Tuesday, August 4, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bendera Singapura bisa dibilang mirip dengan bendera Indonesia yaitu terdiri dari dua garis horizontal di mana bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih. Pada bagian merah terdapat bulan sabit berwarna putih yang dikelilingi oleh lima bintang yang tersusun dalam bentuk pentagon.
Bendera Singapura Berkibar
Bendera Singapura Berkibar

Bendera Singapura melambangkan identitas negaranya dan dengan demikian, penting bagi kabinet untuk membuat sesuatu yang dapat membantu untuk mengekspresikan dan mewujudkan keyakinan dan aspirasi rakyat Singapura. Bendera ini dianggap sebagai agama mereka, semangat untuk demokrasi, perdamaian, dan keadilan.

Arti Bendera Singapura

Merah pada bendera melambangkan kesetaraan dan rasa persatuan di antara semua penduduk Singapura. Warna putih pada bendera mewakili rasa kemurnian dan kebajikan. Sedangkan bulan sabit digunakan untuk melambangkan rasa kemudaan Singapura sebagai negara yang sedang maju.
Arti dan sejarah bendera singapura
Arti dan sejarah bendera resmi Singapura

Kelima bintang yang disusun berbentuk pentagon mewakili cita-cita yang diasosiasikan Singapura sebagai negara demokratis. Kelima bintang tersebut melambangkan kesetaraan, demokrasi, kemajuan, perdamaian, dan keadilan.

Sejarah Bendera Singapura

Pada awal abad ke-19, perusahaan India Timur Britania, bagian dari Kerajaan Inggris yang lebih besar memiliki pos perdagangan di Singapura, seperti halnya di sebagian besar tempat lain di dunia. Karena alasan ini, bendera yang dikibarkan merupakan bendera garis-garis yang berwarna merah dan putih dengan lambang Union Jack (dari Inggris) di sudut kiri atas.

Lihat juga: id.wikipedia.org/wiki/Union_Jack

Kemudian, Singapura dikelompokkan menjadi Penang dan Malaka, yang juga dikenal sebagai Pemukiman Selat. Bendera yang digunakan di Singapura pada saat ini terdiri dari bagian berwarna biru bersama dengan bendera persatuan Inggris di bagian kiri atas dan juga terdapat lingkaran berwarna putih pada bagian kanan. Pada bagian putih tersebut terdapat warna merah seperti bentuk belah ketupat, garis putih berbentuk Y, dan 3 buah mahkota di dalam garis putih.

Pada tahun 1942, Jepang menjajah Singapura. Selama masa penjajahan, bendera Jepang digunakan sebagai bendera Indonesia. Namun kemudian Jepang berhasil dikalahkan setelah peperangan bersama dengan Amerika Serikat pada tahun 1945. Sejak saat ini, Inggris kemudian kembali dengan menggunakan bendera sebelumnya yaitu bidang biru, lambang bendera persatuan Inggris, dan lambang putih, merah, dan mahkota di sisi kanan.

Pada tahun 1959, Singapura memperoleh masa pemerintahannya sendiri kemudian akhirnya bisa menggunakan bendera kenegaraan Singapura sendiri yang hingga saat ini dikenal dan secara resmi dilembagakan.

Kemudian pada tahun 1963, Singapura bergabung dengan Tanah Melayu bersamaan dengan Sarawak dan Sabah yang kemudian dikenal sebagai Malaysia. Namun kemudian Singapura dikeluarkan dan akhirnya memutuskan untuk menjadi republik pada tahun 1965.

Dr. Toh Chih memiliki peranan yang penting dalam pembuatan bendera untuk Singapura. Dia ditugaskan oleh komite untuk mengembangkan bendera Singapura. Beliau mempelajari bendera di negara-negara yang terdaftar di PBB kemudian membuat rekomendasi kepada kabinet tentang kemungkinkan desain-desain yang sudah dibuat.

Awalnya beliau ragu dengan warna merah dan putih yang dibuat karena negara lainnya bisa saja dibuat bingung dengan bendera negara Polandia dan Indonesia. Namun pada akhirnya Majelis Legislatif Singapura mengesahkan bendera merah putih pada tahun 1959 yang hingga saat ini dikenal oleh dunia.
banner dan bendera di Istana Park
banner dan bendera di Istana Park

Selain bendera merah putih dengan lambang bulan sabit dan bintang, Singapura juga memiliki bendera lainnya seperti bendera sipil, standar bendera kepresidenan, bendera pemerintahan, bendera angkatan bersenjata, bendera perwira. Masing-masing bendera ini memiliki desain yang berbeda serta masing-masing memiliki tujuan penggunaan dan makna yang berbeda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post