Wednesday, January 29, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Dalam pemerintahan, tentu sudah tak asing lagi dengan Badan Kepegawaian Negara. Lembaga diluar kementrian Tanah Air ini berperan penting dalam bidang kepegawaian negara. BKN berdasarkan peraturan pemerintah No 32 tahun 1972 memiliki kedudukan, tugas, fungsi, susunan, dan juga cara kerja instansi di dalam mengelola kepegawaian sudah makin dikembangkan. BKN sudah ditetapkan sebagai lembaga non departemen yang telah memiliki kedudukan langsung di bawah pertanggungjawaban dari Presiden.

Tugas Badan Kepegawaian Negara

BKN tak hanya bertugas sebagai pelaksanaan tugas pemerintah pada bidang manajemen kepegawaian saja, akan tetapi hal ini dilakukan juga telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ada. BKN juga bertugas untuk dapat mengendalikan seleksi dari calon pegawai ASN. Tak hanya itu, BKN juga memiliki tugas untuk membina penyelenggaraan kompetensi dan juga mengevaluasi penilaian kinerja dari pegawai ASN oleh badan instansi pemerintah.
Ilustrasi badan kepegawaian negara
Ilustrasi badan kepegawaian negara
Membina jabatan fungsional dalam bidang kepegawaian, serta mengelola, dan juga mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN dengan berbasis kompetensi dasar. Selain itu, BKN juga telah didukung dengan sistem informasi kearsipan yang sudah sangat komprehensif. BKN juga memiliki tugas untuk menyusun dasar standar, norma, prosedur teknis dalam pelaksanaan kebijakan manajemen ASN.

Fungsi BKN

Sedangkan, untuk fungsi dari BKN ini adalah untuk menyusun serta menetapkan kebijakan teknis. Kedua hal ini dapat terjadi dalam bidang manajemen kepegawaian. Tak hanya itu, BKN juga memiliki fungsi seperti pengadaan, pemberhentian atau pensiun, mutasi status, serta kedudukan para pegawai negeri sipil. Penyelenggaraan administrasi pensiun juga merupakan fungsi dari BKN.

Penyelenggaraan dalam sistem informasi, pengawasan, serta pengendalian pelaksanaan kepegawaian juga merupakan fungsi dari BKN ini. Selain itu, BKN juga memiliki fungsi sebagai penelitian dan juga pengembangan yang ada dalam bidang manajemen kepegawaian, pelaksanaan bantuan hukum, penyelenggaraan pendididikan, hingga pelatihan dalam bidang manajemen kepegawaian. Pembinaan dan juga penyelenggaraan dukungan administrasi dari semua unit organisasi pada lingkungan BKN juga pengawasan atas pelaksanaan tugas juga merupakan fungsi dari BKN.

Wewenang Utama BKN

BKN memiliki wewenang yang terdiri dari penyusunan rencana nasional secara makro dalam bidangnya. Perumusan dalam bidang tersebut juga dilakukan sebagai pendukung setiap pembangunan makro. Selain itu, BKN juga memiliki kewenangan untuk menetapkan sistem informasi yang ada dalam bidangnya serta pelaksanaan mutasi untuk pegawai antar Provinsi.

Kewenangan Lain BKN

Tak hanya wewenang utama, BKN juga memiliki beberapa kewenangan lain yang telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Mulai dari perumusan serta pelaksanaan kebijakan tertentu dalam bidang kepegawaian. Penyusunan standar, norma dan juga prosedur kepegawaian negara berdasarkan pengendaliannya. Memiliki wewenang penyusunan program kepegawaian secara nasional dan juga sudah seusai dengan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah.

Tak hanya itu, BKN juga memiliki wewenang dalam melakukan penyelenggaraan dalam bidang administrasi mutasi kepegawaian antar kota provinsi dengan perumusan standar yang telah sesuai dengan prosedur mengenai pengangkatan, perencanaan, pemindahan, pensiun, penetapan gaji, penetapan tunjangan, kewajiban dan kedudukan dari PNS. Penyelenggaraan administrasi kepegawaian nasional serta pemanfaatan pendidikan juga menjadi wewenang dari BKN.

Struktur Organisasi BKN

Mengenai struktur organisasi BKN ini terdiri dari kepala, wakil kepala, dan juga sekertariat utama. Deputi bidang pembinaan manajemen kepegawaian, deputi bidang mutasi kepegawaian, deputi bidang pengawasan dan pengendalian juga merupakan struktur organisasi dari BKN. Selanjutnya, pusat pembinaan jabatan fungsional kepegawaian pusat pengembangan, sistem recruitment aparatur sipil negara juga bagian dari struktur organisasi dari BKN.

Next article Next Post
Previous article Previous Post