Tuesday, December 3, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
SAP Procurementadalah software yang akan membantu proses pembelian atau pengadaan barang, dan pengelolaan inventaris. SAP (System Application and Product in Data Processing) adalah software berbasis ERP (Enterprise Resources Planning). SAP dalam Procurement ini biasanya digunakan sebagai alat bantu perusahaan dalam merencanakan dan melakukan operasionalnya dengan baik dan efektif.
Aplikasi software SAP pada perusahaan
Aplikasi software SAP pada perusahaan

SAP Procurement mendukung multi tungas tingkat tinggi guna kegiatan operasional sebuah perusahaan. Alasannya, karena SAP Procurement tersusun atas banyaknya modul – modul untuk menjalankan semua fungsi secara otomatis dan terintegrasi. Beberapa modul dalam SAP Procurement antara lain sebagai berikut, yakni Sales and Distribution, Material Management, Production Planning, Financial Accounting, dan Controlling.

Tujuan SAP Procurement Pada Perusahaan

Sebagai modul material management, penerapan SAP Procurement pada perusahaan pastinya bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa tujuan penerapan SAP dalam pengadaan barang atau Procurement yang harus Anda tahu.
  • Meningkatkan kecepatan berbisnis
  • Meningkatkan konsistensi bisnis

Yang dimaksudkan dengan meningkatkan kecepatan bisnis di sini mencakup mengenai peningkatan respon terhadap trend pasar yang terus alami perubahan. Selain itu, peningkatan layanan juga diperlukan untuk tujuan lain dalam sebuah bisnis.

Penerapan SAP Procurement pada perusahaan juga bertujuan untuk meningkatkan konsistensi. Dimana dalam hal ini Anda akan lebih mudah lagi dalam memastikan bahwasannya SOP perusahaan sudah berjalan dengan baik. SAP Procurement bahkan mampu meningkatkan fungsi monitoring, terutama untuk bagian control dimasing – masing divisi.

Tentu saja dengan beberapa keuntungan penerapan SAP Procurement tersebut tidak heran jika saat ini semakin banyak saja produk SAP di Indonesia. Namun meskipun demikian, pastikan Anda sudah memilih produk SAP untuk pengadaan barang yang benar – benar sesuai dengan profit perusahaan. Caranya adalah dengan melakukan perencanaan yang matang, sehingga SAP Procurement benar – benar bisa meningkatkan produktifitas dan profit perusahaan.

Pada dasarnya dalam melakukan proses pengadaan barang melalui SAP ada beberapa proses yang harus Anda jalankan, dan dokumen yang dihasilkan, diantaranya sebagai berikut.
  • Demand Determination
  • Source Determination
  • Supplier Selection
  • Purchase Order Processing
  • Order Monitoring
  • Goods Receipt
  • Invoice Verification
  • Payment Processing

Mulai digunakan sejak 10 tahun yang lalu, SAP Procurement umumnya diterapkan pada perusahaan – perusahaan berskala besar. SAP Procurement bahkan diklaim cukup sukses menjadi software pendukung ERP yang paling banyak digunakan, terutama di Indonesia. Selain itu, SAP Procurement juga berguna sebagai pembantu dalam penyajian data secara real time, dengan begitu keputusan bisnis perusahaan bisa sesuai. Tidak salah memang kalau pada akhirnya SAP Procurement digadang – gadang sebagai software terbaik, yang hadir dengan sistem yang cukup bagus untuk melakukan pengaturan kinerja sales dan manajemen layanan konsumen.

Layanan yang ditawarkan SAP Procurement akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi secara langsung ke pelanggan. Selain itu, melalui SAP Procurement dalam perusahaan Anda juga bisa mendapat sajian data secara real time. Ini tentu saja sangat berguna sekali untuk membantu team sales dalam mengambil keputusan yang tepat dengan dasar data yang relevan.

Adapun keuntungan lain yang ditawarkan SAP Procurement seperti proses penjualan yang berjalan dengan cepat, proses pengambilan keputusan lebih akurat dan cepat, bisa menyelesaikan masalah dengan pelanggan lebih cepat, dan integrasi omnihchannel. Tidak salah pula kalau SAP Procurement dijadikan sebagai sistem informasi terbaik untuk perusahaan manufaktur dan jasa mengintegrasikan bisnisnya dalam berbagai aspek.


Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang apa yang dimaksud SAP Procurement. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post