Friday, July 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bukan hanya siswa, para guru dan tenaga kependidikan juga saat ini tengah dibingungkan dengan offline nya website pencarian NISN milik Kemdikbud. Jika Anda mengakses website data.kemdikbud.go.id saat ini, maka akan muncul pesan notifikasi error sebagai berikut:
Dikarenakan masih ada proses konfigurasi server, maka untuk sementara alamat pencarian NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/) dirubah ke alamat ini.
Terima Kasih.
Oleh karenanya, yang perlu kita lakukan adalah mengakses website sementara data NISN Kemdikbud di alamat yang baru. Sayangnya, website alternatif yang terdapat pada url https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ juga mengalami error akibat non-aktifnya sertifikat SSL sehingga akan muncul pesan Privacy ErrorYour connection is not private.
error web nisn kemdikbud
Jika muncul pesan error web Kemdikbud seperti ini sedangkan Anda harus melakukan pengecekan atau verval NISN saat ini juga, maka berikut beberapa tahapan yang harus Anda lakukan agar dapat mengakses web NISN dari Kemdikbud sebagaimana biasa.

  1. Buka tautan https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Jika muncul pesan error seperti screenshot di atas, klik tombol Advanced yang ada di ujung-kiri-bawah browser Anda.
  3. Setelah tombol Advanced di klik, akan muncul pesan baru berupa tautan yang kira-kira tertulis seperti ini: Proceed to referensi.data.kemdikbud.go.id (unsafe), klik link tersebut untuk masuk ke dalam web NISN Kemdikbud yang aktif.
Klik pada link proceed unsafe
Klik pada link proceed unsafe
Setelah melalui tahapan di atas, Anda akan dapat membuat website referensi.data.kemdikbud seperti tampilan di bawah ini. Diantara yang bisa Anda lakukan dengan website alternatif tersebut adalah:
  • Pencarian data NISN
  • Verval NISN siswa yang sudah lulus
  • Verval Lulusan Sekolah Luar Negeri (Non-SILN)
Tampilan web NISN yang sudah berhasil diakses
Tampilan web NISN yang sudah berhasil diakses

Next article Next Post
Previous article Previous Post