Friday, July 31, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pengrajin tas tentu mendapat keuntungan yang lebih, lewat beragam desain yang berbeda. Mereka menyajikan tas keren dengan harga terjangkau. Nah, bagi kamu yang gemar travelling, bisa mencoba beberapa pilihan tas etnik rekomendasi berikut.

Tas Etnik Rotan Borneo

Seperti judulnya, tas ini berbahan dasar anyaman rotan. Rotan sendiri merupakan tanaman palma berwarna coklat yang banyak digunakan sebagai kerajinan tangan, termasuk tas. Tas etnik ini asli dari Borneo atau Kalimantan.
Tas Etnik Rotan
Tas Etnik Rotan

Meski terlihat sederhana, tas ini sangat cocok digunakan untuk liburan dan acara santai lainnya. Biasanya, memiliki beberapa model seperti sling bag, tote bag dan handbag.

Warna banyak didominasi coklat muda, coklat tua dan hitam. Warna netral tentu sangat cocok untuk OOTD yang sederhana namun elegan. Tak hanya di Kalimantan, tas rotan Borneo juga bisa dengan mudah kamu jumpai di destinasi wisata lain seperti Bali.

Tas Lombok

Jika kamu senang bermain di pantai, gunung atau destinasi alam, berfoto dengan tas khas lombok patut dijadikan pilihan. Jenis ini dibuat dari kain tenun dengan motif abstrak.
Di daerah asalnya, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kain tenun sering digunakan sebagai pakaian adat, kain panjang dan acara rakyat lainnya. Namun di tangan pengrajin, kain ini bisa menjadi tas etnik yang menarik untuk digunakan

Keunikan tas lombok identik dengan kombinasi warna gelap dan terang. Modelnya lebih banyak dibentuk sebagai sling bag. Bukan hanya bagi wanita, kaum pria juga bisa menggunakan tas model ini, pilih motif warna yang dominan gelap seperti biru tua.

Di Lombok, harga kain tenun terbilang mahal, tergantung tingkat kerumitannya. Popularitas tas lombok bukan hanya di kalangan warga Indonesia, tapi juga mancanegara.

Namun pelaku bisnis modern saat ini lebih banyak menggunakan cetak motif dibanding tenun asli, jelas dengan harga yang jauh lebih murah untuk tas etnik. Dari harga terjangkau itulah, mereka bisa menarik minat kalangan muda dengan nilai beli yang rendah.

Tas Toraja

Kepopuleran Tana Toraja, Sulawesi Selatan sebagai destinasi wisata adat sudah tak diragukan lagi. Maka jangan heran, jika menyambanginya, oleh-oleh yang banyak dijumpai adalah kain atau aksesoris etnik yang beragam.
Tas tangan etnik khas Toraja
Tas tangan etnik khas Toraja

Tas Toraja adalah pilihan yang menarik. Hampir serupa tas lombok, tas Toraja juga merupakan tas tenun yang umumnya berbentuk sling bag. Keunikannya terletak pada warna dasar yang didominasi hitam dan merah. Jenis tas ini sangat ringan dan cenderung tipis, cocok untuk menyimpan beberapa barang kecil.

Toraja dikenal dengan upacara adat kematian, dimana para warga menggunakan baju hitam sebagai bentuk bela sungkawa. Warna hitam ini jugalah yang kemudian banyak diaplikasikan terhadap kain tenun.

Tas Noken

Keistemewaan tas yang berasal dari Papua ini terletak pada pembuatannya. Secara simbolis, wanita-wanita di Papua diharuskan piawai membuat noken sebagai tanda kedewasaan. Penggunaannya juga berbeda, jika umumnya tas ditaruh di pundak, warga setempat menggunakannya di kepala untuk membawa barang.
Tas Noken Etnik Khas Papua
Tas Noken Etnik Khas Suku Papua

Noken dibuat dari anyaman kulit kayu, sejenis pohon manduam atau anggrek hutan. Bahannya bukan dari satu sumber saja. Model yang dimiliki serupa sling bag dan elastis tergantung banyaknya barang bawaan.

Keunikan tas noken kemudian dilirik banyak wisatawan dan digunakan sebagaimana tas mode. Warnanya, didominasi coklat. Meski beberapa produsen sudah memodifikasi dengan bermacam warna seperti merah dan kuning. Untuk harga, tas ini umumnya dijual di kisaran Rp 100.000 sampai Rp 500.000 tergantung model dan ukuran.

Tas Anyam Jaring

Jenis terakhir yang belakangan cukup digandrungi adalah model anyam jaring. Sepintas, kamu akan teringat dengan keranjang buah atau wadah jualan. Namun itulah letak keunikannya.
Contoh tas anyam selempang
Contoh tas anyam selempang

Tas anyam jaring dibuat dari material alami seperti tali rami. Penggunaan tali rami dianggap kuat dan dibentuk sling bag dan tote bag.. Tapi hati-hati menaruh barang kecil dalam tas ini karena lubangnya cukup besar. Biasakan membawa barang berukuran besar jika tak ingin terjatuh di tengah jalan.

Lima pilihan tas etnik di atas patut menjadi referensi untuk memilih tas etnik sesuai selera. Pastikan untuk memilih sesuai budget juga ya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post