Thursday, August 27, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Mobil balap memang mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu memikat para pecinta racing. Sejak beberapa waktu yang lalu, telah banyak produsen mobil yang membuat sejumlah seri mobil balap terbaiknya termasuk Honda. Honda sendiri memang sudah berkiprah di dunia balap nasional sejak tahun 2005 silam.

Untuk Anda yang tertarik dengan balapan mobil, tentu Anda tahu bahwa Honda sering melintas di atas sirkuit. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menjadi juara. Nah, berikut ini ada 3 mobil balap dari Honda yang bisa Anda ketahui.

Varian Mobil Balap dari Honda

1.      Honda Jazz 2019

Mobil balap satu ini pernah diandalkan oleh Alvin Bahar. Tampilan luarnya secara sepintas memang sama seperti mobil Honda Jazz yang biasa ada di pasaran. Akan tetapi jika Anda perhatikan lebih jauh lagi, mobil ini lebih ceper dan cover foglamp diganti dengan corong udara.
Balap mobil Honda Jazz di sirkuit sentul
Balap mobil Honda Jazz di sirkuit sentul

Bagian kap dibuat dari bahan fiber yang lebih ringan serta terdapat tuas khusus untuk dibuka semisal terjadi kebakaran ketika di tengah-tengah balapan. Pelek mobil ini juga begitu mencolok dengan 10 spoke berwarna putih. Bobot pelek ini lebih ringan guna menunjang performa kendaraan secara keseluruhan.

Lihat juga: Modifikasi Honda Jazz 2010 Full Street Racing

Sementara itu, di bagian belakang sudah ada bagasi yang pintunya dibuat dari bahan fiber serta kaca yang berbahan polycarbonate. Kemudian untuk bumpernya, sudah ada pengunci khusus. Jadi ketika ada tabrakan saat balapan, bumper tersebut tidak akan bermasalah.

2.      Honda Civic TCR 2018

Kalau mobil balap satu ini adalah penerus Honda Civic TCR. Mobil ini telah dibekali 2 piston 280 mm di bagian belakang dan 6 piston 380 mm di bagian depan. Adapun untuk bagian kakinya sendiri, Honda Civic TCR 2018 memiliki senjata MacPherson untuk bagian depan serta Multilink untuk bagian belakang.
Hodna Civic untuk Balapan
Honda Civic untuk Balapan

Berat Honda Civic TCR 2018 sebesar 1.285 kg. Mobil ini telah dibekali mesin 4 silinder Turbocharged dan dikombinasikan dengan transmisi XTRAC 6 percepatan. Mesin tersebut mampu mengeluarkan daya hingga 340 HP pada putaran 6.200 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya mencapai 420 Nm pada putaran 3.800 rpm.
Honda Civic TCR
Honda Civic TCR

3.      Honda NSX GT3

Tidak kalah canggih dari para pesaing, Honda juga menghadirkan mobil balap yang super ganteng yang diberi nama Honda NSX GT3. Menariknya, mobil balap ini memiliki body yang lebar namun rendah sehingga titik bobotnya juga rendah. Karena kondisi body yang seperti itu pula, mobil inipun bersifat aerodinamis.
Honda NSX Merah

Honda NSX GT3 dibekali dengan mesin 3,5L turbo ganda V6 yang telah dimodifikasi dan dikombinasi dengan transmisi XTRAC semi otomatis 6 percepatan. Chassis mobil ini dibuat dari bahan aluminium yang walaupun ringan namun kokoh. Akibat penggunaan bahan tersebut, Honda NSX GT3 hanya memiliki bobot 1,2 ton.
Honda NSX GT3
Honda NSX GT3

Mengamati kecanggihan serta kemewahan mobil balap tentu adalah hal yang menyenangkan. Terutama jika Anda adalah seorang yang suka dengan dunia otomotif. Kira-kira dari ketiga mobil balap dari Honda di atas, Anda lebih tertarik untuk mengenal lebih jauh yang mana?

Next article Next Post
Previous article Previous Post