Friday, August 28, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sejatinya plat nomor kendaraan dijadikan sebagai identitas atau tanda pengenal dari kendaraan yang bersangkutan. Tiap kode atau seri huruf pada bagian depan plat nomor kendaraan merupakan tanda asal daerah, wilayah atau kota. Seperti halnya wilayah eks Karesidenan Papua Barat yang memiliki kode atau seri “PB”. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami infokan seputar plat nomor PB dan daftar kode belakangnya kepada Anda.

Plat Nomor PB dan Daftar Kode Belakangnya

Berbicara mengenai plat nomor kendaraan, khususnya untuk daerah Karesidenan Papua Barat diresmikan oleh Kakorlantas Irjen Pudji Hartanto kepada Gubernur Papua Barat yang bernama Abraham Octavian Atururi. Tujuan dibuatnya plat nomor kendaraan dengan kode PB sendiri tidak lain untuk pemekaran.
ilustrasi plat nomor PB untuk Papua versi baru
ilustrasi plat nomor PB untuk Papua versi baru

Pada dasarnya wilayah Papua sendiri dibagi menjadi 2, yakni Papua dan Papua Barat. Peresmian plat nomor kendaraan baru juga ditandai dengan dimulainya Samsat online di Papua Barat, meliputi 11 kabupaten dan 1 kotamadya. Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut adalah daftar plat nomor PB dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

  • Kabupaten Teluk Bintuni memiliki plat nomor PB dan kode belakang B*.
  • Kabupaten Fakfak memiliki plat nomor PB dan kode belakang F*.
  • Kabupaten Kaimana memiliki plat nomor PB dan kode belakang K*.
  • Kabupaten Manokwari memiliki plat nomor PB dan kode belakang M*.
  • Kota Sorong memiliki plat nomor PB dan kode belakang S*.
  • Kabupaten Sorong Selatan memiliki plat nomor PB dan kode belakang T*.
  • Kabupaten Maybrat memiliki plat nomor PB dan kode belakang V*.
  • Kabupaten Teluk Wondama memiliki plat nomor PB dan kode belakang W*.

Perlu diketahui, pada awalnya belum ada nama Maybrat, yang ada adalah wilayah 11 kecamatan di Sorong Selatan. Lalu di tahun 2008 baru keluar keputusan Bupati Sorong Selatan No 133 Tahun 2008 yang berbunyi mengenai, “Penyerahan sebagian cakupan wilayah bawahan kabupaten Sorong Selatan ke Kabupaten Sorong”.

Lalu di tahun 2009 baru terbentuk kabupaten Maybrat sebagai hasil dari pemekaran kabupaten Sorong. Tak heran jika pada akhirnya semua jenis kendaraan bermotor yang terdaftar di wilayah atau kabupaten Maybrat menggunakan kode atau seri PB. Maybrat kini tergabung dengan kota dan kabupaten yang ada di provinsi Papua Barat. Namun demikian, untuk membedakannya bisa dilihat dari kode huruf yang ada di belakangnya.

Mengingat akan pentingnya plat nomor untuk kendaraan bermotor, belakangan ini banyak ditemukan pengguna plat nomor yang tidak sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan. Berikut ada beberapa bentuk pelanggaran penggunaan plat nomor kendaraan yang tidak sesuai peraturan kepolisian, antara lain:

  • Plat nomor dengan angka yang diubah, seperti halnya diarahkan ke bagian belakang.
  • Plat nomor dengan huruf yang diubah seperti huruf digital.
  • Plat nomor yang diberi tempelan logo, stiker, dan lain – lain.
  • Plat nomor yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul.
  • Plat nomor yang dibuat dengan ukuran yang tidak sesuai ketentuan yang diberlakukan, yakni terlalu besar atau kecil.
  • Plat nomor dengan huruf angka sebagian yang diubah, yakni lebih ditebalkan dan sebagiannya lagi dihapus menggunakan cat piloks atau lainnya. Alasannya, yang demikian membuat nomor asli pada plat nomor kendaraan tersebut sulit terbaca.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang plat nomor PB dan daftar kode belakangnya. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post