Monday, September 2, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham dalam rangka pemberian layanan terhadap masyarakat adalah melalui peluncuran dan pengenalan aplikasi Fidusia online.

Melalui hadirnya aplikasi ini, pelayanan jasa hukum di bidang fidusia diharapkan jauh lebih akurat, cepat dan bebas pungutan liar yang memberatkan masyarakat. Hal itu memang sangat berarti karena dalam pengurusan fidusia atau jual beli kendaraan bermotor, pada prakteknya banyak pungutan liar.

Karena itu hadirnya aplikasi fidusia online diharapkan untuk meminimalisir semua keadaan yang tidak diinginkan tersebut!

Mengenal Aplikasi Fidusia Online 

Melalui aplikasi fidusia online maka semua sertifikat jaminan fidusia dapat dicetak dalam waktu yang sangat singkat. Anda bahkan dapat mencetak fidusia dalam waktu sekitar 7 menit saja. Sebelumnya, pendaftaran fidusia manual di Kantor Pendaftaran Fidusia dapat memakan waktu sampai berbulan – bulan lamanya.

Namun melalui sistem online, semua masalah tersebut sekarang bisa teratasi dengan baik. Selain manfaat pemangkasan waktu yang bisa didapatkan, biaya yang harus dikeluarkan dalam pendaftaran fidusia juga semakin berkurang.

Hal tersebut terjadi karena notaris hanya akan melakukan pembebanan biaya pembuatan akta terhadap perusahaan pembiayaan. Ya, hal tersebut tentu menjadi aspek yang sangat baik karena selama ini, biaya pendaftaran fidusia tidak standar bahkan menjadi mahal karena proses pendaftaran yang membutuhkan banyak waktu serta melibatkan berbagai macam pihak.
Ilustrasi Fidusia online serta penggunaanya
Ilustrasi Fidusia online serta penggunaanya

Menurut beberapa pihak, secara umum notaris memang sudah terbiasa dengan sistem kerja manual selama ini. Apalagi pekerjaan utama dari seorang notaris yang ada kaitannya dengan akta otentik tentu membuat notaris banyak berhadapan dengan dokumen fisik dan mereka sudah terbiasa. Namun dikatakan bahwa perubahan yang lebih baik melalui terdapatnya fidusia online harus membuat notaris mampu lebih menyesuaikan diri lagi.

Di masa yang akan datang, semua pihak memiliki keyakinan bahwa notaris bisa jauh lebih terbuka dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Sehingga tentu saja mereka bisa menjadi lebih terbiasa untuk bekerja melalui sistem online. Termasuk dalam pengurusan pendaftaran fidusia. Hanya saja memang untuk semuanya mencapai keterarahan dan keteraturan, waktu dan proses sangat dibutuhkan.

Dengan adanya sistem pendaftaran fidusia online sendiri, penerimaan yang bisa didapatkan negara melalui PNBP melesat dengan angka yang tajam. Selain itu upaya penghematan atas pengeluaran negara juga dapat ditekan dan diminimalisir.

Baca juga: Mengenal Elektronik Bukti Potong (Ebupot)

Karena itu perlu kiranya dukungan dan pelayanan yang baik ke depan. Semisal dengan memberikan pelayanan penyelesaian atau pengaduan secara tanggap, cepat, langsung dan bersih sehingga masyarakat tidak kecewa dan memiliki kepercayaan yang besar terhadap aparatur yang bertugas.

Menu Sistem Aplikasi Fidusia Online

Pengecekan

Pada menu tampilan awal, menu pengecekan dapat kita jumpai. Lantas, pengecekan seperti apakah yang disediakan? KPF dalam perjalanannya selama ini memang banyak menghadapi berbagai bentuk pertanyaan dari lembaga pembiayaan, lembaga swadaya masyarakat, kepolisian, kejaksaan, perorangan dan juga pihak lain utamanya yang ada kaitannya dengan jaminan fidusia berupa kendaraan bermotor.

Pertanyaan – pertanyaan terkait yang sering sekali muncul seperti apakah benar kendaraan tersebut sudah difidusiakan atau belum, jika memang benar telah difidusiakan, maka kapan waktunya harus dilaporkan dan dibuat di hadapan notaris yang mana harus jelas.

Dalam menu pengecekan tersebut, database yang terlihat hanya berupa nomor pendaftaran, nama, alamat penerima fidusia, jenis fidusia, waktu pendaftaran, tanggal akta, nomor akta, nama notaris dan juga area kantor wilayahnya. Namun satu elemen yang tidak dapat dicek adalah rincian lengkapnya.

Tanggal terdaftar objek jaminan fidusia

Untuk pendaftaran fidusia, yang perlu diperhatikan adalah kapan objek fidusia tersebut didaftarkan. Semuanya terhitung sejak tanggal input atau tanggal bayar PNBP atau tanggal tercetaknya sertifikat jaminan fidusia yang menjadi patokannya.

Hal ini menjadi suatu aspek yang sangat penting dan harus diperhatikan mengingat banyak hal yang bisa terjadi dalam kurun waktu antara tanggal penerimaan berkas, tanggal pembuatan akta, tanggal input, tanggal pembayaran PNBP dan tanggal terbit sertifikat jaminan fidusia yang sangat cepat.

Jenis – jenis transaksi fidusia

Dalam upaya mengenal aplikasi fidusia online, kita  juga harus mengenal sistemnya seperti apa didalam aplikasi tersebut. Dalam sistem, terdapat beberapa jenis transaksi yang tersedia diantaranya yaitu pendaftaran, perubahan, daftar transaksi dan juga pencarian suatu objek.

Semuanya sudah dapat dimanfaatkan, akan tetapi untuk menu perubahan, proses pembuatan dalam aplikasi fidusia online masih berlangsung. Pada menu pencarian objek yang telah disediakan sistem, tetap saja untuk penggunaannya harus memasukkan berbagai nomor sertifikat jaminan fidusia seperti halnya pengecekan di menu login.

Didalam daftar transaksi, juga ada menu pencarian dimana pencarian tersebut berdasarkan nomor registrasi dari transaksi username yang bersangkutan sifatnya hanya dapat mengecek transaksi username akses itu saja. Untuk mengecek akses username yang lain masih belum bisa dilakukan.

Melakukan input data dalam sistem

Cara melakukan input data dalam sistem cukup mudah dan sangat sederhana. Tidak perlu terlalu banyak yang harus diinput. Dalam sistem, input data dilakukan dalam suatu box yang telah disediakan. Tampilannya memang cukup kecil, akan tetapi ketika dicoba melakukan input, karakternya bisa lebih dari 1000 karakter.

Namun ketika Anda belum coba mencetak surat pernyataan atau sertifikat jaminan fidusia dengan karakter yang sangat banyak, mungkin inputnya akan sedikit membingungkan Anda. Namun tenang saja, Anda bisa mencoba memahami sebelum input data dalam sistem dalam beberapa waktu.

Itulah informasi selengkapnya agar bisa lebih mengenal aplikasi fidusia online yang menjadi sistem baru saat ini. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post