Tuesday, March 31, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
NUPTK menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Indonesia. NUPTK merupakan nomor induk yang digunakan untuk pendataan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor ini wajib dimiliki oleh seluruh PTK, baik negeri maupun swasta di berbagai jenjang pendidikan.

Namun, NUPTK mempunyai masa aktif dan tanggal kadaluwarsa. Agar nomor tetap aktif, maka PTK melalui operator sekolah harus melakukan verval sesuai dengan data tercantum di aplikasi Dapodik. Dengan demikian, operator sekolah tidak hanya bertugas melakukan verval PD tetapi juga verval PTK. Lantas, bagaimana melakukan verval PTK?

Persiapan Sebelum Proses Verval

Proses verval cenderung memakan waktu lama karena banyaknya data yang harus dimasukkan serta jumlah PTK yang cukup banyak dalam satu sekolah. Meskipun demikian, hal ini tidak seharusnya menjadi halangan untuk melakukan proses verval dengan baik dan benar tanpa halangan.
Ilustrasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)
Ilustrasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Agar proses verval berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelumnya. Persiapan tersebut meliputi persiapan data, jaringan internet, serta pemahaman tentang menu-menu yang ada pada aplikasi verval. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut mengenai masing-masing persiapan:

Persiapan data

Proses verval PTK memerlukan sejumlah data dan kelengkapan. Sebelum memulai proses verval, pastikan Anda telah menyiapkan data berupa nama lengkap, NUPTK, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu kandung, agama, jenis PTK, serta status validasi data. Jangan sampai proses verval terganggu karena data yang kurang lengkap.

Koneksi internet

Proses verval membutuhkan jaringan internet yang stabil. Koneksi internet yang kurang stabil bisa mengganggu jalannya proses verval, bahkan bisa mempengaruhi keberhasilan proses tersebut. Tidak jarang proses verval gagal karena masalah internet yang tidak stabil. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan koneksi internet yang stabil dengan kecepatan mencukupi.

Mengetahui fungsi menu

Pada aplikasi verval PTK, Anda akan menemukan berbagai menu yang mempunyai fungsi berbeda. Mengetahui fungsi dari masing-masing menu tersebut sangat penting agar Anda tidak melakukan kesalahan. Berikut beberapa menu berikut fungsinya yang perlu Anda ketahui:
  • Menu Data PTK: menu ini menampilkan data PTK yang sudah tersimpan namun belum diubah.
  • Menu Pengelolaan: menu ini dapat digunakan untuk melakukan perbaikan data maupun verval PTK.
  • Menu NUPTK: menu ini menampilkan calon penerima, status penerima, serta pengajuan penutupan NUPTK.
  • Menu Pencarian: menu ini membantu melakukan pencarian data yang dibutuhkan.
  • Menu Log Out: dipakai untuk keluar dari aplikasi.

Langkah Verval PTK

Setelah memastikan seluruh data dan kelengkapan serta koneksi internet yang stabil, Anda bisa memulai proses verval. Ada setidaknya 9 langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan verifikasi dan validasi PTK. Pastikan Anda memahami setiap langkah dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka website
Anda dapat mengakses situs http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id untuk mengunjungi laman verval. Saat membuka, pastikan proses loading telah benar-benar selesai sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.
  1. Log in
Setelah proses loading selesai, log in dengan username dan password Anda. Cermat dan telitilah ketika memasukkan username serta password agar proses login bisa berhasil.
  1. Pilih menu Pengelolaan
Setelah halaman verval PTK terbuka, temukan menu dengan tulisan Pengelolaan. Menu ini terletak pada bagian atas halaman.
  1. Pilih Perbaikan Data Master
Setelah menekan menu pilihan, Anda akan melihat menu drop down. Temukan kemudian pilih Perbaikan Data Master.
  1. Isi kolom
Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa kolom yang sudah disediakan. Masukkan kelengkapan data yang telah disiapkan sebelumnya, seperti nama lengkap, NIK, dan seterusnya. Pastikan data diisi dengan benar dan teliti. Apabila ada perintah untuk melampirkan dokumen, maka unggah dokumen yang dimaksud.
  1. Upload Dokumen
Setelah seluruh kolom data terisi dengan benar, selanjutnya Anda harus mengunggah foto PTK. Klik Upload Dokumen, kemudian tunggu hingga muncul tampilan konfirmasi. Pada pertanyaan konfirmasi untuk mengubah data, klik OK.
  1. Menunggu persetujuan
Tunggu beberapa saat hingga foto PTK berhasil ditampilkan pada layar. Selanjutnya, Anda harus menunggu persetujuan.
  1. Pengecekan kembali
Untuk memastikan seluruh data terisi dengan benar, Anda bisa melakukan pengecekan kembali. Pengecekan verval PTK dapat dilakukan melalui menu Pengelolaan. Pada menu drop down, tekan pilihan Status Perbaikan Data Master.
  1. Menunggu status berhasil
Proses verval PTK oleh operator sekolah selesai dilakukan. Pada tahapan ini, Anda hanya perlu menunggu hingga muncul status berhasil.

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses verval PTK bukanlah hal yang mudah. Operator sekolah perlu melakukan verval dengan teliti dan cermat agar tidak terjadi kesalahan data. Aplikasi verval yang mempunyai banyak menu juga menjadi tantangan tersendiri. Dengan memperhatikan setiap langkah verval dengan seksama, diharapkan Anda bisa melakukan proses tersebut dengan baik tanpa masalah.

Cara Pengajuan NUPTK (PNS dan Non-PNS)

Berikut cara pengajuan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk tendik yang sudah memiliki akun Dapodik, sedangkan bagi yang belum terdaftar di aplikasi Dapodik, harus meminta persetujuan terlebih dahulu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait.

Sebelum mendaftar untuk mendapatkan NUPTK, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh tenaga pendidik, berikut syaratnya:
  1. Scan KTP
  2. Ijazah SD hingga S1
  3. Scan SK Penugasan dari atasan langsung
  4. Scan SK Pengangkatan PNS/CPNS

Khusus untuk GTK yang berstatus non-PNS, maka SK PNS/CPNS dapat diganti dengan Scan SK dari Bupati/Walikota/Gubernur terkait. Adapun tahap pengajuannya sesuai dengan panduan di bawah ini:
  1. Buka situs http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  2. Log-in dengan akun aplikasi Dapodik
  3. Pilih "NUPTK" di bagian menu atas portal Verval PTK
  4. Pilih pada submenu dropdown "Calon Penerima NUPTK"
  5. Upload dan masukkan data yang diminta sesuai persyaratan di atas termasuk nama ibu kandung, nama sekolah dan lain-lain
  6. Jika semua data sudah diisi lengkap dan berkas ijazah sudah dipastikan terupload sempurna, langkah selanjutnya adalah mengakhiri dengan mengklik tombol "OK"

Berdasarkan beberapa sumber, proses pengajuan NUPTK ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena panjangnya tahapan yang harus dilakukan hingga akhirnya di-approve oleh pihak LPMP. Untuk memverifikasi nomor NUPTK yang Anda miliki, para GTK juga bisa melakukan pengecekan secara online melalui portal gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status.

Demikian panduan lengkap mengenai proses verval PTK dan pengajuan NUPTK versi terbaru yang bisa Indonesian Portal rangkum, semoga berguna. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post