Friday, December 6, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sebelum kita membahas tentang bagaimana panduan membuat NPWP secara online, kita akan bahas dulu sebenarnya NPWP itu apa sih?

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak (dalam bahasa inggris biasa disebut Taxpayer Identification Number - TIN) merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai tanda atau identitas pajak bagi pihak yang bersangkutan. Baik badan atau perorangan yang memiliki penghasilan harus menyetorkan pajak sesuai yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada pihak yang melakukan pemungutan pajak.
Panduan membuat NPWP secara Online, Mudah saja loh!
Panduan membuat NPWP secara Online, Mudah saja loh!

Bagi seorang wajib pajak baik itu wajib pajak pribadi atau badan yang akan membuat NPWP, sekarang NPWP bisa didaftarkan secara online. Berikut panduan membuat NPWP secara online baik untuk subjek pribadi atau badan yang Anda harus tahu dan pahami!

NPWP Online untuk Pribadi Atau Badan Usaha

Panduan membuat NPWP secara online untuk pribadi atau badan sebenarnya sangat mudah dan caranya hampir sama. Namun disini kita tetap akan membahasnya secara terpisah. Untuk membuat NPWP secara online untuk pribadi, langkah – langkahnya yaitu :
  • Kunjungi situs pendaftaran NPWP melalui e-registration (E-REG DJP)
  • Klik daftar yang berada di bagian paling bawah
  • Lengkapi seluruh data pendaftaran secara benar. Data yang diminta meliputi alamat email, nama, password dan yang lainnya. 
  • Anda kemudian nantinya akan mendapatkan berbagai macam panduan untuk melakukan aktivasi dari Direktorat Jenderal Pajak yang dikirimkan melalui email yang sudah didaftarkan. 
  • Anda harus mengikuti petunjuk pada email dalam melakukan step by step aktivasinya.

Selanjutnya buat NPWP online dengan langkah – langkah sebagai berikut :
  • Setelah proses aktivasi sudah berhasil dilakukan, Anda perlu melakukan login kembali pada sistem E-registration dengan cara memasukkan alamat email beserta password yang Anda sudah buat. Kemudian Anda akan melihat seperti apa tampilan registrasi data Wajib Pajak untuk pembuatan NPWP.
  • Lengkapi semua data secara benar di bagian formulir persyaratan untuk membuat NPWP yang tersedia
  • Jika memang data – datanya sudah diisi, selanjutnya Anda harus klik daftar untuk mengirim registrasi wajib pajak secara elektronik ke KPP tempat dimana wajib pajak mendaftar dan terdaftar. 
  • Setelah itu Anda cetak formulir registrasi beserta surat keterangan terdaftar yang terdapat dibagian layar.
  • Tandatangani formulir registrasi wajib pajak yang didapatkan dengan dilengkapi bersama dokumen lain yang memang diperlukan. 
  • Selanjutnya kirimkan semua dokumen ke KPP tempat Anda mendaftarkan diri. Berkas tersebut bisa dikirim melalui pos atau bisa diserahkan secara langsung ke tempat KPP pajak. Anda perlu tahu juga bahwa pengiriman dokumen harus dilakukan paling lambat selama 14 hari setelah formulir dikirimkan secara elektronik. 
  • Jika Anda ingin mengirimkan berkas tanpa mendatangi KPP atau melalui pos, caranya juga mudah. Anda bisa scan semua dokumen dan data kemudian unggah dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-registration. 
  • Ketika berkas sudah dikirim, tunggu sampai kartu NPWP sampai ke alamat rumah Anda. Anda bisa memeriksa status pendaftaran melalui alamat email atau melalui halaman history pendaftaran di bagian aplikasi e-Registration. Jika statusnya ditolak, segeralah lengkapi data – data yang memang perlu diperbaiki. 

Cara Membuat NPWP Online Badan Usaha

Aktivasi akun

Panduan membuat NPWP secara online cukup mudah. Pertama – tama Anda kunjungi situs Direktorat Jenderal Pajak dengan mengakses laman online di situs pajak.go.id. Kemudian aktivasi akun.

Aktivasi akun dilakukan dengan cara membuka langsung inbox atau kotak masuk dari email yang Anda gunakan dalam melakukan prosedur pendaftaran, kemudian buka email yang masuk dari Direktorat Jenderal Pajak. Selanjutnya ikuti semua petunjuk yang ada didalam email untuk melakukan step by step aktivasinya.

Isi semua formulir pendaftaran 

Setelah semua proses aktivasi dilakukan, selanjutnya login ke sistem e-registration dengan cara memasukkan alamat email serta password akun yang sudah dibuat. Anda juga bisa klik tautan yang terdapat didalam email aktivasi kedua dari Direktorat Jenderal Pajak.

Kemudian setelah Anda melakukan login, Anda harus segera menuju ke halaman registrasi data wajib pajak untuk memulai proses pembuatan NPWP. Anda harus mengisi semua data dengan benar di bagian formulir yang tersedia. Selanjutnya ikuti semua tahapan secara teliti. Jika memang data yang diisi benar, akan muncul surat keterangan terdaftar sementara.

Kirim formulir pendaftarannya

Jika semua data pada bagian formulir pendaftaran sudah terisi secara lengkap, kemudian pilih tombol daftar untuk mengirim formulir registrasi wajib pajak secara elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak yang merupakan KPP dimana wajib pajak mendaftar dan terdaftar.

Lakukan pencetakan

Selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah mencetak dokumen yang diperlukan. Dokumen – dokumen yang diperlukan tersebut diantaranya meliputi formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan terdaftar sementara.

Tanda tangan formulir registrasi wajib pajak dan melengkapi semua dokumen

Setelah formulir registrasi wajib pajak dicetak, Anda harus tanda tangan disana. Kemudian sertakan juga berkas dokumen persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah Anda isi dan Anda tangani semua formulir pendaftaran, kemudian formulir registrasi wajib pajak tersebut bisa Anda bawa langsung ke KPP terdekat.

Cek status dan tunggu kiriman kartu NPWP

Setelah berkas dokumen Anda kirimkan, Anda bisa melakukan pemeriksaan status pendaftaran NPWP perusahaan melalui email atau di halaman history pendaftaran didalam aplikasi e-registration. Jika kemudian statusnya ditolak, Anda harus perbaiki beberapa data yang memang kurang lengkap.
Akan tetapi jika statusnya disetujui, maka kartu NPWP perusahaan Anda akan segera bisa dikirim melalui Pos yang sudah tercatat.

Itulah berbagai macam panduan membuat NPWP secara online yang Anda harus tahu. Anda yang akan membuat NPWP tentu informasi diatas akan menjadi informasi yang sangat membantu Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post