Friday, July 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Kolam renang terdiri dari 5 tipe yang umum ditemui di Indonesia dan juga menjadi favorit masyarakat. Setiap tipe kolam renang dapat memberikan suasana yang berbeda-beda sehingga akan memberikan kenyamanan bagi para pengguna kolam renang.

Kolam Renang Indoor (Dalam Ruangan)

Kolam renang indoor merupakan kolam renang yang berada di dalam ruangan. Bisa dibilang kolam renang ini memiliki area tertutup di sekelilingnya sehingga lebih memberikan privasi, tidak panas, dan juga lebih nyaman. Kolam renang indoor juga terbagi menjadi 2 tipe kolam yaitu :

  1. Ground

Ground pool merupakan kolam renang yang terletak di lantai dasar sebuah gedung atau bangunan. Jadi dibutuhkan penggalian tanah dengan ukuran kolam renang yang diinginkan sebelum membangun kolam renang ground. Kolam renang ground biasanya sering dipilih sebagai kolam renang pribadi di dalam rumah, gedung olahraga, atau wahana air indoor.
indoor pool cottage
indoor pool cottage

Ground pool terbagi lagi menjadi 2 tipe yaitu above-ground dan in-ground pool. Above ground yaitu kolam renang yang dibangun di atas tanah dan umumnya bersifat semi permanen sedangkan in-ground pool dibangun di dalam tanah dan sifatnya permanen. Untuk keperluan sementara banyak yang lebih memilih above ground pool karena lebih mudah dibongkar pasang dibandingkan in-ground pool.

  1. Highrise

Berkebalikan dengan ground pool, highrise pool biasanya dapat ditemui di gedung-gedung bertingkat seperti hotel dan apartemen. Kolam renang high rise biasanya terletak di atas lantai dasar entah itu lantai paling atas ataupun lantai tertentu. Jadi kolam renang ini tidak dibangun langsung di atas tanah. Kolam renang high rise dipilih untuk menghemat lahan dan juga terkesan lebih mewah.
High-rise swimming pool
High-rise swimming pool
Kolam renang di atas gedung bertingkat
Kolam renang di atas gedung bertingkat

Pembangunan kolam renang highrise bisa dibilang cukup rumit karena harus memperhitungkan berat dan volume kolam renang agar aman entah itu untuk menghindari lantai bocor, lantai yang tidak mampu menahan kolam, dan keadaan lainnya yang berbahaya. Dibutuhkan juga biaya yang lebih besar dalam membangun kolam renang high rise.

Butuh Jasa Pembuatan Kolam Renang? Kontak langsung saja di 0812 9929 9939

Kolam Renang Outdoor (Luar Ruangan)

Kolam renang outdoor terletak di alam terbuka sehingga bisa langsung terkena cahaya matahari dan menikmati hembusan angin. Banyak yang menyukai kolam renang outdoor karena terasa lebih segar sambil menikmati pemandangan sekitar. Kolam renang outdoor terdiri dari 2 tipe yaitu :

  1. Garden/Natural Environment

Kolam renang garden atau natural environment merupakan kolam renang yang menyatu dengan taman atau alam. Konsep kolam renang ini memadukan antara kolam renang konvensional dengan unsur alam. Kolam renang natural sangat diminati masyarakat karena udaranya yang segar dan sehat sehingga bisa menenangkan diri sambil menikmati pemandangan alam dikelilingi tumbuh-tumbuhan yang indah.
Natural pool hotel bintang 5 terlihat menyatu dengan pantai
Natural pool hotel bintang 5 terlihat menyatu dengan pantai
Kolam renang natural umumnya hanya dibantu dengan menggunakan filter air khusus untuk menjaga agar air kolam tetap bersih dan terhindar dari debu dan kotoran serta filter proses biologi dan penyaringan tanaman air.

  1. Concrete Environment
In-ground pool di depan halaman rumah
In-ground pool di depan halaman rumah

Kolam renang concrete environment yaitu kolam renang yang  menyatu dengan bangunan-bangunan beton biasanya ditemui pada hotel, apartemen, rumah, ataupun pada waterpark. Kolam renang concrete masih memiliki alam terbuka di sekelilingnya namun memang tidak langsung dikelilingi oleh tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang banyak. Orang-orang masih dapat berlalu-lalang di sekitar area kolam renang ini.

Kolam Renang Semi-Outdoor

Kolam renang semi-outdoor
Kolam renang semi-outdoor
Cara membuat kolam renang semi-outdoor bisa dibilang harus diletakkan di luar ruangan, hanya saja pada bagian atas kolam renang akan dilindungi oleh tudung di langit-langit kolam sehingga tidak terlalu panas baik itu dilindungi oleh beton bangunan ataupun tenda khusus. Kolam renang memiliki bagian yang tidak terkena hujan serta dapat menikmati udara luar yang segar.

Next article Next Post
Previous article Previous Post