Friday, September 18, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

 Pada era digital seperti saat ini, perkembangan teknologi informasi maju dengan kecepatan tinggi menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Hal tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia agar semakin mudah.


Salah satu komponen penting dalam teknologi informasi adalah multiplexer dan demultiplexer. Dua komponen tersebut biasanya terdapat pada perangkat komputer, agar dapat melakukan perintah yang dikehendaki oleh sang operator.

Apa itu Multiplexer?

Multiplexer sering disebut sebagai Mux atau Mpx untuk mempermudah pengucapan. Komponen ini adalah susunan logika yang memiliki beberapa jalur input, kemudian memindahkannya pada sebuah jalur output saja.

aplikasi multiplexer dalam rangkaian elektronik
aplikasi multiplexer dalam rangkaian elektronik

Sebagai catatan, output dari Mux bukan merupakan gabungan dari perintah-perintah yang dimasukkan. Akan tetapi, data tersebut diseleksi untuk dikeluarkan satu per satu.


Rangkaian digital ini memiliki kecepatan sangat tinggi dalam meneruskan perintah yang sudah diseleksi dengan beberapa logika untuk dipindahkan ke satu jalur. Perintah berupa sinyal digital atau biner diubah menjadi sinyal analog menggunakan transistor untuk kemudian diteruskan ke proses selanjutnya.

Ø  Klasifikasi Multiplexer

  • 16-1 Multiplexer (4 Baris)
  • 8-1 Multiplexer (3 Baris)
  • 4-1 Multiplexer (2 Baris)
  • 2-1 Multiplexer (1 Baris)

Ø  Sirkuit Terpadu Multiplexing

IC No.FungsiOutput
74157Quad 2 : 1 MuxOutput sama dengan input yang dimasukkan
74158Quad 2 : 1 MuxOutput berlawanan dengan input
74153Dual 4 : 1 MuxOutput sama dengan input
74352Dual 4 : 1 MuxOutput berlawanan dengan input
741518 : 1 MuxOutput berlawanan dengan input
7415016 : 1 MuxOutput berlawanan dengan input

Apa Fungsi Multiplexer?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa multiplexer digunakan untuk menyeleksi data untuk kemudian dipindahkan ke satu jalur. Data tersebut diseleksi berdasarkan logika yang dipasangkan oleh operator itu sendiri. Penggunaan mux juga meningkatkan efisiensi transmisi data, sehingga menjadi jauh lebih cepat dibanding tidak menggunakannya.

ilustrasi sederhana cara kerja multiplexer
ilustrasi sederhana cara kerja multiplexer

Ada beberapa aplikasi Mux yang bisa Anda simak berikut ini:

1.      Sistem Komunikasi

Penggunaan komponen ini memungkinkan digunakannya sistem komunikasi, seperti stasiun Tributary, Relay, dan sistem transmisi, sehingga menjadi lebih cepat dan efisien. Tidak hanya itu, proses transmisi berbagai jenis data seperti audio dan video dapat digunakan bersamaan.

2.      Jaringan Telepon

Sinyal radio yang berasal dari berbagai perangkat akan diintegrasikan ke dalam satu jalur menggunakan multiplexer, kemudian signal tersebut diteruskan ke perangkat tujuan Anda.

3.      Hard Drive Komputer

Penggunaan multiplexer bertujuan untuk mengurangi jalur yang terhubung langsung dengan hard drive dengan komponen lain dalam komputer, agar penyimpanan bisa dilakukan dengan maksimal dan minim kesalahan.

4.      Transmisi Sistem Komputer Satelit

Mux juga digunakan untuk mentransmisikan data dari komputer satelit ke sistem di bumi menggunakan satelit GPS.

Apa Itu Demultiplexer?

Setelah memahami apa itu multiplexer, sebaiknya Anda memahami pula tentang apa itu demultiplexer. Sebab, kedua komponen ini kerap disandingkan dan saling berhubungan agar perintah yang dimasukkan oleh operator bisa diteruskan pada komponen komputer lainnya.


Pada komponen demultiplexer, terdapat satu jalur input dan banyak jalur output. Jalur input inilah yang akan dihubungkan dengan multiplexer.


Tanpa adanya kedua komponen tersebut, perintah yang dimasukkan oleh operator kemungkinan tidak berjalan dengan lancar, atau minimal sangat lambat. Dengan demikian, komponen itu diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan.

Ø  Klasifikasi Demultiplexer

  • 1-16 Demultiplexer (4 Baris)
  • 1-8   Demultiplexer (3 Baris)
  • 1-4   Demultiplexer (2 Baris)
  • 1-2   Demultiplexer (1 Baris)

Ø  Sirkuit Terpadu Demultiplexing

IC No.FungsiOutput
74139Dual 1 : 4 DemuxOutput berkebalikan dengan input
74156Dual 1 : 4 DemuxOutput merupakan open collector
741381 : 8 DemuxOutput berkebalikan dengan input
741541 : 16 DemuxOutput berkebalikan dengan input
741591 : 16 DemuxOutput merupakan open collector dan sama dengan input

Fungsi Demultiplexer

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa Demultiplexer memiliki satu jalur transisi input dan beberapa jalur output. Jalur output tersebut biasanya langsung terhubung dengan komponen penting dalam komputer.


Dapat disimpulkan bahwa, data berbentuk seri yang berasal dari mux akan dikonstruksi ulang menjadi berbentuk paralel. Kemudian, perintah atau data tersebut diteruskan pada perangkat yang bersangkutan.


Berikut ini merupakan aplikasi dari demultiplexer:

· Sistem Komunikasi

Demultiplexer menerima data dari multiplexer dan mengubahnya menjadi bentuk semula untuk kemudian diteruskan ke komponen komputer yang bersangkutan. Contohnya adalah video, data berupa gambar akan dikirimkan ke monitor, sedangkan suara akan diteruskan ke pengeras suara.

· Arithmetic Logic Unit (ALU)

ALU merupakan microprocessor yang berfungsi untuk melakukan perhitungan. Pada bagian ini, demultiplexer menyimpan output dari ALU ke unit penyimpanan atau register.

Aritmethic Logic Unit
Aritmethic Logic Unit / John R. Southern @Flickr

Komponen multiplexer dan demultiplexer memiliki fungsi yang sangat krusial bagi perangkat komputer. Jika komponen penting ini di komputer Anda mengalami kerusakan, maka bagian lainnya tentu akan sangat terganggu. Bahkan, perintah sederhana seperti menyetel video sekalipun tidak akan terlaksana dengan baik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post