Tuesday, March 31, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Operator sekolah mempunyai beberapa tugas yang berkaitan dengan pengelolaan data sekolah. Salah satu tugas yang harus dilakukan adalah verifikasi dan validasi peserta didik (verval PD). Verval PD termasuk salah satu bagian dari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Nomor ini bersifat unik dan acak sehingga masing-masing siswa mempunyai NISN yang berbeda.

NISN merupakan bagian dari sistem Dapodik dan bertujuan untuk mengidentifikasi setiap peserta didik dalam satuan pendidikan. Pengelolaan data peserta didik harus dilakukan dengan baik agar lebih terorganisir dan reintegrasi. Simak pembahasan berikut mengenai cara verval PD agar Anda bisa melakukan proses verifikasi dan validasi dengan baik.

Cara Lama Login Verval PD (Sudah Tidak Berlaku)

Sebelum melakukan verval PD, terlebih dahulu Anda harus login ke halaman website yang telah ditentukan. Cara login tersebut sangat mudah. Namun sebelumnya, pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil agar proses verval berjalan dengan lancar. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk login menggunakan cara lama.

  • Akses laman resmi
Buka website resmi untuk pendaftaran verval PD melalui http://referensi.data.kemdikbud.go.id (web inaktif). Anda juga dapat mengakses situs tersebut melalui http://vervalspd.data.kemdikbud.go.id (web inaktif).

Domain web resmi yang LIVE saat ini adalah: vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Silahkan pelajari panduan dalam artikel ini hingga tuntas.

  • Login
Setelah mengakses halaman, Anda harus login ke website. Masukkan username dan password yang Anda miliki, kemudian klik tombol log in. Anda akan diarahkan ke halaman utama untuk melanjutkan proses pendaftaran verval PD. Pada halaman tersebut, Anda akan menemui berbagai pilihan menu.

Masing-masing menu mempunyai fungsi yang berbeda. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui fungsi dan kegunaan dari menu-menu yang tersedia sebagai berikut:
  • Menu Home: menu ini menampilkan data berupa diagram lingkaran. Informasi yang ditampilkan berkaitan dengan perkembangan harian validasi data siswa.
  • Menu Referensi: menu ini menampilkan data hasil verval PD yang valid antara PDSP-K dan Dapodik. Data tersebut dapat dibatalkan melalui tombol Unmatch.
  • Menu Residu: pada menu ini, Anda dapat menemukan data peserta didik yang telah mempunyai NISN namun datanya belum sesuai dengan yang tersimpan di PDSP-K dan Dapodik.
  • Menu Belum Memiliki NISN: menu ini menampilkan data PD yang belum mempunyai NISN. Biasanya siswa tersebut adalah siswa baru.
  • Menu Status Pengajuan Mutasi: pada menu ini, akan ditampilkan informasi apabila rekan OPS melakukan pengeditan data. Data yang sudah dan belum diterima juga akan terlihat.
  • Menu Edit Data: menu ini dapat digunakan untuk memperbaiki data.
  • Menu Log Out: Anda dapat menggunakan menu ini untuk keluar dari aplikasi.

Cara Lama Mendaftar Verval PD

Setelah login ke aplikasi verval PD, Anda dapat melanjutkan proses pendaftaran verval peserta didik. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pilih kolom Pengajuan, kemudian klik menu NISN.
  2. Anda akan melihat daftar nama siswa. Pilih nama yang ingin Anda daftarkan.
  3. Anda juga dapat melakukan beberapa perubahan seperti nama, tanggal lahir, dan data lain.

Cara Terbaru Login  Verval PD

Anda mungkin sudah terbiasa login verval PD dengan cara lama. Namun, sekarang ada cara baru yang dapat dilakukan untuk login dan mendaftar di aplikasi verval PD. Bagi Anda yang belum memahami cara baru tersebut, ada baiknya mempelajari cara dan langkah yang harus dilakukan. Tujuannya adalah untuk kelancaran proses verval PD di sekolah Anda.
Sebelum melakukan pendaftaran peserta didik, terlebih dahulu Anda harus melakukan login ke lama verval PD. Ikuti langkah berikut ini untuk login:

Agar proses login berjalan lancar, pastikan Anda memasukkan username dan password dengan benar. Apabila login gagal, periksa apakah tombol capslock pada keyboard Anda sedang aktif.

banner data pendidikan KEMDIKBUD
Banner data pendidikan KEMDIKBUD

Cara Terbaru Mendaftar Verval PD

Setelah melakukan login, Anda akan diarahkan ke halaman utama laman verval PD. Anda dapat melakukan verifikasi dan mendaftar verval PD. Cara pendaftaran verval PD terbilang mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir jika belum pernah melakukan sebelumnya.
Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan teliti dan seksama agar proses pendaftaran berjalan lancar.

  1. Pilih menu Register
Setelah melakukan login dan berada di halaman utama, Anda akan melihat deretan menu. Klik menu edit data yang terletak pada bagian atas. Temukan menu Register Anggota kemudian klik.

  1. Pilih menu sesuai kebutuhan
Selanjutnya, Anda dapat memilih kolom pengajuan register sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa pilihan antara lain Pusat, Admin UNBK, UPTD, dan Operator Sekolah. Klik pada menu yang dibutuhkan untuk keperluan pendaftaran.

Proses login dan verval PD terbilang mudah, baik untuk cara lama maupun cara baru. Proses ini tidak melibatkan banyak tahapan sehingga Anda dapat memahaminya dengan cepat. Dengan demikian, proses pengelolaan data sekolah bisa dilakukan tanpa halangan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post