Wednesday, April 1, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
[Update 3 Juli 2020] Dikarenakan masih ada proses konfigurasi server, maka untuk sementara alamat pencarian NISN (nisn.data.kemdikbud.go.id) dirubah ke alamat terbaru (referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/). Jika Anda mengalami pesan Privacy Error, baca disini cara Mengatasi Web NISN Privacy Error.

Perubahan teknologi tidak hanya menciptakan website belajar online, tapi turut mempengaruhi beberapa fitur pendidikan termasuk sistem checking NIS. Pemerintah merasa sistem online jauh lebih mudah dan efisien daripada sistem manual, di mana siswa atau sekolah bisa mencari dan menemukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)  secara daring melalui sebuah website dengan mudah.

Namun, sudahkah Anda memahami cara kerja sistem NISN online? Baca ulasan kami sampai habis.

3 Fakta Unik Tentang NISN Online

Keberadaan sistem NISN online tentu dibuat dengan suatu tujuan yaitu kemudahan. Tapi selain fleksibilitas dan efisiensi, ada alasan lain yang melatarbelakanginya.

Verifikasi Siswa Secara Konsisten dan Berstandar

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Coba bayangkan bagaimana pemerintah mengelola Nomor Induk Siswa Nasional bila tidak ada sistem komputerisasi canggih yang telah terstandarisasi? Pastinya sangat sulit dan melelahkan, karena mulai dari siswa TK, SD, SMP, MA, SMA/SMK semua harus terdata dengan baik, jelas dan wajib memiliki NISN.

Layanan NISN online memungkinkan pemerintah untuk mengelola nomor induk siswa dari data yang didistribusikan langsung oleh Pusat Data dan Statistika Kementerian Dinas Pendidikan secara nasional. Sistem yang digunakan adalah sistem komputerisasi daring tingkat tinggi yang memungkinkan pemerintah untuk mengelola dan memverifikasi seluruh siswa di nusantara. 

Sistem Pendukung Program Dapodik

Anda yang belum tahu, NISN daring sebenarnya termasuk bagian program Dapodik yang dicanangkan Kemendikbud. Sistem ini tidak dibuat tanpa persiapan sama sekali justru dibuat dengan standarisasi tinggi menggunakan pengkodean yang rumit. Jadi tidak semua orang bisa mengelola sistemnya dengan baik jika tidak memahami bagaimana cara mengelola kode.

Siswa yang menerima NISN biasanya diberikan kode identitas unik yang berlaku selamanya. Kode terdiri dari 10 digit angka di mana 3 digit pertama menandakan tahun kelahiran. Sementara 7 digit terakhir adalah kode unik. Bagaimana pemerintah membagikan kode unik yang berbeda untuk jutaan siswa di seluruh Indonesia? Fasilitas pembagian kode dilakukan dengan sistem otomatis oleh komputer.

Jadi meskipun dilahirkan di tahun yang sama, antara satu siswa dengan puluhan siswa lainnya tidak akan memiliki nomor induk yang sama.

Diawasi Oleh Staf Tenaga Informasi Berkompeten

Karena menggunakan sistem komputerisasi, pengelolaan website NISN daring harus diawasi dengan ketat. Meskipun hanya terdiri dari informasi nama, tempat tanggal lahir , NISN dan jenis kelamin, semua data tersebut termasuk data rahasia yang tidak bisa disebarkan begitu saja. Utamanya, data-data siswa hanya diketahui oleh sekolah, orang tua siswa dan siswa itu sendiri.
Ilustrasi cara mendapatkan NISN Siswa
Ilustrasi cara mendapatkan NISN Siswa

2 Panduan Mudah Cek NISN Secara Online

Anda yang tidak familiar dengan NISN daring tapi perlu melakukan pengecekan data untuk kebutuhan anak atau saudara, bisa mengikuti salah satu dari dua panduan di bawah ini:

Cek Melalui NISN

Saat memasuki situs referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ secara otomatis, Anda akan dibawa ke home page pencarian NISN. Kolom kosong tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari data NISN yang dimiliki oleh siswa bersangkutan. Berikut ini panduan lengkapnya:

Isi Formulir Dengan Tepat

Ketika memilih mencari data NISN berdasarkan pencarian NISN, data yang perlu diisi sangat singkat. Anda hanya perlu menuliskan Nomor Induk Siswa Nasional di kolom NISN yang dilanjutkan dengan menuliskan nama lengkap ibu kandungnya. Kedua persyaratan tersebut harus diisi dengan baik dan valid, tidak boleh ada salah angka atau huruf karena bisa mempengaruhi pencarian. 

Salin Kode Captcha

Selesai menulis NISN dan nama ibu kandung lanjutkan dengan isi kode captcha. Salin kode captcha yang tertulis di atas kolom kosong dan terakhir klik “Cari Data”.

Jika data-data yang Anda masukkan sebelumnya sudah valid dan benar, otomatis sistem NISN akan mencari data NISN siswa yang bersangkutan dan membawa Anda ke page yang baru.  Ketika data NISN siswanya muncul, segera salin data tersebut ke note atau buku Anda.

Tapi yang perlu diingat, jika Anda mencari data menggunakan kolom ini tandanya Anda memiliki NISN yang bisa diinput di kolom NISN. Sementara jika nomor induknya tidak ada, maka Anda bisa mengikuti alternatif panduan cek NISN yang kedua.

  1. Cara Cek Melalui Pencarian Nama
    Panduan pengecekan NISN pertama biasanya dilakukan oleh sekolah untuk mengetahui data dari siswanya karena dirasa jauh lebih mudah dan efisien, cukup input dua data saja. Pada umumnya, panduan cek NISN online kedua ini lebih banyak dilakukan oleh siswa atau orang tua. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:
  2. Masuk Ke Situs NISN Daring
    Langkah pertama, silahkan masuk ke situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/. Karena tujuan Anda bukanlah melakukan pencarian NISN maka abaikan kolom kosong yang ada di menu home page.
  3. Klik Pencarian Nama
    Di samping menu beranda pada home page NISN daring Anda bisa menemukan kolom “Pencarian Nama” Klik kolom tersebut untuk membuka formulir pengisian NISN online.
  4. Masukkan Informasi Di Kolom Kosong Pencarian Nama
    Selanjutnya input semua data yang diminta oleh komputer mulai dari nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir dan terakhir nama ibu kandung. Semua data tersebut harus diisi dengan valid tidak ada satu huruf yang salah atau tertukar. Usai mengisi nama ibu kandung, lanjutkan dengan menyalin kode captcha dan klik “Cari Data”.

Jika data yang diinput tidak bermasalah, sistem akan mengenali data dan menampilkan page baru yang berisi informasi NISN siswa. Tampilannya mungkin lebih simple dari page NISN yang ditampilkan oleh Pencarian NISN tapi datanya sama saja.

Lihat pula: Panduan Verval PD di Situs Resmi Kemdikbud

Demikianlah informasi seputar NISN dan dua panduan sederhana melakukan pengecekan Nomor Induk Siswa Nasional secara daring. Agar hasilnya optimal, usahakan ikuti step by step yang telah dijelaskan di atas dengan baik. Jika masih bermasalah, kemungkinan besar Anda menuliskan data yang salah. Segera perbaiki sehingga data NISN online bisa segera keluar.

Next article Next Post
Previous article Previous Post