya Anda cek nama PT di AHU Online sebelum melamar.

Hal ini penting karena tentu sebuah perusahaan PT yang notabennya merupakan perusahaan besar tidak akan pernah memungut sejumlah dana kepada para pelamar. Karenanya bagi Anda para pencari kerja harus berhati – hati dengan oknum yang sekarang ini bisa berkeliaran dimana – mana.

Mengenai bagaimana cara mengecek nama PT, Anda bisa memanfaatkan situs AHU.go.id. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda tentang cara mengecek nama PT di AHU Online. Lets check these out!

Cara Mengecek Nama PT di AHU Online

Cek nama PT

Jadi langkah pertama yang Anda harus pastikan dalam mengecek nama PT di AHU Online adalah memastikan bahwa Anda sudah mengantongi nama – nama PT yang mengundang Anda untuk melakukan wawancara. Pastikan nama – nama PT yang mengundang Anda untuk wawancara tersebut benar – benar sudah terdaftar.

Buka situs AHU

Kemudian selanjutnya buka halaman AHU di AHU.go.id untuk melakukan pengecekan apakah perusahaan Anda sudah terdaftar atau tidak. Caranya dengan membuka halaman AHU di website berikut ini : https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt

Masukkan nama PT disana

Anda tuliskan nama PT di bagian kolom halaman, kemudian setelah itu centang Captcha dan tekan tombol cari.

Lakukan pengecekan nama perusahaan

Selanjutnya Anda cek apakah nama PT dari perusahaan tersebut benar – benar sudah terdaftar atau tidak. Jika memang ada nama dari PT tersebut didalam pencarian, itu artinya PT yang bersangkutan benar adanya atau sudah terdaftar. Akan tetapi jika tidak, itu artinya ada kemungkinan sebuah perusahaan merupakan perusahaan yang berdiri tanpa ijin alias perusahaan bodong.

Sistem AHU online ini memang masih belum menyeluruh dikenali oleh masyarakat. Karena itu Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum melakukan upaya dan langkah kerjasama dengan kantor wilayah Yogyakarta untuk mengadakan kegiatan transfer knowledge aplikasi AHU online pada divisi pelayanan hukum serta balai harta peninggalan untuk mengenalkan AHU kepada masyarakat dan secara khusus bagi notaris dan calon notaris.

Kegiatan tersebut diselenggarakan bagi seluruh bagian Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dimana kegiatan yang diselenggarakan tersebut berlangsung di Yogyakarta dan telah diikuti oleh sebanyak 13 Divisi Pelayanan Hukum dan satu Balai Harta Peninggalan.
Cara mengecek nama PT di Ahu Online
Cara mengecek nama PT di Ahu Online

Direktorat Jenderal AHU sebagai instansi pemerintah yang melakukan kegiatan penyelenggaraan fungsi pelayanan publik memang senantiasa harus berupaya untuk mempertahankan serta meningkatkan predikat sebagai salah satu instansi pemerintah yang memiliki layanan public sangat baik.

Hal tersebut telah diucapkan juga secara langsung oleh Direktur Teknologi Informasi, Sarno Wijaya ketika membuka acara Transfer Knowledge Aplikasi AHU Online di bagian divisi pelayanan hukum dan balai harta peninggalan di Marriot Hotel, Yogyakarta.

Sarno juga mengungkapkan bahwa kegiatan pelayanan public Ditjen AHU sebagian besar sudah berbasis secara online. Hal ini juga menjadi salah satu bagian upaya nyata yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal AHU dalam mewujudkan suatu konsep pelayanan public yang baik kepada masyarakat.

Langkah tersebut juga bertujuan untuk membangun good govermance dengan mengutamakan pada sektor pelayanan secara professional, tepat, cepat, efisien dan bebas pungutan liar. Sarno juga menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal AHU akan senantiasa melakukan inovasi demi inovasi di bidang teknologi informasi, yaitu dengan cara melakukan pembuatan dan upaya pengembangan pada modul yang terdapat didalam suatu aspek pelayanan AHU secara online.

Diantaranya juga untuk pembuatan aplikasi Alegtron yaitu aplikasi legalisasi elektronik, pembayaran PNBP secara autodebet melalui KTA (Kartu Tanda Anggota Notaris) serta UPN (Ujian Pengangkatan Notaris).

Selain inovasi yang telah dilakukan di sistem AHU online oleh Direktorat Jenderal AHU, nyatanya pihak tim Direktorat Jenderal AHU juga turut serta membuat suatu aplikasi yang memang diperuntukkan secara khusus bagi bagian Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah.

Menurut Sarno, akses view data AHU online nantinya pada setiap kantor wilayah dapat membuat rangkuman data pelayanan AHU secara online terjadi dan saling berkaitan di masing – masing wilayah. Hal ini juga diharapkan untuk membantu Divisi Pelayanan Hukum dalam menjawab semua pertanyaan yang terdapat di instansi lain yang ada kaitannya dengan data – data AHU online.

Semua sinergi yang saling berkaitan satu sama lain tersebut tentunya dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta pemahaman terkait dengan upaya pengembangan di sistem AHU online dalam rangka mendukung pelayanan jasa hukum secara lebih optimal.

Sarno Wijaya sebagai Direktur Teknologi Informasi mengatakan juga dengan semua kegiatan AHU yang diadakan dalam beberapa waktu belakangan ini tentunya dapat memberikan solusi atas berbagai permasalahan akses data Divisi Pelayanan Hukum pada sistem AHU online, serta juga kegiatan yang bersangkutan dapat menjadi suatu wadah untuk melakukan sharing knowledge antara Ditjen AHU dengan bagian kantor wilayah terkait dengan sistem pengembangan AHU secara online.

Kepala Divisi Administrasi Yogyakarta yaitu Ajar Anggono dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pelayanan fidusia, pelayanan notaris, pelayanan kewarganegaraan serta pelayanan penerjemah yang tersumpah merupakan beberapa layanan Ditjen AHU yang dilaksanakan dengan sistem aplikasi online di wilayah Kantor Kemenkumham DIY.

Pendaftaran fidusia online melalui AHU yang sepenuhnya telah dilakukan dengan konsep online hanya memerlukan waktu selama 7 menit saja. Tentu hal tersebut akan semakin memudahkan bagi notaris mengingat semuanya berlangsung sangat simple dan mudah.

Notaris yang melakukan ujian pengangkatan notaris, daftar tunggu notaris sampai dengan pelantikan notaris sudah bisa mengakses aplikasi online di AHU online tersebut. Pun begitu dengan layanan kewarganegaraan fidusia yang juga semakin mudah.

Selain penting bagi kewarganegaraan mengetahui cara mengecek nama PT di AHU Online untuk manfaat mencari kerja, WNA juga akan lebih mudah untuk mengajukan permohonan daftar kewarganegaraan sebagai WNI dan juga lebih mudah melakukan akses karena aplikasi AHU online ini sudah dapat dijangkau di seluruh dunia.

Itulah berbagai manfaat dari AHU online dan cara mengecek nama PT di AHU online untuk Anda. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang semakin menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post