Saturday, July 25, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam. Hari Idul Adha jatuh pada hari kesepuluh pada bulan terakhir Kalender Hijriyah; Dzulhijah. Hari dimana perayaan jatuh tergantung pada penampakan hilal, setelah selesainya ibadah haji.

Perayaan Idul Adha dilakukan dengan tujuan untuk memperingati pengabdian Nabi Ibrahim kepada Allah SWT dan kesiapannya untuk mengorbankan putranya, Ismail. Pada titik pengorbanan, Allah SWT menggantikan Ismail dengan seekor domba jantan, yang akan disembelih sebagai ganti putranya, Ismail.
menambut idul adha 2020
menambut idul adha 2020

Perintah dari Allah SWT ini merupakan ujian atas kesediaan dan komitmen Nabi Ibrahim untuk mematuhi perintah Tuhannya, tanpa pertanyaan. Karena itu, Idul Adha berarti festival pengorbanan. Tergantung pada negara, perayaan Idul Adha dapat berlangsung antara dua dan empat hari.

Tindakan Qurbani (pengorbanan) dilakukan setelah sholat Idul Adha, yang dilakukan secara berjamaah di masjid terdekat pada pagi hari [doa]. Tindakan Qurbani terdiri dari penyembelihan hewan sebagai pengorbanan untuk menandai kesempatan ini sebagai peringatan akan pengorbanan Nabi Ibrahim untuk Allah SWT. Ini juga dikenal sebagai Udhiya. Hari-hari pengorbanan hewan total tiga hari, dari tanggal 10 hingga tanggal 12 Dzulhijah.

Informasi ini disampaikan oleh: Ummiabi

Lalu pada tanggal berapa Hari Raya Idul Adha tahun 2020 ini jatuh? Idul Adha diperkirakan akan dimulai pada akhir Juli. Meskipun tanggal pastinya belum diketahui, beberapa astronom/pengamat yakin hari raya akan jatuh pada 31 Juli. Festival ini adalah yang paling penting dari dua hari libur utama umat Muslim di dunia.

Pengurus Pusat Muhammadiyah melalui surat edaran Nomor 06/EDR/I.0/E/2020 telah menjawab pertanyaan kapan Idul Adha 2020. Melalui surat edaran tersebut PP Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 2020 jatuh pada 31 Juli 2020.

Begitu pula yang dikatakan oleh Menteri Agama, Fachrul Razi, setelah memimpin sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1441 Hijriah/2020 Masehi di Kementerian Agama, Jakarta, pada hari Selasa (21/7/2020). "Dinyatakan Idul Adha tanggal 10 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat tanggal 31 Juli 2020," kata Fachrul melalui siaran langsung Kemenag RI, Selasa malam.

Next article Next Post
Previous article Previous Post