Thursday, April 16, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Jika dahulu banyak orang mengalami kesulitan mengakses info perkara di Mahkamah Agung, maka kini masyarakat tidak lagi mengalaminya. Saat ini, MA telah memberi akses yang mudah bagi warga Indonesia untuk mengakses info maupun berkas perkara. Untuk melakukannya, Anda hanya membutuhkan smartphone atau PC dan sambungan internet.

Cara Mengakses Info dan Berkas Perkara MA

Apabila Anda ingin mengetahui info perkara atau mendapat berkas perkara dari MA, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.
  1. Buka situs mahkamahagung.go.id.
  2. Klik menu atas “Perkara”.
  3. Isi data yang diminta pada formulir yang tersedia. Data ini biasanya berkaitan dengan nomor perkara, jenis perkara, dan tempat pengadilan di mana perkara itu disidangkan.
  4. Klik tombol “Cari”.

Setelah itu, info perkara beserta berkasnya akan muncul pada layar. Sehingga, Anda dapat membaca info dari perkara tersebut dan mengunduh berkasnya.

Cara Mengakses Info Perkara dengan Metode Lain

Jika karena suatu hal, Anda tidak dapat mengisi form di atas dengan lengkap, maka Anda tidak perlu khawatir. Ada cara lain untuk mengakses info dan berkas perkara MA yang diinginkan. Cara melakukannya adalah dengan mengakses Direktori Putusan yang ada pada situs resmi MA.
Kantor Mahkamah Agung Republik Indonesia
Kantor Mahkamah Agung Republik Indonesia

Di halaman tersebut, putusan yang telah dikeluarkan oleh pengadilan yang berada di bawah MA serta MA itu sendiri. Pada halaman awal, Anda dapat mengakses info dari semua putusan yang dibuat oleh MA. Sedangkan putusan yang dibuat oleh pengadilan di bawahnya, dapat diakses dengan mencarinya.
Tampilan direktori putusan MA
Tampilan direktori putusan MA

Berikut ini cara mengakses info serta berkas perkara melalui Direktori Putusan.
  1. Buka situs putusan3.mahkamahagung.go.id.
  2. Cari perkara yang diinginkan. Cara mencari perkara ini ada 2, yang pertama melalui menu cari 

A. Melalui Menu “Cari”

Cara mencari info perkara dengan menu “Cari” sangat mudah dilakukan. Selain itu, menu ini juga mudah ditemukan karena letaknya ada pada bagian tengah atas. Untuk mendapat info tentang perkara yang Anda inginkan, Anda hanya perlu mengetik kata kunci dari perkara tersebut.

Setelah kata kunci diketik pada kolom yang tersedia, klik tombol “Cari.” Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman hasil pencarian. Dengan demikian, Anda dapat memeroleh info perkara serta berkasnya dengan mudah.

B. Melalui navigasi hypertext

Metode pencarian dengan navigasi hypertext sangat cocok bagi Anda yang tidak mengetahui detail perkara yang dicari. Pada metode ini, yang perlu dilakukan adalah mencari berdasarkan ketentuan tertentu, misalnya klasifikasi perkara, pengadilan, tahun putus, tahun perkara didaftarkan, dan tahun putusan diunggah.

Contohnya, Anda ingin mencari perkara berdasarkan klasifikasi perkara. Maka yang Anda perlukan adalah menemukan fitur klasifikasi pada bagian bahwa halaman situs. Setelah Anda menemukannya, Anda dapat mengeklik salah satu kategori pada fitur ini.

Kategori tersebut berkaitan dengan jenis perkara dan jenis pengadilan. Setelah kategori tersebut diklik, maka akan muncul daftar sub kategori. Kemudian, klik salah satunya dan Anda akan menemukan daftar perkara yang mirip dengan yang Anda cari dari berbagai daerah. Lihat daftar tersebut dengan seksama untuk menemukan apa yang Anda cari.

  1. Membaca dan Mengunduh hasil pencarian
Di dalam hasil pencarian, Anda akan menemukan daftar putusan. Daftar ini berisi 20 perkara per halaman. Sehingga, Anda mungkin harus membuka lebih dari satu halaman untuk menemukan perkara yang dicari.

Setiap putusan tersebut disajikan dalam bentuk katalog. Dari katalog ini, Anda akan melihat berbagai poin penting dari putusan perkara yang ada. Katalog juga memudahkan Anda untuk mencari putusan perkara yang diperlukan. Setelah mengeklik putusan perkara yang dicari, Anda dapat mengunduh dokumen putusan perkara tersebut.

Jenis-Jenis Dokumen Putusan Perkara

Berkas putusan perkara yang terdapat pada website MA ini ada tiga jenis.
  1. Scan Putusan Cetak
Dokumen ini berupa putusan cetak yang di scan. Ukuran file ini relatif besar apalagi jika berkasnya terdiri dari banyak halaman.
  1. File Elektronik
Berkas putusan berbentuk file elektronik yang biasanya berasal dari perkara yang cenderung baru. File ini berukuran lebih kecil dari jenis dokumen yang pertama.
  1. File dalam Format Zip
File dalam format zip berisi berkas putusan perkara yang sudah dikompresi. Sehingga, ukurannya ringan dan dapat dengan cepat diunduh.

Kini, seluruh warga negara dapat memeroleh info perkara secara mudah dengan kemudahan akses yang diberikan oleh MA. Kemudahan akses ini juga menambah nilai transparansi lembaga pengadilan di negeri ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post