Wednesday, November 27, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Di setiap website atau situs yang populer pastilah memiliki hosting hebat pula di dalamnya. Faktanya keberadaan hosting dalam website ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Tapi apa sih sebenarnya web hosting itu?

Secara garis besar hosting adalah tempat untuk menyimpan file, video, musik, atau data lainnya secara online. Bukan hanya itu saja, hosting berfungsi untuk lebih ‘menghidupkan’ website dan mengelolanya dengan baik agar bisa diakses oleh orang lain dengan menggunakan internet. Kata menghidupkan di sini adalah meningkatkan jumlah traffic yang akan mengunjungi website/ blog pribadi Anda.

Jenis dari hosting sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget yang sudah dianggarkan.

Keuntungan Melakukan Sewa Hosting

Bukan hanya bisa meningkatkan jumlah traffic saja, tapi penggunaan hosting untuk website, baik itu pribadi maupun bisnis, memiliki keuntungan lain. Berikut ini adalah daftarnya:

  • Email Pribadi

Ketika Anda mendaftarkan diri pada hosting dengan domain pribadi, dalam artian bukan shared hosting, maka secara otomatis website tersebut akan membuatkan email pribadi untuk Anda.

Gunanya apa sih?

Kegunaan dari email ini adalah mengenalkan produk yang Anda jual secara online dan akan membuat usaha kamu lebih profesional dari pada menggunakan email gratisan seperti gmail dan sebagainya.

Pasti Anda pernah mendapatkan email spam setelah memasukkan email Anda ke sebuah website bukan? Begitulah cara kerjanya. Bukan hanya mengenalkan produknya saja, tapi juga memberikan informasi terbaru mengenai produk/ data/ konten yang Anda unggah. Secara garis besarnya bisa digambarkan seperti subscriber pada youtube.

  • Wadah untuk Berbagai Data

Sama seperti pengertiannya, hosting sendiri menyediakan wadah untuk menyimpan dan berbagi berbagai data/ konten yang Anda unggah. Hanya cukup tuliskan link tautan pada search bar dan pengguna akan langsung diarahkan ke data terkait.

Cukup mudah bukan?

  • Kontrol Penuh Data/ Konten yang Ada

Sebagai pemilik website, Kita akan diberikan kontrol 100% terhadapnya. Pihak hosting tidak akan ikut campur dengan data/ konten apa yang akan diunggah.

Intinya, Anda memiliki kebebasan penuh, sekaligus bertanggung jawab atas semua isi konten yang ada di website. Apapun konten yang ingin anda tampilkan, penyedia hosting tidak akan melarangnya, selama hal itu masih dalam ketentuan layanan perusahaan hosting.

Itu adalah beberapa keuntungan yang secara gamblang bisa terlihat, bahkan untuk pemula dan orang awam sekalipun. Tapi selain keuntungan di atas, masih ada banyak keuntungan lain yang bisa di dapat ketika Anda berlangganan hosting. Misalnya saja meningkatkan kredibilitas, membuat tampilan website menjadi SEO friendly, dan lain sebagainya.

Panduan Memilih Hosting yang Bagus

Apakah Anda tertarik untuk berlangganan hosting? Jangan sampai salah pilih! Hingga kini, terdapat banyak pilihan hosting, baik dari dalam maupun luar negeri, yang sama-sama menawarkan layanan terbaiknya.
pilih hosting lokal atau internasional
Pilih hosting lokal atau internasional

Tapi ternyata, tidak semuanya berkualitas dan cocok untuk digunakan pada website. Untuk itu, Anda perlu memahami panduan berikut ini agar tak lagi salah dalam memilih hosting. Let’s get to the list!

1. Pilih Penyedia Hosting yang Paling Tepat dan Cocok

Banyaknya penyedia layanan hosting dari lokal maupun internasional terkadang membuat Kita, sebagai calon penggunanya, merasa bingung harus memilih yang mana. Sebenarnya ini pertanyaan klise. Jawabannya pastilah untuk memilih satu yang terbaik dari semuanya.

Tapi bagaimana cara untuk memilih yang terbaik?

Mudah saja, Anda bisa memilih hosting yang memiliki review paling bagus dan positif. Juga melihat seberapa banyakkah penggunanya. Karena seperti pada umumnya, semakin banyak pengguna suatu hosting maka semakin baik pula reputasi hosting tersebut.

