Tuesday, March 31, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Beberapa waktu yang lalu, banyak siswa kelas XII yang dibuat pusing oleh LTMPT. Lembaga yang bertanggung jawab mengelola dan mengolah data untuk keperluan SNMPTN mengharuskan siswa untuk memasukkan nomor NPSN untuk registrasi akun LTMPT. Minimnya informasi membuat banyak pelajar, terutama yang berasal dari daerah pelosok kebingungan untuk mendapatkan NPSN.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan NPSN? Bagaimana pula cara untuk mengecek NPSN sekolah Anda? Jangan lewatkan pembahasan lengkap mengenai NPSN dan NISN berikut ini.

Apa Itu NPSN?

Pertama, Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan NPSN. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) merupakan kode pengenal yang bersifat unik untuk sekolah. Kode ini berlaku secara nasional dan masing-masing sekolah mempunyai kode yang berbeda. Kode tersebut terdiri dari 8 digit angka untuk tiap sekolah pada setiap jenjang, mulai dari TK hingga SMA/SMK/MA.

Melalui dinas pendidikan, PDSP bertanggung jawab untuk menetapkan kode pengenal NPSN di seluruh Indonesia. Tujuan pembuatan NPSN adalah untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan data pada tiap-tiap satuan pendidikan.
ilustrasi sekolah terdaftar NPSN
Ilustrasi sekolah terdaftar NPSN (spasial.data.kemdikbud.go.id)

Sebelumnya, penyusunan kode sekolah berbeda antara satu provinsi dengan provinsi lain. Hal ini menyebabkan munculnya data ganda yang berakibat pada sistem penggajian, registrasi, dan lain sebagainya. NPSN merupakan penggabungan dan penyederhanaan sistem sehingga tidak ada lagi kerancuan pada kode pengenal sekolah di masing-masing provinsi.

Apa perbedaan antara NPSN dan NISN? Banyak orang yang keliru dalam membedakan NPSN dan NISN. NISN merupakan nomor induk yang dimiliki oleh setiap peserta didik dan dikelola oleh PDSP. Dengan kata lain, NISN berlaku untuk peserta didik sedangkan NPSN digunakan untuk sekolah.

Cara Mengecek NPSN

Pengecekan NPSN dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. Anda bisa mengunjungi situs referensi.data.kemdikbud.go.id. Anda hanya perlu membuka laman resmi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan tersebut kemudian masukkan kata kunci untuk pencarian. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut.
[UPDATE] Berhubung situs resmi untuk pengecekat data NPSN sedang dalam perbaikan, Anda perlu menggunakan alternatif cara cek NPSN yang aktif yang kami sediakan di tulisan ini. 
Situs referensi.data.kembdikbud.go.id error
Situs referensi.data.kembdikbud.go.id error
  1. Akses laman resmi
Kementerian Pendidikan telah meluncurkan sebuah website resmi untuk mengecek berbagai data dan informasi sekolah. Untuk mengetahui NPSN sekolah Anda, silahkan akses melalui laman referensi.data.kemdikbud.go.id.
  1. Pilih menu Data Master Pendidikan
Setelah membuka website tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman utama. Terdapat beberapa menu utama yang bisa Anda gunakan. Untuk mengecek NPSN, silahkan pilih menu Data Master Pendidikan.
  1. Pilih satuan pendidikan
Setelah memilih menu data master, selanjutnya Anda harus memilih submenu sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah Anda. Terdapat pilihan Pendidikan Dasar & Menengah, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarakat, dan Pendidikan Khusus. Untuk mengecek sekolah pada tingkat SMA/sederajat, pilih submenu Pendidikan Dasar & Menengah.
  1. Pilih provinsi
Layar Anda akan memunculkan sebuah tabel berisi informasi mengenai provinsi dan jumlah sekolah negeri dan swasta pada masing-masing provinsi. Pilih provinsi tempat Anda bersekolah.
  1. Pilih kabupaten
Selanjutnya, akan muncul lagi sebuah tabel berisi daftar kabupaten dan jumlah sekolah, baik negeri maupun swasta pada tiap kabupaten. Klik kabupaten tempat sekolah Anda.
  1. Pilih kecamatan
Setelah memilih kabupaten, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya yang memuat tabel satuan pendidikan di tingkat kecamatan. Pilih kecamatan tempat Anda bersekolah.
  1. Cari NPSN
Setelah memilih kecamatan, Anda akan melihat sebuah tabel berisi daftar satuan pendidikan di kecamatan yang Anda inginkan. Cari sekolah Anda kemudian catat NPSN yang terdiri dari 8 digit angka.

