Monday, January 13, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia, terutama pada kurikulum 2013 ini akan ada banyak sekali materi baru yang diajarkan kepada muridnya. Bahkan materi yang akan diajarkan tersebut tingkatannya akan lebih tinggi dan lebih baik daripada kurikulum sebelumnya.

Nah, salah satu materi yang cukup banyak dibahas dalam pelajaran ini adalah materi teks eksplanasi. Materi yang satu ini merupakan salah satu materi yang kerap dipelajari di jenjang SMA/SMK/MA. Tentu saja Anda harus menguasai materi ini secara keseluruhan. Mulai dari pengertian, ciri-ciri yang, struktur, fungsi fakta ilmiah dan lain-lain.
Fungsi fakta ilmiah dalam teks eksplanasi
Fungsi fakta ilmiah dalam teks eksplanasi

Dengan mengenal dan paham tentang materi pembelajaran tersebut, nantinya Anda pasti bisa membuat suatu karangan yang berupa informasi mengenai ilmu pengetahuan. Jadi, Anda tidak akan kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan mengenai materi ini. untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Fakta Ilmiah Dalam Teks Eksplanasi

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memahami apa itu teks eksplanasi, hal pertama yang harus diketahui adalah pengertiannya. Setelah itu, baru Anda mengenal unsur lainnya. Pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri adalah sebuah teks yang berisi tentang bagaimana dan mengapa proses suatu kejadian sosial, ilmu pengetahuan dan lainnya bisa terjadi.

Nah, fungsi dari fakta ilmiah ini adalah untuk menjelaskan mengenai urutan sebab akibat dari sebuah peristiwa sosial atau alam yang sudah terjadi. Selain itu, juga bisa digunakan untuk memberikan sebuah contoh agar para pembaca bisa memahami sebuah teks eksplanasi tersebut.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi

Struktur dan Ciri-Ciri teks Eksplanasi

Agar teks eksplanasi bisa dibuat dengan baik. Hal yang perlu Anda perhatikan dan pahami adalah strukturnya. Tentu saja Anda harus menguasai tentang apa saja struktur yang ada dalam teks eksplanasi. Berikut beberapa strukturnya:
  • Pernyataan umum
  • Memiliki hubungan sebab akibat
  • Interpretasi.

Selain memiliki struktur yang lengkap dan jelas, teks yang satu ini juga memiliki ciri khusus lho. Penasaran apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak beberapa ciri khusus dari teks yang satu ini:
  • Memiliki struktur yang lengkap seperti pernyataan umum, hubungan sebab akibat dan interpretasi
  • Informasi yang dicantumkan berdasarkan fakta yang ada
  • Fakta tersebut berisi informasi yang bersifat ilmiah.

Tujuan Teks Eksplanasi

Nah, tujuan dibuatnya teks eksplanasi ini yaitu untuk menjelaskan suatu proses dari segala fenomena yang telah terjadi di lingkungan sekitar. Baik itu fenomena sosial maupun fenomena alam. Jadi, teks ini sangat penting dibuat agar orang-orang bisa mengetahui apa saja fenomena yang telah terjadi. Serta bagaimana tanggapannya untuk fenomena tersebut.

Demikian ulasan mengenai apa saja yang termuat dalam materi pembelajaran teks eksplanasi. Selain harus memiliki struktur yang lengkap, dalam membuat teks ini, Anda juga harus menyertakan beberapa fakta ilmiah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi fakta ilmiah ini harus ada dalam teks eksplanasi. Hal ini bertujuan agar para pembaca bisa memahami isi dari teks tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang akan membuat teks eksplanasi.

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post