Thursday, August 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sungai Mahakam dianggap sebagai sungai terbesar nomor dua di Indonesia yang membelah Kalimantan Timur. Bagi penduduk setempat sungai ini juga dijadikan sebagai penopang hidup khususnya bagi yang tinggal di hilir maupun sepanjang anak sungai. Bukan hanya sekadar itu saja, sungai besar ini juga kerap dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti bersantai di malam hari.

Letak Sungai Mahakam

Sebagai sungai terbesar setelah Sungai Kapuas di Kalimantan Barat, Sungai Mahakam juga termasuk salah satu sungai yang menarik untuk dikunjungi. Sungai yang terletak di daerah Kalimantan Timur ini mempunyai panjang hingga mencapai 980 kilometer sekaligus menjadi rumah besar bagi 345 spesies hewan. Salah satunya ialah jenis mamalia air tawar yang hampir punah Pesut Mahakam.
jembatan sungai mahakam
Jembatan sungai Mahakam

Sungai Mahakam menjadi induk dari 13 macam sungai yang ada di Kalimantan. Di samping itu, sungai ini juga menjadi pemasok air bagi sebanyak 76 danau lainnya. Tiga di antaranya yang cukup besar ialah Danau Jempang, Danau Melintang serta Danau Semayang. Ketiga danau itu masing-masing menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat daerah setempat.

Sungai besar ini telah dimanfaatkan sejak lama yakni pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara. Pada masa tersebut Sungai Mahakam digunakan sebagai pemenuh kebutuhan harian, terutama urusan pasokan air bagi aktivitas pertanian sampai perkebunan. Bahkan sungai tersebut juga digunakan untuk jalan transportasi menggunakan perahu.

Hal-Hal Menakjubkan di Sungai Mahakam

1.      Pesut Mahakam

foto jenis pesut mahakam di perairan air tawar
foto jenis pesut mahakam di perairan air tawar

Hal menakjubkan pertama dari Sungai Mahakam ialah dapat dijumpai mamalia istimewa yang hampir punah keberadaannya yakni Pesut Mahakam. Pesut atau lumba-lumba air tawar ini mempunyai habitat asli di Sungai Mahakam. Di samping itu, Anda juga masih bisa menjumpai pesut ini di Danau Jempang dan Danau Melintang walau sudah jarang.

Lihat pula: Ini Spot Wisata di Sungai Mahakam

2.      Menyusuri Sungai dengan Kapal Wisata

Di samping menyaksikan kemunculan Pesut Mahakam, ada hal lain lagi yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Kapal wisata ini dibuka untuk kali pertama pada Oktober tahun 2016 dengan nama Kapal Wisata Pesut Etam. Dengan menaiki kapal ini Anda dapat menyaksikan kesibukan kota dari sisi tengah sungai. Ini tentu akan menghadirkan sensasi istimewa dibandingkan dengan menatap sungai dari tepian.

3.      Taman Tepian Mahakam

Ini merupakan taman mengagumkan yang ada persis di tepi Sungai Mahakam. Taman ini menyajikan pemandangan yang amat indah. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi ragam kuliner khas yang ada di tempat ini. Tempatnya yang nyaman dan cantik juga sangat pas dijadikan pilihan wisata bersama keluarga tercinta.

Bagi Anda yang sedang pergi melancong ke Samarinda, maka tidak ada salahnya untuk mampir sebentar ke Sungai Mahakam. Cobalah untuk menyusuri sungai besar di Kalimantan Timur ini sambil menaiki kapal wisata. Beruntung jika Anda sampai menjumpai pesut cantik khas Mahakam. Anda juga bisa mengambil momen-momen cantik di sekitaran Sungai Mahakam dengan begitu leluasa.

Next article Next Post
Previous article Previous Post