Saturday, February 22, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Era digital benar – benar dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mengembangkan layanan dan eksistensi. Tak terkecuali dengan Direktorat Jenderal Pajak yang juga memanfaatkan elemen digital untuk memperluas layanan yang diberikan.
Ebilling pajak, layanan utama di DJP Online
Ebilling pajak, layanan utama di DJP Online

Salah satu contohnya Direktorat Jenderal Pajak memiliki DJP online sebagai layanan yang bisa diakses oleh masyarakat. Apa itu DJP online?

DJP online merupakan suatu aplikasi pajak online dari Direktorat Jenderal Pajak dimana fungsinya adalah untuk memberikan fasilitas kepada Wajib Pajak untuk melaporkan SPT pajak atau pembayaran pajak secara online melalui aplikasi e-Billing pajak dan e-filling.

Lantas, apa saja layanan dan fitur yang diberikan di situs aplikasi pajak online Direktorat Jenderal Pajak ini dan apa sih tujuan aplikasi tersebut diterbitkan?

Tujuan DJP Online dan Fitur – Fitur Layanannya 

Sebelum kita membahas mengenai fitur DJP online, kita akan membahas lebih dulu tentang tujuan DJP online untuk apa dibuat. Diterbitkan DJP online oleh Direktorat Jenderal Pajak secara umum memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat atau pihak Wajib Pajak dalam upaya penyelesaian kewajiban pajak yang dibebankan.

Melalui aplikasi DJP online, Anda bisa menyelesaikan semua urusan pajak dari mana saja dan kapan saja serta Anda juga bisa melakukan secara lebih praktis semua hal tanpa Anda harus mengunjungi kantor pelayanan pajak.

Lantas, apa saja fitur dari DJP online yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan pelaporan pajak? DJP online setidaknya memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pelaporan pajak. Adapun fitur – fitur dari DJP online pajak meliputi :
  • Fitur aktivasi e-FIN (Electronic Filing Identification Number)
  • Fitur e-Filing atau pelaporan pajak secara online
  • Fitur layanan ID billing (eBilling)
  • Fitur layanan pembuatan e-Bukti potong atau e-Bupot bagi perusahaan yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak
  • Fitur layanan formulir elektronik atau e-Form untuk SPT tahunan 1771 dan juga SPT tahunan 1770

Sebagai aplikasi yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah, DJP online ini merupakan sebuah aplikasi yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah dan memberikan keuntungan bagi masyarakat Wajib Pajak yang meliputi:
  • Dapat melakukan suatu langkah aktivasi e-Fin secara online dengan sangat praktis dan sangat mudah dimana saja dan kapan saja.
  • Pihak Wajib Pajak tak perlu merasa repot untuk membuat bukti e-Bupot secara manual walau saat ini memang masih sangat terbatas untuk perusahaan tertentu yang ditetapkan oleh DJP saja. 
  • Anda dapat melakukan metode pengisian e-Form untuk SPT tahunan 1771 dan SPT tahunan 1770 yang dilakukan secara online pengisian formnya. 
  • Memudahkan Wajib Pajak untuk membuat bukti penerimaan elektronik atau nomor tanda terima elektronik dan mendapat jaminan keabsahan. 
  • Jika memang Anda mendapatkan manfaat layanan ID billing, dapat dipastikan bahwa ID billing yang Anda sudah terima memang sah. 

Untuk Wajib Pajak yang sudah mendaftar dan melakukan metode aktivasi akun DJP online, Anda bisa mengambil berbagai macam keuntungan. Sementara untuk Anda, Wajib Pajak yang belum melakukan upaya pendaftaran dapat memulainya dengan cara melakukan pembuatan akun DJP secara online.

Dalam melakukan pendaftaran akun DJP online, untuk mengantisipasi berbagai kesalahan maka Anda perlu tahu kode errornya. Adapun kode error dalam site DJP online yang seringkali muncul sebagai berikut:

Kode error SO0001

Kode error yang menampilkan SO0001 biasanya menunjukkan bahwa NPWP tidak dapat ditemukan. Padahal Anda sudah merasa benar dalam memasukkan NPWP.

Jika memang hal ini terjadi, Anda harus segera datang ke Kantor Pelayanan Pajak yang terdekat untuk melakukan berbagai macam metode konfirmasi. Bisa saja kesalahan yang terjadi berakibat karena adanya kerusakan sistem. Maka Anda harus segera melapor ketika kode error yang menampilkan SO0001 Anda alami.

Kode error SO0002

Kode SO0002 merupakan suatu kode yang menunjukkan bahwa data pengguna tidak ditemukan. Kesalahan dapat terjadi karena Anda masih belum melakukan aktivasi melalui link yang dikirimkan ke email Anda.

Untuk mengatasi kendala ini, Anda hanya perlu membuka link yang tampil dan ikuti petunjuk selanjutnya sampai semua bisa Anda akses kembali.

Kode error SO0004

Kode SO0004 menunjukkan bahwa akun user belum aktif. Jika Anda sudah berhasil untuk melakukan pendaftaran akun DJP secara online namun belum melakukan prosedur aktivasinya, maka kode SO0004 akan muncul.

Mungkin Anda lupa melakukan aktivasi melalui link yang dikirimkan ke email Anda. Atau Anda masih belum mendapatkan informasi link tersebut sehingga Anda dapat melakukan permintaan link ulang dengan cara klik menu “Belum menerima link aktivasi? Klik disini”. Setelah itu, Anda bisa mengulangi aktivasi akunnya.

Kode error SO0005

Kode error SO0005 biasanya terjadi kesalahan seperti ketika Anda dinyatakan untuk melakukan pendaftaran email yang sudah pernah digunakan. Biasanya terjadi pada tingkat pelaporan pajak yang dilakukan secara kolektif. Anda juga dapat memakai email yang lain dan email yang sebelumnya masih belum Anda pergunakan untuk melakukan pendafataran akun DJP secara online.

Kode error SO0006

Ketika terjadi kegagalan autentikasi, maka kode error SO0006 akan Anda temukan. Itu artinya link aktivasi yang dikirimkan ke email Anda memuat kesalahan tentang cara sinkronisasi dengan database DJP online.

Sehingga ketika Anda harus mengulangnya melalui halaman utama laman DJP online dan Anda pilih menu untuk meminta kembali link aktivasinya. Setelah Anda mendapatkan balasan email yang berisi link, maka nantinya Anda dapat membuka link dan baru bisa melakukan metode autentikasinya.

Itulah informasi tentang DJP online dan fitur – fitur layanannya yang penting Anda tahu. Manfaatkan DJP online beserta segala macam fiturnya sebaik mungkin.

Next article Next Post
Previous article Previous Post