Thursday, December 12, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Di kota Jakarta perluasan aturan kawasan ganjil genap saat ini sudah memiliki payung hukum. Para pelanggar yang sudah tidak dapat lagi diingatkan membuat aturan ini memberikan penilangan bagi mereka.

Sebenarnya aturan ini hanya diberlakukan untuk mengatasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi menggunakan kendaraan umum. Namun hal ini juga tidak melarang para pengguna kendaraan pribadi. Hanya saja, anda sebagai pengguna harus taat pada aturan ganjil genap yang saat ini sudah diberlakukan.

Aplikasi Penunjuk Jalan

Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah juga tidak lupa memberikan solusi yang tepat. Selain menyediakan jalur alternatif dibuat juga kemudahan untuk pemilik kendaraan pribadi.

Pemerintah melakukan kerja sama dengan aplikasi penunjuk jalan, seperti Waze dan Google Maps. Menggunakan aplikasi tersebut para pengguna roda empat dapat dimudahkan dalam mencari jalan perluasan jalur ganjil genap.

Aplikasi Waze

Penerapan jalur ganjil genap saat ini justru menjadi momok bagi para pengguna mobil pribadi di Ibukota. Apalagi saat ini pemerintah menambah zona jalur ganjil genap di beberapa daerah lainnya.
Jika bagi pengguna mobil pribadi apabila salah masuk jalur, maka akan berakibat fatal. Terkadang bukan karena ingin melanggarnya, namun disebabkan kurangnya informasi yang didapatkan.
Hindari tilang ganijl genap di Jakarta

Agar dapat menghindari hal ini sebaiknya anda tambah informasi untuk mengetahuinya. Jika tidak, saat ini sudah tersedia aplikasi Waze. Aplikasi ini memuat informasi lengkap agar dapat terhindar dari jalur ganjil genap.

Langkah melakukan pengaturan aplikasi Waze dapat dilakukan dengan mudah. Ketuk ikon bergambar kaca pembesar di bagian kiri bawah layar. Langkah selanjutnya pilih ikon berbentuk gerigi di bagian pojok kanan atas.

Setting lengkap: Cara Setting Waze dan Gmaps untuk Plat Ganjil Genap Jakarta

Kemudian gulung layar sampai anda menemui opsi Navigation. Pada menu Navigation di bagian more options, kemudian akan menemui submenu License plate restriction. Masuk pada bagian submenu dengan mengetuknya.

Jika sudah anda lakukan, masukkan dua angka terakhir nomor kendaraan anda. Ketuk done saat proses sudah selesai. Cara ini akan membuat Waze secara otomatis mengarahkan ke jalur yang pas dengan nomor kendaraan.

Aplikasi Google Maps

Aplikasi selanjutnya yang sama fungsinya yaitu Google Maps. Aplikasi Google Maps merupakan aplikasi peta paling populer. Aplikasi ini sama seperti aplikasi Waze.

Cara yang dapat anda lakukan hampir sama dengan setting aplikasi Waze. Anda bisa memperoleh aplikasi ini dengan gratis.

Langkah yang bisa anda lakukan yaitu buka setting di Google Maps. Langkah selanjutnya ketuk ikon 3 garis di sebelah kiri bagian atas. Langkah selanjutnya gulung layar kemudian pilih setting.
Pada bagian menu setting anda akan menemukan opsi Navigation setting. Di dalamnya akan anda temukan avoid odd-even traffic fines.

Di sana akan muncul pilihan even plate dan odd plate. Kedua pilihan itu mengacu kepada nomor kendaraan anda. Even berlaku untuk nomor angka genap sedangkan pilihan odd berlaku untuk angka ganjil.

Jika semua langkah sudah dilakukan selanjutnya Google Maps akan membantu. Aplikasi ini secara otomatis akan memilih jalur sesuai dengan plat nomor kendaraan anda.

Keuntungan Aplikasi Waze dan Google Maps

Menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk perjalanan akan memberikan banyak keuntungan. Waze unggul dalam pencarian jalan alternatif saat terjadi kecelakaan atau kemacetan.

Aplikasi ini dapat membawa anda melewati jalur tikus sehingga akan tiba di tempat tujuan lebih cepat. Google Maps juga memiliki banyak keuntungan. Sama seperti aplikasi Waze, Google Maps juga mampu memberikan jalur alternatif.

Lihat juga: Panduan Lengkap GAGE DKI Jakarta [Update TOL]

Sehingga anda akan lebih cepat mencapai tujuan. Tampilan peta yang ada pada aplikasi ini dapat mempermudah anda saat berkunjung ke daerah atau tempat yang sedang dicari.

Next article Next Post
Previous article Previous Post