Saturday, August 8, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Poster, siapa yang tidak tahu mengenai poster? Poster dapat kalian temuakan di mana-mana, di mading kampus, madin sekolah, tiang pinggirjalan, bahkan di pohon besar yang ada di taman kota. Poster atau bisa dikenal juga sebagai plakat adalah media informasi yang memuat gambar dan teks baik dalam ukuran besar atau kecil yang diaplikasikan pada sebuah kertas  yang kemudian dipublikasikan ke lokasi yang banyak oran agar menarik perhatian.
Contoh poster event
Contoh poster event
Ada 6 hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai desain poster:

  • Typography, tipografi pada poster merupakan hal yang krusial. Tidak ada seorang pun yang mau memandang poster yang memiliki typeface dan font berantakan dan crowded. Tipografi pada poster merujuk pada jenis font dan gaya yang digunakan. Salah satu aspek penentu utama dari poster adalah penggunaan font. Font yang digunakan jangan terlalu banyak, cukup dua atau tiga saja.
  • Balance, keseimbangan dalam poster sangat penting untuk menciptakan tampilan yang terpadu dan kohesif. Secara umum, ada dua cara berbeda untuk menciptakan keseimbangan: simetris dan asimetris.
  • Colour, kombinasikan warna yang sesuai dengan aturan color wheel. Jangan sembararang dalam padu padan warna karena akan mengakibatkan hasil yang monoton dan dapat membuat mata sakit yang melihat.
  • Contrast, salah satu elemen terpenting dari desain adalah kontras. Kontras terjadi ketika kamu menempatkan dua elemen dengan cara yang berlawanan, hal ini akan membuat mata audiens fokus.
  • Hierarchy, hirarki adalah penyajian elemen dengan cara yang urut dari yang paling krusial dan tidak. Dengan demikian, ini memberikan arah bagi mata Anda untuk bergerak (dari yang paling penting ke yang tidak penting).
  • Shapes, shapes membantu menciptakan jalur bagi mata untuk mengikuti informasi-informasi yang terdapat dalam poster. Shapes juga dapat memberikan penekanan pada informasi paling penting dalam poster.

Hal-hal di atas sangat penting diperhatikan ketika memulai desain poster. Pada tutorial kali ini saya akan membuat poster konser musik, akhir-akhir saya suka mendengar lagu Eclat Story, jadi saya akan membuat poster konser musik mereka.

Pertama-tama buka Adobe Photoshop, buat ukuran poster seukuran kertas A4. Kemudian bentuk bidang segi empat pada bidang kertas tersebut menggunakan Rectangle Tool, namun masih menyisakan sisa (tidak memenuhi bidang A4). Karena lagu-lagu Eclat Strory kebanyakan bertema cinta maka akan saya beri warna peach. 
Buat dokumen baru dan tambahkan kotak di dalam canvas
Buat dokumen baru dan tambahkan kotak di dalam canvas
Resterize Layer yang ada objek peach tersebut dengan cara klik kanan pada Layer kemudia Resterize Layer, kemudian seleksi menggunakan Quick Selection Tool. Buat efek gradasi pada bidang berwana peach tersebut menggunakan Gradient Tool
Gradient tool di adobe photoshop
Gradient tool di adobe photoshop
Buat gradient warna pada layer
Buat gradient warna pada layer
Buat lagi 2 bidang segi empat panjang menggunakan Rectangle Tool, tempatkan sesuai posisi berikut. Perhatikan layer di sebelah kanan.
Buat rectangle tool
Buat rectangle tool
Kemudian tambahkan foto Eclat Story dengan File >Place Embedded. Atur posisi foto.
Gunakan embed untuk menambahkan gambar
Gunakan embed untuk menambahkan gambar
[TIPS] Untuk menghilangkan background seperti gambar eclat di atas, Anda bisa menggunakan online tools seperti remove.bg

Kemudian tambahkan teks dan jadilah seperti ini. Ini hanya sebagai contoh saja, detailnya sesuai kreativitas kamu ya.
Poster final yang sudah jadi
Poster final yang sudah jadi

Cukup mudah bukan membuat poster menggunakan Photoshop? Agar terlihat lebih menarik, kamu harus sering-sering mengasah kemampuan dalam mendesain grafis menggunakan Adobe Ps. Semakin banyak jam terbang kamu, tentu hasil yang didapat akan lebih baik dari waktu ke waktu.

Setiap bisnis lain harus bekerja keras untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan menciptakan citra merek yang memiliki dampak abadi. Untuk mencapai ini, bisnis saat ini berinvestasi dalam berbagai teknik pemasaran dan periklanan. Dan dari sinilah muncul berbagai jenis poster, sekiranya ada lima jenis poster yang kalian tahu. Apa saja itu?

  • Infomercial poster, adalah jenis poster yang paling umum. Poster-poster ini biasanya berbicara tentang produk atau layanan yang baru saja diluncurkan dan perlu menarik perhatian orang yang lewat. Ciri-ciri poster tersebut yakni memiliki gambar besar bersama dengan beberapa teks tentang manfaat produk atau layanan dalam poster tersebut. 
  • Formative poster, poster jenis ini tidak secara langsung mempromosikan bisnis, produk, atau layanan. Mereka menyebarkan kesadaran tentang suatu masalah dan hanya secara diam-diam menyebut produk/layanan mereka sebagai penyaji pesan. Poster-poster ini digunakan untuk mempromosikan acara TV, drama teater, atau konser musik yang akan datang.
  • Campaign poster, poster semacam itu digunakan terutama pada hari-hari penting yang memberikan kesadaran bagi banyak orang seperti 'Bulan Kesadaran Kanker' dan sebagainya. Bisnis juga menggunakannya untuk membuat audiens target mereka tetap terlibat dengan memiliki poster yang saling terhubung di mana poster pertama akan menginformasikan tentang informasi yang akan datang.
  • Corporate poster, seperti namanya, digunakan oleh perusahaan multinasional besar untuk mengiklankan merek/jasa mereka. Tujuan menggunakan poster-poster ini bukan hanya untuk mempromosikan satu produk atau layanan, tetapi seluruh merek perusahaan mereka.
  • Digital poster, digitalisasi telah mengambil alih sektor pemasaran dengan banyak bisnis dimulai dengan pemasaran digital. Hal ini juga masuk ke sektor pemasaran tradisional dalam bentuk poster digital. Poster digital tidak dicetak tetapi merupakan poster bergerak yang dapat diproyeksikan pada ruang atau ditampilkan dengan bantuan layar LED. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post