Sunday, April 26, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Malang merupakan kota kedua terbesar di wilayah provinsi Jawa Timur dengan kode Plat Nomor Kendaraan atau TNKB  berawalan huruf “N”. Akan tetapi, Malang Raya ternyata bukan satu-satunya daerah yang memiliki kode TNKB huruf “N”.

Kurang lebih ada 8 kabupaten dan kota yang tergolong dalam karesidenan Malang dan sekitarnya yang memiliki kode “N”. Daerah tersebut meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang.

Kedelapan kota dan kabupaten tersebut memiliki kode unik di bagian belakang yang bisa digunakan untuk membedakan daerah satu dengan yang lain. Simak selengkapnya mengenai plat nomor Malang beserta kode belakangnya di pembahasan berikut ini.
Daftar kode plat nomor Malang
Daftar kode plat nomor Malang

Kode Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) di Malang

Masing-masing kendaraan bermotor memiliki kode TNKB yang diletakkan di bagian depan dan belakang body kendaraan. Dibuat dari lempengan plat alumunium, pembuatan kode plat nomor ini tidak sembarangan. Kode plat nomor kendaraan ini  mengacu pada peraturan yang sudah diberlakukan pihak berwenang dan resmi terdaftar di kantor Samsat. Itulah mengapa, jika pengendara lalai akan dikenai sanksi.

Pulau Jawa menggunakan sistem keresidenan untuk membagi wilayah kode TNKB. Untuk Jawa Timur, karesidenan Malang merupakan wilayah dengan jumlah pembagian daerah terbanyak yakni 8 daerah. Banyaknya daerah ini melambangkan populasi kendaraan yang juga tinggi.

Beberapa wilayah di Jawa Timur kurang dari 8 cakupan daerah. Kota Surabaya dengan plat nomor “L” hanya untuk Surabaya, Karesidenan Madura 4 kabupaten, karesidenan Besuki  meliputi 4 kabupaten,   karesidenan Kediri dengan 7 Kabupaten dan Kota, karesidenan Bojonegoro dengan cakupan  6 daerah, karesidenan Madiun dengan 5 daerah, serta beberapa wilayah lain dengan cakupan kode TNKB kurang dari 4 daerah.

Makna Kode TNKB  di Malang

Kode TNKB memiliki makna tersendiri. Untuk baris pertama, biasanya satu atau dua digit awal berupa huruf yang menyatakan kode wilayah. Untuk Malang berupa huruf N. Empat digit kode angka selanjutnya berisi nomor polisi. Dua digit terakhir menyatakan kode seri masing-masing daerah cakupan. Sedangkan pada baris kedua berisi informasi masa berakhirnya kendaraan untuk membayar pajak.

Informasi ini disponsori oleh Wisata Malang

Daftar Kode Belakang Plat Nomor Karesidenan Malang

Berikut merupakan pembagian plat nomor kendaraan karesidenan Malang “N” berdasarkan daerahnya masing-masing:
  1. Kota Malang N- A/B/ C/E
  2. Kabupaten Malang N- D/ F/ G/ H/I/ J
  3. Kota Batu N- K/L
  4. Kota Probolinggo N- Q/R/S
  5. Kabupaten Probolinggo N- M/N/P
  6. Kota Pasuruan N- X/V
  7. Kabupaten Pasuruan N- O/T/W
  8. Kabupaten Lumajang N- U/Y/Z

Itulah 8 daftar kode plat nomor atau TNKB yang ada di wilayah karesidenan Malang. Kode Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) di atas merupakan plat nomor umum yang berwarna hitam. Untuk plat nomor khusus berwarna merah dan kuning memiliki kode yang berbeda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post