Tuesday, March 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Saat Anda membeli epoxy, maka Anda perlu mengetahui berapa ketebalan dari cat tersebut. Ketebalan ini umumnya memiliki satuan yang disebut dengan micron. Itulah mengapa Anda perlu mengenal apa arti micron pada lantai epoxy. Hal ini agar nantinya Anda tidak menyesal karena cat epoxy yang mudah mengalami keretakan.

Mengenal Apa Arti Micron pada Lantai Epoxy

Mengenal apa arti micron pada lantai epoxy merupakan hal yang cukup penting. Micron sendiri merupakan satuan yang umumnya dipakai untuk mengetahui seberapa besar ketebalan cat epoxy. Ketebalan cat ini perlu Anda tanyakan kepada jasa epoxy lantai agar nantinya pengaplikasian lantai epoxy tidak mudah rusak.
produk unggulan cat epoxy jakarta
Produk unggulan cat epoxy jakarta

Jadi jangan hanya mempertimbangkan harga per meternya saja, akan tetapi ketahui juga berapa ketebalan cat tersebut. Umumnya, ketebalan cat epoxy bisa berkisar antara 300 hingga 3000 micron. Jika cat epoxy semakin tebal, maka tentu saja kualitas cat akan sebakin kuat dan bagus. Namun tentu saja harganya juga lebih mahal.

Lantas apalah Anda perlu memilih cat epoxy yang memiliki ketebalan paling maksimal? Tidak seharusnya begitu, pasalnya ketebalan cat perlu disesuaikan dengan kegunaan dari lantai yang digunakan. Di bawah ini merupakan beberapa jenis ketebalan cat epoxy yang bisa Anda ketahui:

Low traffic

Jika lantai epoxy akan jarang dilalui maka diperlukan cat epoxy yang low traffic. Artinya Anda hanya perlu mendapatkan ketebalan cat sebesar 300 hingga 350 micron saja. Hal ini umumnya diaplikasikan pada plafon, ruangan panel, dan lain sebagainya.

Tak jarang, dinding pun menggunakan cat epoxy jenis ini yang umumnya disebut dengan wall coating. Tujuannya yakni agar bangunan utama dapat terpelihara dengan baik. Pastikan jika Anda memilihnya maka hanya untuk ruangan yang tidak sering dilewati.

Medium Traffic

Ini merupakan bagian dengan ketebalan cat hingga 500 micron. Lantas lantai seperti apa yang masuk dalam jenis ini? Misalnya saja lantai rumah sakit, lantai ruangan kerja atau rapat, garasi mobil, dan lain sebagainya.

Meski cat tidak terlalu tebal, lantai ini sering dilalui sehingga tidak boleh mengecatnya dengan tipis.

High traffic

Salah satu contohnya seperti koridor yang ada di stasiun maupun terminal. Lantai tersebut membutuhkan cat epoxy mencapai ketebalan hingga 1000 micron. Namun tak hanya ramai penggunaannya saja, namun beban yang ditahan cat juga cukup besar maka cat pun harus semakin tebal.

Full traffic

Ini merupakan cat yang paling tebal. Yakni ketebalannya mencapai 2000 sampai 3000 micron. Misalnya saja lantai gudang truk atau kendaraan berat lainnya yang memerlukan ketebalan cat yang sangat tinggi.

Beberapa jenis di atas merupakan ragam ketubuhan cat epoxy lantai yang bisa Anda ketahui. Anda bisa menyesuaikannya dengan penggunaan lantai tersebut saat memilih ketebalan cat yang ingin digunakan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post