Saturday, November 23, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Tahukah Anda bahwa saat ini di Raja Ampat, sistem pengadaan barang sudah menggunakan metode LPSE. Apa itu LPSE?
pengadaan LPSE Raja Ampat
pengadaan LPSE Raja Ampat

LPSE ini merupakan singkatan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik yang merupakan suatu agenda penyelenggaraan pengadaan barang atau jasa pemerintah dengan metode elektronik.

Jadi perusahaan atau penyedia jasa dapat mengikuti pengadaan dengan melakukan pendaftaran lebih dulu dan harus menjalankan prosedur sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Lantas apa saja ketentuan dalam pengadaan barang di LPSE Raja Ampat yang kita harus tahu?
Logo LPSE

Ketentuan Pengadaan Barang di LPSE Raja Ampat

Ada beberapa ketentuan umum dalam panduan proses pengadaan barang di LPSE Raja Ampat. Adapun ketentuan tersebut diantaranya:
  • Layanan pengadaan produk secara elektronik atau yang disingkat dengan LPSE merupakan suatu unit kerja K/L/D/I yang dibentuk dalam rangka menyelenggarakan sistem pelayanan atas pengadaan barang dan atau jasa yang prosedurnya dilakukan secara elektronik.
  • Aplikasi LPSE sendiri yang diedarkan merupakan suatu model aplikasi perangkat lunak dengan sistem pengadaan secara elektronik yang berbasis web dan aplikasi perangkat lunak ini dapat diakses melalui website LPSE yang tersedia.
  • Mengenai pengguna dari LPSE sendiri merupakan suatu perorangan atau badan usaha yang memiliki hak akses kepada aplikasi LPSE dan telah direpresentasikan oleh user ID dengan password yang telah diberikan oleh LPSE diantaranya PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), Pokja ULP (Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan) dan penyedia barang atau jasa.
  • User ID yang digunakan dalam LPSE merupakan nama atau pengenal unik yang menjadi suatu model identitas diri dari Pengguna yang digunakan untuk beroperasi didalam aplikasi LPSE sendiri.
  • Password yang harus diinput merupakan kumpulan karakter yang digunakan pengguna untuk melakukan verifikasi user ID pada aplikasi LPSE.
  • APENDO merupakan suatu aplikasi pengaman dokumen yang telah dikembangkan oleh Lembaga Sandi Negara.
  • User ID dan password yang masih dalam kondisi aktif sendiri dapat digunakan pengguna untuk mengikuti pengadaan dan berbagai aktivitas lain dalam aplikasi LPSE yang terdaftar dan telah terintegrasi satu sama lain.
  • LPSE dapat menyediakan suatu sarana ruang sesuai dengan kemampuan LPSE. Layanan aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan adanya suatu fasilitas jaringan local area network untuk mengakses aplikasi LPSE.
  • Jika dalam akses LPSE, kemudian didalam ruang tidak dilengkapi dengan komputer, maka pengguna yang akan ikut suatu proses pengadaan barang atau pun jasa pemerintah dengan cara elektronik dapat membawa notebook sendiri dan nantinya disambungkan dengan jaringan LAN LPSE di ruang yang disediakan.
  • Jika tidak disediakan ruang LPSE sendiri, maka pengguna dapat melaksanakan proses pengadaan barang atau jasa pemerintah dengan konsep elektronik dari lokasi lain yang terhubung dengan internet dan tersambung dengan jaringan yang bisa diakses.
  • Pengguna dapat mengganti password sesuai dengan keinginan dan menjaganya supaya selalu bersifat rahasia.
  • Dalam proses pengadaannya sendiri, waktu yang digunakan LPSE adalah waktu dari server pada LPSE setempat.
  • Dengan menjadi pengguna LPSE maka pengguna dianggap telah memahami atau mengerti dan menyetujui semua isi didalam persyaratan dan ketentuan penggunaan sistem pengadaan secara elektronik, panduan pengguna dan juga ketentuan lain yang telah diterbitkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan barang atau jasa dari pemerintah (LKPP).
Demikian panduan pengadaan barang di LPSE Raja Ampat dan berbagai LPSE terkait yang bisa dilakukan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan membantu kepentingan LPSE semua pihak di wilayah terkait.

Next article Next Post
Previous article Previous Post