2. Telusuri Spesifikasi Servernya

For your information, performa dari website sangat bergantung pada layanan hosting yang digunakan, tentunya selain banyaknya element yang anda gunakan untuk membuat website.
Biasanya semakin baik kualitas hosting yang dipakai maka performa website pun akan meningkat, semakin bagus performa website maka jalannya traffic pun sudah bukan menjadi masalah yang serius lagi.

3. Kenali dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum riset dan memilih layanan hosting, Anda perlu memahami dengan benar apa yang sebenarnya dibutuhkan. Apa yang sebenarnya Anda butuhkan? Apakah hosting berkapasitas besar untuk sebuah bisnis, atau hosting murah meriah yang ramah dengan kantong, atau kebutuhan lainnya.

Di sini adalah waktu yang paling tepat bagi Anda untuk mengenali apa sebenarnya yang Anda butuhkan dari pelayanan hosting tersebut. Jangan sampai Anda memilih layanan hosting yang tidak sesuai, jika sudah begitu Anda malah akan dirugikan bukan? Bukan hanya rugi uang saja, tapi merugi akibat pelayanan yang tidak optimal.

4. Memiliki Garansi Resmi

Ternyata garansi juga dibutuhkan ketika hendak membeli hosting, lho! Tidak melulu tentang barang fisik saja, server hosting juga butuh adanya garansi.

Sebagai informasi saja, meskipun banyak penyedia layanan hosting dengan berbagai penawaran menariknya, tidak semuanya berani memberikan garansi kepada penggunanya. Nah di sinilah tugas Anda untuk mengetahuinya dan menggunakan mana layanan hosting dengan paket garansi di dalamnya.

Biasanya, rata-rata waktu lamanya garansi sendiri berkisar sekitar 30 hari setelah hosting berhasil diaktifkan. Tapi tidak semuanya menerapkan demikian, karena besar dan lamanya garansi tetaplah berada pada ketentuan dan keputusan yang sudah disetujui sebelumnya.

5. Harganya Cocok dengan Budget

Sama halnya seperti bisnis, semua hal dalam jalannya website bergantung pada budget yang sudah dianggarkan. Anggaran ini pun beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing website terkait.

Lihat juga: Kumpulan Promo Hosting, Ada Niagahoster Juga Lho!

Silahkan sesuaikan kapasitas hosting yang anda pilih dengan perusahaan anda, semakin banyak file yang anda upload, itu juga akan emmpengaruhi seberapa banyak kapasitas hosting yang anda sewa, dan tentu saja ini akan berpengaruh terhadap harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting Lokal dan LN

Jika kriteria hosting sudah kita temukan, kini saatnya memilih mana hosting yang baik, apakah hosting lokal saja atau yang memiliki kualitas international?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hosting sendiri bisa berasal dari dua area. Yakni lokal dan internasional. Lalu apa perbedaannya? Dan bagaimana kelebihan serta kekurangannya?

Hosting Lokal

Keuntungan dari menggunakan hosting lokal sendiri adalah kemudahan dalam melakukan transaksinya. Karena hosting lokal pastilah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utamanya. Dengan demikian, Anda bisa dengan lebih mudah berkonsultasi dan berdiskusi terkait penggunaan dan penawaran layanan hosting tersebut.

Bukan hanya itu saja, hosting lokal juga memudahkan penggunanya dalam masalah pembayaran karena menggunakan bank nasional yang sudah tersebat di berbagai daerah di Indonesia.
Kekurangan dari hosting lokal sebenarnya terletak pada harganya yang lebih mahal dengan kualitas layanan yang hampir sama (rata-rata). Hal ini bisa saja disebabkan karena hosting lokal belum memiliki cukup banyak pengguna seperti hosting internasional.

Hosting Luar Negeri

Keuntungan dari penggunaan hosting internasional adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hosting lokal namun kualitasnya tetap maksimal. Selain itu, server yang digunakan juga lebih lancar dan stabil.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri terletak pada sistem pembayarannya yang terbilang cukup rumit karena harus menggunakan pihak ketiga seperti paypal.

Bukan hanya itu saja, hosting internasional akan menggunakan bahasa ibu di negaranya ataupu bahasa internasional seperti bahasa inggris, jadi hal ini bisa saja menyulitkan orang yang kurang mahir berbahasa asing.

Bagaimana? Setelah mengenal hosting, mulai dari pengertiannya, panduan untuk memilih hosting yang tepat, juga dengan kelebihan dan kekurangan dari hosting, apakah Anda tertarik untuk membangun website Anda dengan bantuan hosting?

Next article Next Post
Previous article Previous Post