Alternatif Cek NPSN lewat Dapo.Dikdasmen

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa melakukan pengecekan NPSN melalui laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Cara ini menawarkan langkah yang lebih mudah dan singkat dibandingkan cara sebelumnya. Beruntungnya lagi, saat web referensi.data kemdikbud sedang mengalami site maintenance, situs Dapodikdasmen ini tetap aktif dan dapat melakukan pengecekan NPSN. Untuk penjelasan lebih lengkap, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Cek NPSN Sekolah di situs Dapodikdasmen tetap aktif
Cek NPSN Sekolah di situs Dapodikdasmen tetap aktif

  1. Akses laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pencarian
Bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengakses NPSN, laman ini menawarkan cara yang lebih mudah, cepat, dan praktis. Anda akan langsung diarahkan ke menu pencarian sekolah dengan memasukkan NPSN. Untuk melihat daftar sekolah berdasarkan wilayah, Anda dapat menuju pada halaman berikut: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sp.
  1. Cari sekolah
Setelah halaman terbuka, Anda dapat langsung melakukan pencarian. Pada kolom di bawah tulisan Kriteria, masukkan kata kunci untuk mencari satuan pendidikan yang ingin Anda ketahui. Kata kunci dapat berupa kecamatan tempat sekolah Anda berada.
  1. Pilih Tampilkan
Setelah memasukkan kata kunci, Anda dapat menekan tombol Tampilkan yang terletak pada bagian bawah kolom pencarian. Tunggu beberapa saat, halaman akan menampilkan daftar satuan pendidikan yang terletak di kecamatan tersebut.
  1. Catat NPSN
Pada daftar satuan pendidikan, Anda dapat melihat nama sekolah beserta NPSN. Catat nomor unik tersebut. Jika Anda menginginkan informasi lebih lengkap mengenai sekolah, silahkan klik pada nama sekolah.

Cara mengecek NPSN sekolah adalah hal yang mudah. Ada dua pilihan cara yang bisa Anda pilih, yaitu melalui referensi.data.kemdikbud.go.id atau melalui dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Namun, cara kedua menawarkan langkah yang lebih praktis dan cepat karena Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Contoh Kode NPSN

Untuk lebih jelas mengenal NPSN, berikut contoh daftar Nomor Pokok Sekolah Nasional untuk Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Informasi berikut diambil dari open data yang ada di situs resmi referensi.data.kemdikbud.go.id.

NPSNNAMA SATUAN PENDIDIKANALAMAT
60725437MAS AL QALAMJl. Menteng Tenggulun No. 17 Rt: 009 Rw: 010
60706387MIS AL MAMURIYAHRaden Saleh Raya No. 30
60706386MIS KARISMAMatraman Masjid No.1
60706388MIS TSAQOFAH ISLAMIYAHJL. SURABAYA TIMUR UJUNG 145 RT. 014/002
20178147MTSS AL QALAMJl. Menteng Tenggulun No. 17 Rt/rw: 009/010, Menteng
20109442SD ADVENT MENTENGJl. Sawo No.27
20104723SD AMIR HAMZAHJL.MATRAMAN TIMUR NO 34 A
20104508SD NEGERI CIKINI 01 PAGIJl.Cidurian No. 2 A
20104509SD NEGERI CIKINI 02Jl. Cidurian No. 2A
20104530SD NEGERI GONDANGDIA 03 PGJl.Probolinggo No.20

Tanya-Jawab

Kode NPSN ini berlaku untuk tingkat sekolah apa saja?
Nomor pokok sekolah berlaku untuk lembaga pendidikan tingkat dasar dan menengah. Diantara yang wajib memiliki NPSN adalah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan yang sederajat.

Apa fungsi NPSN bagi pihak sekolah?
Adanya NPSN memastikan bahwa sekolah tersebut terdaftar secara resmi di dalam data Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Adanya kode yang berlaku secara nasional ini juga memastikan tidak ada data sekolah ganda sehingga setiap sekolah dapat dibedakan satu sama lain. Fungsi lain dari nomor NPSN ini adalah pada saat pendaftaran SNMPTN/UTBK untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi seperti Universitas dan Politeknik.

Berapa digit kode NPSN sekolah?
Standar kode NPSN di Indonesia berjumlah 8 digit.

Apakah TK dan sekolah pre-school juga harus memiliki NPSN?
Sejak tahun 2016, sekolah setingkat TK / playgroup juga dianjurkan untuk memiliki NPSN sebagai bukti bahwa lembaga tersebut terdaftar secara resmi. Diantara pendidikan prasekolah yang dapat memiliki NPSN resmi adalah TK, KB (Kelompok Bermain), TPA, dan SPS.

Next article Next Post
Previous article Previous Post