Wednesday, October 2, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Haji adalah salah satu kegiatan ibadah penting khususnya bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Pengertian ibadah haji sendiri merupakan salah satu rukum Islam yang kelima, sekali seumur hidup. Ibadah haji dilaksanakan di Tanah Suci, Mekkah dan Madinah. Ini tentu saja menjadi paripurna dari ke-Islaman seorang muslim. Tidak jauh berbeda dengan jenis ibadah yang lainnya dalam ajaran agama Islam, ibadah haji ini juga memiliki syarat – syarat tertentu.
Cara Cek Kuota Haji 2019
Cara Cek Kuota Haji 2019

Di Indonesia, kalau Anda ingin naik haji saat ini Anda harus ikut antrean dan menunggu dalam waktu yang cukup lama. Sebab, antusias muslim di Indonesia yang ingin naik haji di setiap tahunnya sangat banyak. Bahkan kuota jamaah haji di Indonesia juga bisa berubah – ubah di setiap tahunnya. Oleh karenanya penting sekali bagi Anda untuk mengecek kuota haji dengan benar. Untuk mengetahui caranya, silakan Anda simak langkahnya di bawah ini.

Cara Cek Kuota Haji 2019

Pada dasarnya ada dua cara cek kuota haji 2019 yang bisa dicoba, pertama adalah lewat aplikasi Haji Pintar, lalu untuk yang kedua lewat website resminya yang disediakan oleh Kementrian Agama. Melakukan pengecekan lewat aplikasi Haji Pintar ini sebenarnya mudah sekali, bahkan Anda bisa melakukannya lewat HP Android yang Anda miliki.

Baca juga: Rujukan Paket Umroh 2019

Aplikasi Haji Pintar merupakan salah satu aplikasi yang disediakan secara gratis di Play Store oleh Kementrian Agama. Melalui aplikasi tersebut pengguna bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan yang masih ada kaitanya dengan ibadah haji. Melalui aplikasi tersebut pula Anda bisa melakukan pengecekan kuota haji dengan mudah.

Tidak hanya itu, aplikasi Haji Pintar juga bisa digunakan untuk menampilkan beberapa informasi dasar, seperti nama, tahun keberangkatan, asal kota atau kabupaten, posisi porsi kuota provinsi, jumlah kuota provinsi, dan lain – lain. Meskipun tersedia secara gratis, tetapi untuk menggunakan aplikasi tersebut Anda tentunya butuh koneksi internet. Adapun langkah – langkah mudahnya sebagai berikut.

•    Pertama, silakan Anda buka aplikasi Play Store dari smartphone Anda.
•    Lalu cari aplikasi Haji Pintar, download dan install aplikasi tersebut seperti saat Anda menginstall aplikasi pada umumnya.
•    Jika sudah selesai, silakan buka aplikasi Haji Pintar-nya.
•    Pilih menu Estimasi keberangkatan.
•    Lalu masukkan saja nomor porsi haji.
•    Pilih Submit.
•    Selesai, informasi yang Anda butuhkan akan segera ditampilkan oleh aplikasi tersebut.

Cara kedua adalah lewat situs atau website resminya. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengakses website Kementrian Agama untuk mendapatkan data – data atau informasi yang Anda butuhkan tersebut. Di bawah ini adalah langkah mudahnya.

•    Pertama, silakan Anda buka website haji.kemenag.go.id.
•    Jika sudah, lanjutkan dengan mengeklik menu Dropdown Basis Data.
•    Setelah itu klik Perkiraan Keberangkatan.
•    Masukkan saja nomor porsi yang Anda miliki di kolom yang tersedia.
•    Jika tidak punya nomor porsi, Anda dapat menggunakan nomor yang ada pada halaman Waiting List, sebagai contoh nomor porsi 0900289916 sebagai penaftar akhir dari DKI Jakarta.
•    Klik Cari, maka semua informasi terutama tahun perkiraan keberangkatan haji yang Anda butuhkan akan segera ditampilkan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cek kuota haji 2019. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post