Wednesday, April 29, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sebagaimana yang kita tahu bahwa setiap tahunnya wajib pajak pribadi atau badan harus menyetorkan laporan pajaknya. Batas laporan pajak setiap tahunnya adalah pada tanggal 31 Maret untuk wajib pajak pribadi dan tanggal 30 April untuk wajib pajak badan.

Dalam rangka memudahkan kegiatan pelaporan pajak tahunan, Anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi online yaitu aplikasi e-SPT. Lantas seperti apa aplikasi e-SPT?
Tutorial pengisian SPT 1770
Tutorial pengisian SPT 1770

Aplikasi e-SPT merupakan suatu aplikasi yang secara khusus disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam mempermudah setiap wajib pajak untuk melaporkan SPT tahunannya. Mengenai link download e-SPT 1770 dan cara pengisiannya bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Link Download E-SPT 1770 dan Cara Pengisiannya

Dalam tata cara pelaporan pajak tahunan, Anda bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyetor dan melaporkan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat, Anda bisa menyetor dan melaporkan pajak secara online.
Berikut beberapa link download aplikasi e-SPT 1770 yang bisa Anda gunakan melaporkan dan menyetorkan pajak secara online:

www.pajak.go.id/id/e-spt-tahunan-pph-1770

Sementara mengenai seperti apa cara pengisian e-SPT standar lewat situs DJP Online, langkah – langkah pengisiannya sebagai berikut:
  1. Wajib pajak harus memiliki email atau nomor ponsel dalam kondisi aktif. Jika tidak ada, maka Anda harus membuatnya.
  2. Ketika Anda akan melakukan metode pelaporan SPT masa PPh pasal 21 secara online, pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah aktifkan EFIN. Anda bisa dapatkan EFIN dengan mengurusnya di kantor pelayanan pajak terkait.
  3. Siapkan segala macam dokumen yang perlu diunggah. Jadikan satu file dengan format PDF. Dokumen yang dibutuhkan tersebut diantaranya surat keterangan domisili, bukti pembayaran bank jika status pajak terutang kurang bayar, surat setoran pajak jika terdapat pemotongan Pph 21 final.
  4. Selanjutnya kunjungi situs DJP online di portal pajak djponline.pajak.go.id dan kemudian lakukan pengisian nomor pokok wajib pajak, kata sandi dan kode keamanan yang tertera dilaman.
  5. Jika Anda lupa password, maka wajib pajak dapat memilih untuk mereset password
  6. Pada laman tersebut, wajib pajak bisa melihat petunjuk di bagian sebelah kiri. Wajib pajak akan mendapatkan pilihan e-filling dan e-form. Anda bisa memilih salah satunya.
  7. Untuk langsung pelaporan, Anda bisa memilih menu “buat SPT” di sebelah kanan atas.
  8. Nantinya akan terdapat beberapa pertanyaan yang Anda harus jawab sesuai profilnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan formulir yang akan digunakan oleh wajib pajak. Di sebelah kiri, terdapat kolom ‘petunjuk’ yang berisi mengenai penjelasan yang terdapat dikolom formulir SPT agar memudahkan wajib pajak menjawab serangkaian pertanyaan yang diajukan.
  9. Isi pertanyaan dan kolom yang tersedia sampai tuntas.
  10. Klik simpan untuk menuju langkah berikutnya.
  11. Setelah semua pertanyaan dijawab, Anda akan memasuki halaman terakhir untuk persetujuan SPT tahunan yang telah dilaporkan.
  12. Kemudian klik setuju dan ambil kode verifikasi yang telah dikirimkan ke alamat email Anda atau melalui SMS.
  13. Buka kode verifikasi yang dikirim untuk Anda masukkan ke dalam kolom kode pengiriman, kemudian klik “Kirim SPT
  14. Data SPT Anda nantinya akan terkirim ke database Ditjen Pajak. Selanjutnya, wajib pajak akan menerima tanda bukti pelaporan pajak dari Ditjen Pajak via email.
  15. Selanjutnya, buka email Anda kembali agar Anda bisa segera memastikan apakah Anda sudah menerima tanda terima elektronik SPT tahunan atau belum. Cetak dan kemudian simpan.
  16. Terakhir, simpan NPWP, nomor EFIN, alamat email dan password yang nantinya akan Anda perlukan dalam pelaporan SPT tahun selanjutnya.

Itulah informasi selengkapnya tentang SPT tahunan. Anda bisa ajukan di link download ESPT 1770 dan semoga informasi cara pengisian yang kami bagikan menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post