Tuesday, November 12, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Era digital memberikan perubahan besar dalam dunia promosi dan marketing. Jika sebelumnya beriklan di televisi dan media cetak sudah menjadi andalan, maka industri kecil menengah sekarang memiliki alternatif lain, internet adalah juaranya. Internet dengan akses sosial medianya yang tinggi merupakan tempat tempat untuk menawarkan produk dan jasa terbaru. Salah satu sosial media favorit sebagai tempat beriklan adalah Youtube.
Beragam format iklan yang memangganggu di YouTube

Situs berbagi video ini menyediakan layanan penayangan iklan dengan tarif tertentu. Potensi penjualannya tentu sangat tinggi karena saat ini hampir semua orang di seluruh dunia mengakses Youtube. Tak berlebihan jika dalam dunia IM, Digital marketing via Youtube dianggap bagian dari kunci sukses jika ingin meraih konsumen dari berbagai kalangan.

Jika Anda tertarik untuk memasang iklan di Youtube harap diketahui jika ada sejumlah format yang harus dipenuhi.

Jenis Format Iklan Youtube

Ada 6 format iklan Youtube yang bisa dipilih untuk mempromosikan produk. Setiap format memiliki posisi dan tampilan iklan yang berbeda. Anda bahkan bisa mengaktifkan berbagai format iklan sekaligus untuk meraih lebih banyak viewers. Kenali lebih jauh format iklan yang bisa ditampilkan di Youtube agar cocok dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah panduangan lengkap jenis format iklan di Youtube antara lain:

Iklan display

Format iklan ini memiliki ukuran dengan spesifikasi 300x250 atau 300x60. Iklan dengan opsi ini akan ditampilkan di sebelah kanan video yang diputar dan bagian atas daftar rekomendasi video. Letaknya di bagian kanan atas dan ukuranya cukup besar. Namun untuk player yang lebih besar memungkinkan iklan ini muncul di bagian bawah video player. Sayangnya format iklan ini hanya bisa ditampilkan di Youtube yang diputar di mode dekstop atau laptop.

Iklan overlay

Iklan dengan opsi ini akan tampil berupa video tembus pandang di bagian bawah video yang akan ditonton oleh viewers. Ukurannya berkisar 20% dari tampilan seluruh layar Youtube. Model iklan ini memiliki ukuran dengan spesifikasi 468x60 dan 728x90. Keunggulan format ini adalah dapat berupa gambar atau teks, namun hanya bisa diakses di Youtube dengan mode desktop atau laptop.

Baca juga: Cara menghilangkan iklan di YouTube

Iklan video yang bisa di-skip

Pilihan format iklan Youtube ketiga berupa video yang bisa di-skip oleh viewers. Namun pilihan ini baru akan muncul setelah video iklan berjalan selama 5 detik. Iklan diputar di layar secara penuh tanpa terkecuali. Viewers bisa memilih untuk melewati atau menonton iklan ini setelah kurun waktu tersebut. Keunggulannya tentu saja iklan ini akan ditonton meskipun hanya sesaat, belum lagi kemungkinan viewers memilih untuk menyimak promosi Anda.

Pengiklan bisa memilih apakah iklannya nanti akan dipasang sebelum, ketika atau sesudah video diputar. Pilihan format ini juga memungkinkan Anda melihat kombinasi video iklan yang bisa di-skip. Iklan ini akan diputar dalam pemutar video dan muncul ketika Youtube diakses baik melalui dekstop, perangkat seluler, TV, maupun konsol game.

Iklan video yang tidak dapat dilewati

Pilihan ini adalah salah satu produk iklan favorit dari Youtube. Iklan dengan format ini tidak dapat dilewati sehingga viewers harus menyimaknya sampai selesai sebelum bisa mengakses atau melanjutkan video yang ingin ditontonnya. Efektifitasnya sangat tinggi untuk meningkatkan brand awareness produk Anda dan menggaet konsumen. Anda juga bisa memilih untuk memunculkan iklan ini baik sebelum, selama atau setelah video pilihan diputar.

Format iklan ini memungkinkan video Anda diputar di layar dengan durasi 15 sampai 20 detik. Panjang pemutaran video iklan nantinya akan disesuaikan dengan aturan regional yang berlaku. Durasinya sangat memadai untuk promosi usaha dengan target yang luas. Iklan ini juga akan diputar di layar Youtube secara penuh. Hanya saja, iklan berformat ini hanya bisa dipasang pada Youtube yang diakses dengan dekstop dan perangkat seluler.

Lebih detil mengenai iklan video yang tidak bisa dilewati oleh Google Support.

Iklan bumper

Format iklan bumper juga ditampilkan di layar Youtube secara penuh. Opsi ini menawarkan fitur iklan yang Anda pasang akan diputar selama 6 detik sebelum dilewati. Setelah kurun waktu tersebut baru kemudian viewers bisa melanjutkan video yang disimaknya. Dengan demikian, promosi Anda pasti akan ditonton dan kemungkinkan mendapatkan perhatian dari viewers.

Opsi ini memungkinkan iklan diputar di video player Youtube yang diakses dengan mode deskstop dan perangkat seluler. Pilihan format iklan ini juga memungkinkan pengiklan melihar kombinasi iklan yang dilewati dan iklan bumper lainnya.

Kartu bersponsor

Iklan dengan format kartu bersponsor diletakkan di sisi kanan tampilan layar. Opsi ini memungkinkan pengiklan video iklannya pada video lain dengan tema yang serupa. Misalnya iklan kosmetik akan disematkan pada video yang menayangkan review produk kosmetik terbaru. Iklan Anda akan ditampilkan selama beberapa menit tanpa opsi dilewati sehingga pasti disimak viewers.

Keunggulan format ini adalah adanya ikon di sudut kanan atas video yang bisa dipilih penonton jika ingin mempelajari kartu ini. Ukuran kartu bersponsor ini juga bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan konten Anda. Hanya saja format ini hanya bisa ditampilkan di Youtube yang diakses melalui dekstop dan perangkat seluler.

Next article Next Post
Previous article Previous Post